7 Penyebab Batang Penis Nyeri
searchtext customer service

Timbul Nyeri di Tengah Batang Penis, Ini Penyebabnya

Penis nyeri bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Apa saja penyebab penis sakit? Cari tahu di sini.
Penyebab Batang Penis Nyeri

Penis nyeri bisa dirasakan di tengah batang penis, terutama untuk nyeri kronis atau intens dan tajam. Biasanya, hal ini terjadi karena adanya faktor spesifik yang mendasarinya. 

Munculnya rasa nyeri pada batang penis belum tentu disebabkan oleh infeksi menular seks (IMS). Ini karena IMS biasanya membawa gejala tambahan, seperti rasa terbakar pada penis, gatal, bau, dan keluarnya cairan dari penis. 

Lalu, apa saja yang menjadi penyebab penis sakit? Cari tahu jawabannya di bawah sini.

1. Penyakit Peyronie

Menurut dr. Theresia Rina Yunita, penyakit peyronie merupakan kondisi terbentuknya jaringan parut pada penis. “Saat ereksi, jaringan parut ini justru menahan atau menarik penis, sehingga penis membengkok dan menimbulkan nyeri,” kata dr. Theresia.

Penyakit peyronie juga dapat membuat penis merasa tidak nyaman atau sakit, karena jaringan parut sering ditemukan di tengah batang penis. Gerakan atau perluasan jaringan penis pun menjadi terbatas, terutama selama atau setelah berhubungan seks. 

Artikel Lainnya: Macam-Macam Kelainan yang Bisa Terjadi pada Penis

Tidak diketahui secara pasti apa penyebab penyakit Peyronie. Kemungkinan, penyakit ini disebabkan oleh cedera ringan pada penis akibat aktivitas seks yang terlalu kuat.

2. Infeksi Saluran Kemih

Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK) biasanya berbeda-beda berdasarkan lokasinya di saluran kemih. ISK yang memicu penis nyeri adalah ISK saluran bawah yang terjadi di kandung kemih dan uretra (tabung dan lubang di ujung penis tempat urine keluar. 

Kondisi tersebut sering menjadi penyebab nyeri di tengah batang penis, karena bakteri menular memengaruhi uretra dan jaringan yang berjalan di sepanjang batang penis. 

Artikel Lainnya: Awas, Infeksi Saluran Kemih Bisa Bikin Pria Mandul!

Gejala lain yang mungkin muncul, seperti:

  • Rasa terbakar saat membuang air kecil
  • Sering buang air kecil tetapi air kencingnya tidak terlalu banyak keluar
  • Berkeinginan kuat untuk membuang air kecil lebih dari biasanya
  • Terdapatnya darah dalam urine
  • Urine yang terlihat keruh atau menyerupai cairan berwarna gelap seperti teh
  • Urine berbau menyengat
  • Adanya rasa sakit di rektum Anda (dekat anus)

3. Balanitis

Balanitis merupakan iritasi dan peradangan yang dapat memengaruhi kepala penis. Kondisi ini juga dapat tersebar ke bagian atas dan tengah batang penis dan menyebabkan rasa sakit. Biasanya, penyakit ini dialami oleh mereka yang belum melakukan sunat. 

Penyebab umum dari balanitis adalah kebersihan yang buruk pada pria yang tidak disunat. Saat kulup penis tidak dibersihkan dengan baik, bakteri akan bersarang dan menyebarkan rasa nyeri pada penis hingga ke tengah batang. 

Artikel Lainnya: Penyebab Balanitis yang Mesti Diwaspadai Pria

Gejala lain dari penyakit ini termasuk bengkak, kulup merah, kulup terasa ketat atau merapat, keluarnya cairan abnormal dari penis, serta gatal, sensitif, dan nyeri di sekitar alat kelamin. 

4. Trauma atau Cedera

Penis paling sering terluka saat sedang berhubungan seks. Selama ereksi, aliran darah di arteri membuat penis kencang. Dorongan kuat dari penis yang ereksi dapat membuat penis menekuk tajam meskipun sedang ereksi dan mengeluarkan suara “krek”.

Rasa sakit dan suara dihasilkan oleh sobekan atau tunika albuginea, yang diregangkan dengan kuat saat ereksi. Ahli urologi sering menyebut cedera ini sebagai fraktur penis, meskipun tidak ada tulang di penis. 

Artikel Lainnya: Kanker Penis, Ketika Penis Membesar Tanpa Ereksi

Selain itu, cedera penis bisa juga terjadi ketika Anda menyobek corpus cavernosa, yaitu dua potong jaringan spons yang berisi darah saat Anda ereksi. Fraktur ini dapat mengakibatkan rasa sakit yang intens dan langsung di tengah batang penis. 

5. Kanker Penis

Saat sel kanker berkembang menjadi tumor di batang penis, ini disebut dengan kanker penis. Sel kanker yang berkembang ini akhirnya menghasilkan benjolan yang dapat menyebabkan rasa sakit, terutama saat ereksi. 

Kanker penis memang jarang terjadi, tetapi bukan berarti tidak akan pernah terjadi. Gejala lain yang muncul dari kanker penis adalah sebagai berikut: 

  • Benjolan atau gumpalan abnormal pada batang penis Anda
  • Munculnya kemerahan, bengkak, gatal, atau iritasi pada penis
  • Adanya rasa terbakar di dalam penis Anda
  • Perubahan warna atau ketebalan kulit penis
  • Terdapatnya darah dalam urine Anda

6. Priapismus 

Priapismus merupakan ereksi penis berkepanjangan yang biasanya terjadi selama 4 jam yang tidak disebabkan oleh rangsangan seksual. Efek dari priapismus adalah penis yang terasa sakit di tengah batang. 

Priapismus paling sering menyerang pria berusia 30-an dan lebih tua. Namun, kondisi ini juga dapat dimulai pada masa kanak-kanak untuk pria dengan penyakit sel sabit (gangguan pada sel darah merah).

Artikel Lainnya: Priapismus, Ketika Ereksi Tak Kunjung Usai

Gejala priapismus yang paling khas adalah sebagai berikut:

  • Batang penis keras, tetapi kepala (kelenjar) lunak
  • Adanya rasa sakit atau nyeri berdenyut terjadi di tengah atau di tempat lain di batang penis Anda

Kondisi ini dapat merusak jaringan penis, karena darah menggenang di jaringan spons batang penis. Perawatan segera untuk priapismus biasanya diperlukan untuk mencegah kerusakan jaringan yang dapat berkembang menjadi disfungsi ereksi. 

7. Pembekuan Darah

Pembekuan darah (trombosis) terjadi ketika sel darah merah menumpuk di pembuluh darah dan menghalangi aliran darah. Ini paling umum terjadi di vena dorsal penis di atas batang penis. Penyakit ini juga disebut sebagai penyakit Mondor penis. 

“Adanya gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah di penis mengakibatkan peredaran darah terganggu, akibatnya bisa muncul rasa nyeri. Nyeri semakin bertambah saat ereksi ketika darah mengalir di pembuluh darah penis.” jelas dr. Theresia. 

Temui dokter segera jika Anda mengalami rasa sakit saat ereksi atau saat menyentuh pembuluh darah penis. 

 [bacajuga:Baca Juga](3228436 3391416 3637700)

Itulah beberapa penyebab rasa nyeri di tengah batang penis. Segera ke dokter urologi ketika nyeri penis mengganggu aktivitas seksual Anda ataupun aktivitas sehari-hari lainnya. 

Chat langsung dengan dokter urologi terpercaya seputar masalah reproduksi pria lainnya hanya dengan aplikasi KlikDokter

(PUT/NM)

Referensi:

  • Healthline. Diakses 2022. Why Do I Have Pain in the Middle of the Penile Shaft and How Can I Treat It?
  • Urology Care Foundation. Diakses 2022. What is Peyronie's Disease?
  • Cleveland Clinic. Diakses 2022. Balanitis.
  • Urology Care Foundation. Diakses 2022. What is Penile Trauma?
  • Mayo Clinic. Diakses 2022. Priapism.

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat