4 Cara Mengobati Kutil di Jari Tangan dan Kaki
searchtext customer service

Cara Mengobati Kutil Periungual di Jari Tangan dan Kaki

Kutil periungual adalah gangguan kulit yang muncul di jari tangan dan kaki. Agar tak mengganggu aktivitas, berikut ini cara mengobati kutil periungual yang bisa dicoba.
Ilustrasi cara mengatasi kutil periungual

Kutil merupakan masalah kulit yang dapat muncul akibat infeksi virus, misalnya human papillomavirus (HPV). Salah satu contoh kasusnya, yaitu kutil kutil periungual. 

Menurut dr. Arina Heidyana, virus HPV bisa masuk ke tubuh melalui luka terbuka. Itulah mengapa, Anda berisiko lebih tinggi terinfeksi virus tersebut dan mengalami kutil periungual apabila memiliki kebiasaan menggigit kuku atau mengorek kutikula.

Secara umum, kutil periungual berukuran kecil serupa kepala peniti. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan keluhan ini bisa berkembang hingga menjadi benjolan kasar yang tampak kotor dan menyerupai kembang kol. 

Artikel Lainnya: Mengenal Fordyce Spot, Benjolan di Kelamin yang Mirip Kutil

Karena cukup mengganggu, kutil periungual mesti segera diobati. Beberapa cara mengobati kutil periungual yang bisa dilakukan, antara lain:

1 dari 5

1. Menggunakan Asam Salisilat

Cara Mengobati Kutil pada Anak
loading

Asam salisilat dipercaya dapat membantu mengobati kutil yang muncul di kulit. 

“Terdapat beberapa bukti medis yang menunjukkan bahwa asam salisilat bisa menghancurkan kutil periungual, meski tidak sepenuhnya hilang,” ucap dr. Arina.

Salah satu bukti tersebut dimuat dalam jurnal American Family Physician (AFP). Penelitian ini mengatakan bahwa asam salisilat cukup efektif untuk meredakan kutil periungual.

Namun, penggunaannya harus dengan sangat hati-hati. Sebab, asam salisilat bekerja lambat, bahkan membutuhkan hingga 12 minggu untuk hasil yang optimal. 

Di satu sisi, senyawa tersebut bekerja dengan menghancurkan kulit yang dioleskan. Apabila tidak berhati-hati, Anda mungkin akan mengalami iritasi kulit. 

2 dari 5

2. Krioterapi

loading

Krioterapi mengacu pada perawatan di mana dokter menggunakan nitrogen cair untuk membekukan dan menghancurkan jaringan abnormal. 

Terapi ini dapat merawat jaringan secara eksternal (pada kulit) dan internal dalam tubuh. Krioterapi juga mungkin memerlukan waktu perawatan lebih sedikit daripada asam salisilat. Seringkali, hanya membutuhkan 3 ‒ 4 kali perawatan. 

Artikel Lainnya: Benarkah HPV Bisa Picu Kanker Payudara? 

3 dari 5

3. Suntikan Antigen

Ilustrasi suntikan antigen untuk mengobati kutil periungual
loading

Terdapat beberapa anggapan yang menyebut bahwa suntikan antigen bisa membantu meredakan kutil periungual.

Namun, menurut dr. Arina, bukti tersebut belum cukup kuat. Karenanya, terapi ini sebaiknya dilakukan di bawah pengawasan dokter yang ahli. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan manfaat, dan meminimalkan risiko efek samping.

4 dari 5

4. Perawatan Tambahan

Ilustrasi obat topikal untuk menghilangkan kutil periungual  (Shidlovski/Shutterstock)
loading

Perawatan lain yang dapat dicoba untuk mengatasi kutil periungual adalah laser karbon dioksida dan terapi kombinasi dengan obat topikal. 

Namun, terapi tersebut hanya efektif untuk beberapa orang. Artinya, manfaatnya untuk mengobati kutil periungual masih tentatif. 

Apabila Anda tertarik mencobanya, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter yang ahli. Hal ini bertujuan untuk memastikan kecocokan terapi, serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga

 

Itu dia beberapa cara mengobati kutil periungual yang bisa dijadikan pilihan. Pastikan untuk melakukan pengobatan-pengobatan tersebut di bawah pengawasan dokter, guna menurunkan risiko efek samping. 

Agar lebih aman, Anda pun sebaiknya berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter dengan memanfaatkan layanan LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

Referensi:

WebMD. Diakses 2022. Visual Guide to Warts.

Healthline. Diakses 2022. Everything You Should Know About Periungual Warts

American Family Physician. Diakses 2022. Treatment of Nongenital Cutaneous Warts. 2011.

Cleveland Clinic. Diakses 2022. Cryotherapy

NCBI. Diakses 2022. An Armamentarium of Wart Treatments. 2006. 

Ditinjau oleh dr. Arina Heidyana

ARTIKEL TERKAIT

Mengupas Fakta Penyakit Vitiligo, si Bercak Putih pada Kulit

Info Sehat
22 Apr

Malas Cuci Handuk, Ini Akibatnya

Info Sehat
21 Apr

Manfaat Puasa Untuk Kecantikan Kulit

Info Sehat
18 Apr

Inilah Berbagai Manfaat Olahraga untuk Kulit Anda

Info Sehat
12 Apr

Maskara Waterproof vs Water Resistant, Mana Lebih Baik?

Info Sehat
12 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat