Mengenal Beeturia, Urine dan Feses Merah Setelah Makan Bit
searchtext customer service

Mengenal Beeturia, Urine dan Feses Merah Setelah Makan Bit

Buah bit kaya akan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Tapi, buah ini juga bisa menyebabkan beeturia atau urine dan feses berwarna merah. Apakah berbahaya? Cek di sini!
Ilustrasi buah bit menyebabkan feses merah

Bit merupakan buah yang termasuk keluarga umbi-umbian. Buah ini dapat menyehatkan tubuh, karena mengandung vitamin C, serat, serta potasium. 

Buah bit dikenal baik untuk meningkatkan energi, kemampuan otak, serta sistem kekebalan tubuh.

Namun, Anda tetap harus berhati-hati dengan buah tersebut. Pasalnya, konsumsi bit bisa membuat urine dan feses berwarna kemerahan. Kondisi ini dikenal medis dengan sebutan beeturia.

Artikel Lainya: Segudang Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan 

Mengenal Beeturia Lebih Jauh

Ilustrasi makan buah bit menyebabkan beeturia

Beeturia merupakan kondisi yang jarang terjadi pada orang sehat. Kondisi tersebut lebih umum ditemukan pada orang-orang yang kekurangan zat besi.

Terkait penyebab beeturia, dr. Dyah Novita Anggraini mengatakan perubahan warna urine dan feses terjadi karena kandungan yang ada di dalam buah bit.

“Buah bit mengandung pigmen merah yang disebut betalaine. Jika buah bit dikonsumsi bersama dengan asupan mengandung asam oksalat, seperti bayam atau bubuk cokelat, bisa menyebabkan feses dan urine berwarna merah,” kata dr. Dyah Novita.

Melansir Healthline, betalaine yang masuk ke tubuh akan diedarkan hingga mencapai ginjal. Setelah mencapai organ tersebut, senyawa itu akan diubah menjadi merah. Karenanya, urine yang dikeluarkan bisa berwarna serupa.

Pigmen merah tersebut juga bisa mencapai perut maupun usus besar. Saat tubuh memiliki kadar oksalat tinggi, betalaine akan tetap berada di dalam tubuh sehingga membuat feses yang keluar berwarna merah. 

Kondisi demikian juga bisa terjadi pada orang yang memiliki asam lambung rendah. Pasalnya, asam lambung yang tidak memadai membuat tubuh sulit mencerna dan menyerap nutrisi dari buah bit. Alhasil, tubuh juga bisa memetabolisme senyawa betalaine dengan optimal.

Untungnya, beeturia termasuk kondisi yang tidak berbahaya. Cepat atau lambat, kondisi ini pun bisa sembuh tanpa perlu pengobatan medis.

Anda bisa melakukan cara alami untuk mengatasi beeturia, yaitu dengan mengonsumsi lebih banyak air putih. 

Artikel Lainnya: Mengenal Manfaat Buah Bit untuk Jantung 

Tetap Harus Waspada jika Mengalami Beeturia Berkelanjutan

Ilustrasi waspda beeturia berlanjut

Studi dari Journal of Current Surgery menyimpulkan bahwa beeturia bisa menimbulkan kecemasan. 

Hal itu dilatarbelakangi oleh kepanikan saat menemukan bahwa feses dan urine berwarna kemerahan. Risiko kecemasan bisa meningkat apabila keluhan tak kunjung sembuh.

Karenanya, jika bituria terus terjadi, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Hal ini sebagai antisipasi dan untuk mengetahui apakah kondisi tersebut didasari oleh kurangnya asupan zat besi.

Menukil Verywell Health, kekurangan zat besi bisa meningkatkan risiko anemia alias penyakit kurang darah. Kondisi ini membuat Anda mengalami beberapa gejala, seperti badan lemas, kulit dan kuku kering, serta konsentrasi buruk. 

Jika anemia defisiensi besi tak segera diobati dengan tepat, penderitanya lebih berisiko mengalami jantung berdebar (palpitasi) dan sesak napas. 

Baca Juga

Ingin tahu lebih lanjut mengenai beeturia? Punya pertanyaan terkait kondisi kesehatan terkini? Jangan sungkan untuk berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi:

Medical News Today. Diakses 2022. Why beetroot turns poop and pee red 

https://www.medicalnewstoday.com/articles/319447

Healthline. Diakses 2022. Do Beets Make Your Pee Red? All About Beeturia

https://www.healthline.com/health/beeturia

Verywell Health. Diakses 2022. Iron Deficiency Symptoms, Causes, and Prevention

Ditinjau oleh dr. Dyah Novita Anggraini

ARTIKEL TERKAIT

Mengenal Jenis-Jenis Inkontinensia Urine dan Gejalanya

Info Sehat
26 Mar

Pertolongan Pertama Saat Menemukan Darah di Urine

Info Sehat
18 Mar

Penyebab Urine Bau Belerang yang Mesti Diketahui

Info Sehat
17 Mar

Mengenal Lebih Jauh tentang Pemeriksaan Urodinamik

Info Sehat
07 Mar

Cara Mendiagnosis Diabetes Insipidus

Info Sehat
11 Feb

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat