6 Penyebab di Telinga Seperti Ada yang Bergerak
searchtext customer service

Terasa Seperti Ada Sesuatu di Telinga, Apa Penyebabnya?

Pernahkah Anda merasa di telinga seperti ada yang bergerak dan gatal? Mungkin hal-hal ini jadi penyebab telinga gatal seperti ada yang bergerak.
Terasa Seperti Ada Sesuatu di Telinga, Apa Penyebabnya?

Saat telinga gatal seperti ada yang bergerak di dalamnya, kondisi ini bisa saja mengganggu pendengaran dan menyebabkan ketidaknyamanan. Nyatanya hal tersebut bisa didasari oleh berbagai faktor.

Penyebab gatal atau tidak nyaman di dalam telinga seperti ada yang bergerak bisa bersifat ringan maupun serius. Bila terdapat faktor penyebab yang serius, maka pemeriksaan dan pengobatan dokter diperlukan.

Apa saja hal-hal yang bisa membuat bagian dalam telinga terasa tidak nyaman? Simak berikut ini dan cara mengatasinya.

Penyebab Telinga Terasa Seperti Ada Sesuatu di Dalamnya

Penyebab Telinga Terasa Ada Sesuatu

Ada beberapa penyebab yang berpotensi membuat telinga terasa penuh atau seolah-olah ada sesuatu, antara lain:

1. Telinga Tersumbat 

Sumbatan tidak hanya terjadi pada hidung, tetapi juga pada telinga. Sebutan lain dari telinga tersumbat adalah popping ear atau rasa tertekan di telinga yang sering terjadi saat Anda dalam penerbangan. 

Sumbatan telinga terjadi ketika tabung eustachius tersumbat atau tidak berfungsi dengan baik. Tabung eustachius adalah saluran kecil yang membentang di antara hidung dan telinga bagian tengah. Bagian ini berperan menyeimbangkan tekanan di telinga tengah. 

Ketika saluran eustachius tersumbat, Anda akan merasakan rasa penuh dan tekanan di telinga. Kondisi ini juga bisa menyebabkan sakit telinga dan pendengaran teredam. 

Telinga tersumbat juga dapat diakibatkan gangguan di telinga bagian tengah atau saluran telinga yang berdampak pada gendang telinga. 

Artikel Lainnya: Jangan Dikorek, Ini Cara Ampuh Atasi Telinga Gatal

2. Infeksi Telinga

 

ilustrasi telinga infeksi

Infeksi telinga dapat menyebabkan gendang telinga terisi cairan dan nanah. Kondisi ini bisa menciptakan sensasi penuh di dalam telinga. 

Infeksi telinga, terkadang disebut otitis media akut, adalah infeksi telinga bagian tengah. Keberadaan virus atau bakteri yang menyerang bagian tengah telinga dapat menyebabkan infeksi. 

Infeksi tersebut juga sering diakibatkan oleh penyakit lain, seperti pilek, alergi, atau flu. Keluhan-keluhan ini dapat menyebabkan penyumbatan dan pembengkakan di tenggorokan, saluran hidung, dan saluran eustachius

3. Kotoran Telinga yang Menumpuk 

Saluran telinga dilapisi dengan folikel rambut. Saluran ini juga memiliki kelenjar yang menghasilkan sejenis minyak (ear wax atau kotoran telinga) yang disebut serumen. 

Minyak tersebut paling sering mencapai lubang telinga. Di bagian tersebut, kotoran dapat terlihat dan dibersihkan. 

Kotoran telinga biasanya dapat melindungi telinga dengan cara menjebak dan mencegah debu, bakteri, dan kuman serta benda kecil lainnya masuk dan merusak telinga. 

Selain itu, kotoran telinga juga melindungi kulit yang tipis pada saluran telinga agar tidak teriritasi saat air masuk ke saluran. 

Pada beberapa orang, kelenjar akan menghasilkan lebih banyak ear wax melebihi yang dapat mudah dikeluarkan dari telinga. Kotoran berlebih ini dapat mengeras di saluran telinga dan menyumbat, sehingga menyebabkan impaksi. 

Penyumbatan kotoran telinga adalah salah satu penyebab paling umum dari gangguan pendengaran. 

Artikel Lainnya: Telinga Berdarah, Penyebab dan Cara Mengobatinya

4. Glue Ear

Ilustrasi Telinga Penuh Cairan

Menurut dr. Reza Fahlevi, glue ear menjadi salah satu penyebab telinga terasa penuh. “Glue ear itu, kan, telinga penuh ada cairan. Itu menyebabkan telinga terasa penuh, gatal, dan merasa ada sesuatu di dalamnya. Tentunya, glue ear dapat menghambat pendengaran Anda.” 

Kondisi tersebut juga dikenal sebagai adhesive otitis. Cairan di bagian tengah telinga bisa menjadi kental dan lengket seperti lem. Kondisi ini sering dialami anak-anak. 

Pada anak, tabung eustachius yang jauh di dalam telinga lebih sempit dan lebih rentan tersumbat dibanding milik orang dewasa. Tabung ini bertanggung jawab membantu telinga menjaga ruang di dalamnya bebas dari kelebihan cairan. 

Semakin lama, glue ear cenderung berujung pada infeksi telinga tengah. Hal ini juga bisa mengakibatkan kesulitan mendengar dan telinga seperti ada sesuatu bergerak. 

5. Penyakit Meniere

Salah satu penyebab terasa seperti ada sesuatu di telinga adalah penyakit Meniere. Penyakit Meniere adalah gangguan yang dapat memengaruhi telinga bagian dalam. 

Telinga bagian dalam sangat berperan penting dalam menjaga keseimbangan dan pendengaran. Penyakit Meniere dapat menyebabkan vertigo, mual, mendengar bunyi tak biasa (misal bunyi dering, gemuruh), dan sebagainya. 

Penyebab penyakit Meniere belum diketahui. Tetapi, perubahan cairan di dalam tabung telinga bagian dalam dipercaya menjadi penyebabnya. Penyebab lain yang mungkin menyebabkan penyakit Meniere adalah autoimun, alergi, dan genetik. 

Artikel Lainnya: Penyebab Telinga Keluar Cairan seperti Nanah

6. Tinnitus

Tinnitus (Syda Productions/Shutterstock)

Tinnitus terjadi ketika Anda mendengar suara yang tidak berasal dari luar tubuh. Mendengar bunyi dering di telinga adalah gejala tinnitus yang umum. 

Tapi, beberapa orang dapat mendengar dengungan, suara mendesing, atau bahkan desis. Suara yang tidak biasa tersebut dapat membuat Anda merasa seolah-olah ada sesuatu di telinga. 

“Salah satu penyebab terjadinya tinnitus adalah adanya masalah pada telinga, entah itu infeksi atau adanya cairan yang keluar dari telinga,” jelas dr. Reza.

Dalam beberapa kasus, suara yang terdengar bisa sangat keras sehingga mengganggu kemampuan berkonsentrasi atau mendengar bunyi dari luar. Jika mengalami tinnitus, sebaiknya segera hubungi dokter THT untuk penanganan lebih lanjut.

Pengobatan yang Bisa Anda Lakukan

Ilustrasi Penggunaan Obat Tetes Telinga

Pengobatan bergantung pada penyebab yang mendasarinya. Penting diingat, hindari memasukkan apa pun ke telinga dengan tujuan menyembuhkan rasa penuh di telinga. 

Berikut beberapa pengobatan yang dapat dilakukan: 

  • Infeksi telinga: Dokter THT dapat meresepkan antibiotik oral atau antibiotik tetes telinga jika penyebab infeksinya adalah bakteri.
  • Penumpukan kotoran telinga: Gunakan pelembut kotoran telinga yang dijual di apotek, kemudian bilas dengan lembut menggunakan bulb syringe (penyedot) untuk menghilangkan kotoran telinga. 
Baca Juga

Pemeriksaan oleh dokter penting untuk menentukan pengobatan yang sesuai. Untuk itu, jangan ragu periksa ke dokter THT.

Konsultasi kepada dokter THT via LiveChat di aplikasi KlikDokter agar lebih cepat dan mudah. 

(FR/JKT)

Referensi:

Healthline. Diakses 2022. Why Does It Feel Like Something Is in My Ear?

Healthline. Diakses 2022. Finding Relief from Sinus-Caused Ear Congestion.

Mayo Clinic. Diakses 2022. Ear infection (middle ear).

MedlinePlus. Diakses 2022. Ear Wax

Healthline. Diakses 2022. What Is Glue Ear?

Mayo Clinic. Diakses 2022. Tinnitus

Ditinjau oleh dr. Reza Fahlevi

 

ARTIKEL TERKAIT

Penyebab Telinga Tuli Sebelah Secara Tiba-Tiba

Info Sehat
28 Apr

Kulit Telinga Kering dan Mengelupas? Mungkin Ini Sebabnya

Info Sehat
14 Apr

Penyebab Telinga Keluar Cairan seperti Nanah

Info Sehat
01 Apr

Manfaat Ear Seeds untuk Terapi Akupunktur pada Telinga

Info Sehat
31 Mar

Prosedur Medis untuk Mengatasi Kanker Telinga

Info Sehat
30 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat