8 Profesi Pekerjaan yang Cocok untuk Teman Tuli
searchtext customer service

Jenis Profesi Pekerjaan yang Cocok untuk Teman Tuli

Gangguan pendengaran yang dialami teman tuli tidak memupus harapan untuk memperoleh pekerjaan. Berikut 8 rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk teman tuli.
Jenis Profesi Pekerjaan yang Cocok untuk Teman Tuli

Tuli adalah kondisi medis ketika kemampuan mendengarkan suara berkurang atau hilang sama sekali. Nah, gangguan pendengaran ini bisa menyebabkan teman tuli kesulitan berinteraksi dengan orang lain.

Bahkan, kesulitan mendengar bisa memengaruhi kondisi mental teman tuli juga. Kendati demikian, menurut psikolog dari Thriveworks, Shenell Myrie, masalah pendengaran bisa mendorong teman tuli mengasah kemampuan tertentu.

Karenanya, teman tuli tak perlu putus harapan, misalnya dalam dunia kerja. Masih ada beberapa peluang pekerjaan yang bisa digeluti seperti halnya orang yang tidak memiliki gangguan pendengaran. 

Rekomendasi jenis pekerjaan untuk orang tuli umumnya minim menggunakan komunikasi verbal. Ini dia daftar pekerjaan yang cocok untuk teman tuli:

Artikel Lainnya: Cara Teman Tuli Berlatih Kemampuan Bicara, Tak Bisa Dipaksa

1 dari 9

1. Analis Laboratorium Medis

Ilustrasi Laboratorium
loading

Menurut dr. Arina Heidyana, jenis pekerjaan yang cocok bagi teman tuli adalah pekerja laboratorium medis, terutama analis laboratorium. Pekerjaan ini tidak menuntut terlalu banyak komunikasi verbal.

“Karena, tugas utama analis lab adalah mengolah sampel yang akan diperiksa. Umumnya sampel diperiksa menggunakan mikroskop,” paparnya.

2 dari 9

2. Pekerja Manufaktur

loading

Mengutip Advanced Personnel Management, Australia, pekerjaan yang cocok untuk orang tuli berikutnya adalah pekerja di perusahaan manufaktur.

Manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang jadi dalam jumlah banyak, menggunakan bahan baku mentah. Proses produksinya memakai berbagai peralatan dan mesin.

Lingkungan kerja di perusahaan manufaktur biasanya sangat bising. Karenanya, teman tuli bisa bekerja di bidang ini. 

Terlebih, banyak perusahaan manufaktur yang memfasilitasi sistem komunikasi non-verbal untuk pekerjanya. Sistem tersebut meliputi penggunaan lampu, sinyal, maupun gerakan tangan.

Artikel Lainnya: Manfaat Belajar Bahasa Isyarat untuk Orangtua dengan Anak Tuli

3 dari 9

3. Information Technology Support

Ilustrasi Teman Tuli Bekerja dengan Laptop
loading

Kini banyak perusahaan yang membutuhkan pekerja di bidang information technology (IT). Ini merupakan jenis pekerjaan yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem jaringan, instalasi komputer, dan perangkat lunak.

Bidang IT tergolong cocok bagi teman tuli. Karena, beberapa jenis pekerjaannya berkutat dalam pengolahan teks tertulis berbentuk kode ataupun elemen visual lainnya.  

Contoh pekerjaan IT untuk teman tuli adalah pengembang perangkat lunak, pengembang web, database administrator, manajemen keamanan informasi, biomedical engineer, code interpreter, dan banyak lainnya.

4 dari 9

4. Pekerja Bagian Keuangan

loading

Teman tuli juga bisa bekerja di bagian keuangan. Misalnya, bekerja sebagai akuntan, analis keuangan, auditor, ataupun manajer investasi.

Pekerjaan tersebut banyak memanfaatkan program komputer seperti spreadsheet dan email. Fasilitas ini bisa membantu teman tuli untuk meminimalkan kesulitan dalam berkomunikasi verbal.

5 dari 9

5. Fotografer

Ilustrasi teman tuli sebagai fotografer
loading

Selanjutnya, teman tuli juga bisa bekerja sebagai fotografer, lho. Profesi ini menuntut kepekaan dalam mengabadikan momen.

Dalam beberapa proyek tertentu, fotografer kadang tidak terlalu membutuhkan banyak komunikasi verbal. Jadi, profesi ini cukup cocok bagi teman tuli.

Terlebih, ada banyak website yang memudahkan teman tuli menjual karya fotografinya secara online

 

6 dari 9

6. Seniman

loading

Jika teman tuli memiliki kemampuan visualisasi yang baik, tidak ada salahnya mengasah bakat sebagai perupa! 

Bidang pekerjaan dalam dunia seni rupa lebih banyak berkutat dengan elemen visual. Karenanya, teman tuli cocok bekerja di bidang tersebut. 

Contoh pekerjaan yang bisa digeluti teman tuli antara lain pelukis, pematung, pemahat, dan desainer grafis.

7 dari 9

7. Perancang Busana

Mengapa Baju Renang Basah Bisa Berbahaya (Foto: Artem Beliaikin/Unsplash)
loading

Perancang busana alias fashion designer juga memerlukan kemampuan visualisasi dan kreativitas tinggi. Pekerjaan ini menuntut keterampilan dalam mendesain pakaian.

Karena kadang minim komunikasi verbal, teman tuli juga bisa, lho, berkarier sebagai perancang busana. Peluang berjualan pakaian juga besar, seiring menjamurnya platform belanja online.

8 dari 9

8. Juru Bahasa Isyarat

loading

Juru bahasa isyarat adalah orang yang dapat menjembatani komunikasi antara teman tuli dan orang non-tuli. Biasanya, pekerjaan ini dilakoni orang yang tidak memiliki gangguan pendengaran dan dapat berkomunikasi dalam bahasa isyarat.

Tidak jarang, juru bahasa dari orang non-tuli menggunakan bahasa isyarat yang bukan dikembangkan oleh komunitas teman tuli. Bahasa isyarat yang dimaksud misalnya sistem isyarat bahasa Indonesia (SIBI).

Sistem SIBI mengubah tata bahasa lisan Indonesia ke bahasa isyarat buatan. Sistem ini digunakan sebagai bahasa pengantar resmi SLB Tanah Air.

Sayangnya, ada banyak teman tuli yang kesulitan memahami SIBI. Karena, mayoritas teman tuli berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat Indonesia (bisindo). Ini adalah bahasa isyarat yang berkembang alami di kelompok masyarakat tuli Nusantara.

Karena itu, teman tuli berpeluang untuk bekerja sebagai juru bahasa isyarat bisindo yang lebih mudah dipahami kelompok tuli.

Baca Juga

Itu dia sederet rekomendasi pekerjaan untuk orang tuli. Yuk, usahakan jangan patah semangat dan terus kembangkan kemampuan yang dipunya!

Ingin tahu info menarik seputar kesehatan mental dan pengembangan diri? Cari tahu di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa konsultasi dengan dokter dan psikolog di Live Chat.

(FR/JKT)

Referensi:

WebMD. Diakses 2022. The Surprising Psychology of Hearing Loss.

Advanced Personnel Management. Diakses 2022. Top 10 jobs for people with a hearing impairment.

Ditinjau oleh dr. Arina Heidyana

ARTIKEL TERKAIT

Ketahui Perbedaan Tunarungu dan Tuli

Info Sehat
13 Des

Cara Teman Tuli Berlatih Kemampuan Bicara, Tak Bisa Dipaksa

Info Sehat
03 Des

Manfaat Betahistine untuk Mengatasi Gejala Meniere

Info Sehat
21 Nov

Studi: Suntik Steroid ke Telinga Efektif Atasi Tuli Mendadak

Info Sehat
20 Nov

Cek Fungsi Pendengaran Melalui Prosedur Audiometri

Info Sehat
25 Okt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat