Manfaat Ear Seeds untuk Terapi Akupunktur pada Telinga
searchtext customer service

Manfaat Ear Seeds untuk Terapi Akupunktur pada Telinga

Akupunktur juga dapat dilakukan di telinga dengan bantuan ear seeds. Bagaimana terapi ini dilakukan? Apa saja manfaat akupunktur telinga? Yuk, cek selengkapnya!
Ilustrasi penggunaan ear seeds pada telinga

Akupunktur  merupakan pengobatan tradisional asal Cina. Terapi ini dilakukan dengan menusukkan jarum kecil dan tipis di bagian tubuh tertentu, tak terkecuali telinga.

Namun, pada akupunktur telinga, terapi ini bukan dilakukan dengan jarum kecil seperti pada umumnya. Akupunktur pada telinga dilakukan menggunakan benda yang disebut ear seeds

Lantas, apa saja manfaat akupunktur telinga bagi kesehatan? Yuk, cari tahu selengkapnya!

Artikel Lainnya: Benarkah Pengobatan Akupunktur Bisa Atasi Insomnia? 

1 dari 4

1. Mengatasi Masalah Insomnia

Ilustrasi manfaat ear seeds untuk mengatasi insomnia
loading

Terdapat penelitian dalam National Library of Medicine (PubMed) yang meninjau 15 studi tentang akupunktur auricular dengan ear seeds untuk mengatasi insomnia

Tinjauan tersebut menunjukkan bahwa kombinasi ear seeds dan akupunktur diyakini dapat mengurangi gejala insomnia. 

Kendati demikian, manfaat tersebut masih bersifat dugaan semata. Pasalnya, menurut dr. Atika, tinjauan studi tersebut masih menemukan cukup banyak kelemahan dari penelitian-penelitian terdahulu.

“Karena buktinya belum kuat, maka belum bisa dipastikan apakah memang benar ear seeds bermanfaat untuk mengatasi insomnia,” jelas dr. Atika.

2 dari 4

2. Mengatasi Nyeri Punggung Bawah

Ilustrasi manfaat ear seeds untuk nyeri punggung bawah
loading

Terdapat penelitian dalam National Library of Medicine (PubMed) yang menguji efektivitas ear seeds pada terapi akupunktur telinga untuk mengatasi masalah nyeri punggung kronis.

Para peserta adalah 19 orang dengan masalah nyeri punggung kronis yang dibagi menjadi 2 kelompok berbeda.

Pertama, yaitu kelompok yang diberikan ear seeds pada titik-titik terkait nyeri punggung bawah. Kedua, yaitu kelompok dengan ear seeds yang ditempatkan di titik acak di telinga. 

Hasilnya, kelompok pertama mengalami penurunan intensitas nyeri sekitar 75%. Perbaikan tersebut setidaknya berlangsung selama 1 bulan. 

Sayangnya, penelitian tersebut masih termasuk berskala kecil sehingga tidak bisa dijadikan acuan. Berdasarkan dr. Atika, dibutuhkan penelitian lanjutan dengan skala yang lebih besar untuk memastikan efektivitas ear seeds dalam mengurangi nyeri punggung bawah.

3 dari 4

3. Peningkatan Toleransi Rasa Sakit

Ilustrasi manfaat ear seeds untuk mengurangi rasa sakit
loading

Terdapat studi dalam National Library of Medicine (PubMed) yang membandingkan sensasi rasa sakit minimal dan maksimal pada 16 orang sehat sebelum maupun sesudah menggunakan ear seeds

Hasilnya, menggunakan ear seeds disebut dapat meningkatkan toleransi terhadap rasa sakit. 

Namun, lagi-lagi, penelitian ini masih sangat terbatas. Peserta yang diuji juga masih sangat sedikit, sehingga efektivitasnya tidak bisa diaplikasikan untuk individu lain dengan latar belakang berbeda.

Artikel Lainnya: Benarkah Pijat Telinga dengan Pensil Bisa Redakan Nyeri Haid? 

Kesimpulannya, manfaat akupunktur telinga menggunakan ear seeds masih belum terbukti sepenuhnya. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba terapi yang satu ini.

Ear seeds umumnya aman, karena bersifat noninvasif. Jadi, risiko infeksi atau pendarahan akan jauh lebih rendah dibandingkan dengan akupunktur konvensional. 

Meski begitu, pemilik kulit sensitif atau penderita alergi lateks sebaiknya menghindari terapi tradisional yang satu ini. Pasalnya, ear seeds terdiri dari bahan yang tidak ramah untuk kesehatan orang-orang dengan kriteria tersebut.

Selain itu, ada pula hal lain yang mesti diwaspadai, yaitu kemungkinan efek samping akupunktur telinga menggunakan ear seeds. Beberapa efek samping yang dimaksud, seperti pusing, mual, dan mengantuk. 

Baca Juga

Mengingat hal-hal di atas, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mencoba terapi akupunktur telinga dengan ear seeds. Hal ini bertujuan agar Anda bisa merasakan manfaatnya, tanpa mengalami efek samping merugikan.

Anda dapat berkonsultasi kepada dokter secara daring dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi:

John Hopkins Medicine. Diakses 2022. Acupuncture.

Healthline. Diakses 2022. What Are Ear Seeds, and How Do They Work?

NCBI. Diakses 2022. A Randomized Clinical Trial of Auricular Point Acupressure for Chronic Low Back Pain: A Feasibility Study.

NCBI. Diakses 2022. Auricular acupuncture with seed or pellet attachments for primary insomnia: a systematic review and meta-analysis

NCBI. Diakses 2022. Auricular Acupressure Can Modulate Pain Threshold

Ditinjau oleh dr. Atika

ARTIKEL TERKAIT

Prosedur Medis untuk Mengatasi Kanker Telinga

Info Sehat
30 Mar

Pakai Anting saat Tidur, Amankah?

Info Sehat
30 Mar

Jangan Sembarangan, Ini Cara Tepat Membersihkan Telinga

Info Sehat
25 Jan

Penyebab Telinga Sakit yang Jarang Diketahui

Info Sehat
21 Jan

Kotoran Telinga, Beda Warna Beda Arti

Info Sehat
11 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat