5 Cara Mengobati Kanker Penis
searchtext customer service

Pengobatan untuk Mengatasi Kanker Penis

Pengobatan kanker penis bertujuan mencegah keparahan dan penyebarannya. Ketahui 5 jenis pengobatan kanker penis di sini.
Pengobatan untuk Mengatasi Kanker Penis

Kanker penis adalah penyakit akibat tumbuhnya sel abnormal dan tidak terkendali pada jaringan penis. Jenis keganasan langka ini utamanya menjangkiti pria yang tidak disunat. 

Biasanya kanker penis muncul ketika pria memasuki usia di atas 60 tahun. Keganasan ini menimbulkan gejala berupa ruam pada penis, perubahan warna kulit penis, penebalan kulit penis (kulup), luka di area penis yang tidak kunjung sembuh dalam empat pekan, hingga perdarahan dari penis atau di bawah kulup. 

Kanker penis juga memicu munculnya cairan berbau tidak sedap dari penis. Nah, agar gejala tidak semakin memburuk dan kanker tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya, penting untuk mengetahui cara mengobati kanker penis.  

Di bawah ini sejumlah pengobatan kanker penis yang perlu Anda tahu:

Artikel Lainnya: Bisakah Anak Terkena Kanker Penis? Ini Jawabannya!

1 dari 6

1. Operasi Bedah

Mengenal Prosedur Operasi Elektif dalam Medis
loading

Disampaikan dr. Devia Irine Putri, prosedur paling umum untuk menangani kanker penis adalah operasi bedah. 

“Tujuan pembedahan adalah mengangkat sel kanker. Kemudian, bisa ditambah dengan operasi rekonstruksi penis untuk memulihkan fungsi dan bentuk penis,” paparnya.

Operasi bedah penis ada beberapa macam, di antaranya sirkumsisi, eksisi, microscopically controlled surgery, glansectomy, dan penectomy partial.

Nah, jenis pembedahan nantinya disesuaikan dengan stadium kanker penis pasien,” kata dr. Devia. 

Jika kanker hanya menjangkiti kulup, dokter biasanya merekomendasikan metode bedah sirkumsisi alias sunat. Prosedur ini dilakukan dengan menghilangkan kulup dan beberapa bagian kulit di sekitarnya.

Jaringan penis yang ditumbuhi kanker juga dapat dihilangkan bersama jaringan normal di sekitarnya lewat prosedur eksisi.

Sampel jaringan penis tersebut selanjutnya dapat diperiksa menggunakan mikroskop. Metode yang dinamakan sebagai microscopically controlled surgery (Mohs surgery) ini membantu dokter memeriksa adanya pertumbuhan kanker pada lapisan jaringan penis lain. 

Dengan begitu, jaringan penis yang terjangkit kanker bisa diangkat, dan jaringan yang masih normal bisa diselamatkan. Mohs surgery direkomendasikan untuk mengatasi carcinoma in situ, yaitu kanker stadium awal yang menyerang lapisan atas kulit penis.  

Bila keganasan berkembang di kelenjar ujung penis, bagian tersebut dapat diangkat sebagian atau seluruhnya menggunakan prosedur glansectomy.

Sementara, ketika keganasan sudah menyebar jauh ke jaringan penis bagian dalam, kanker dapat dihilangkan seluruhnya menggunakan metode amputasi penis bernama penectomy partial. Prosedur ini dilakukan dengan mengangkat seluruh bagian ujung penis, sehingga menyisakan batang penis.

2 dari 6

2. Laser Ablation

loading

Kanker penis stadium awal dapat diobati menggunakan metode perawatan non-operasi. Prosedur ini bermanfaat mengobati sel kanker berukuran kecil yang belum menyebar jauh ke jaringan penis bagian dalam maupun ke area tubuh lainnya. 

Laser ablation merupakan satu jenis perawatan kanker penis non-operasi yang bisa dilakukan. Menurut American Cancer Society, laser ablation dilakukan dengan menembakkan sinar laser guna menghancurkan sel kanker.

Sel kanker yang dapat dihancurkan berukuran kecil dan terletak di jaringan luar kulit, misalnya carcinoma in situ. Sel kanker lainnya yang bisa dikikis menggunakan laser ablation adalah karsinoma sel basal (kanker jaringan dalam kulit), tetapi yang letaknya belum terlalu dalam.

Artikel Lainnya: Kanker Penis, Ketika Penis Membesar Tanpa Ereksi

3 dari 6

3. Cryotherapy

Cryotherapy
loading

Perawatan kanker penis non-bedah lainnya adalah cryotherapy atau cryoablation. Prosedur ini dilakukan dengan menembakkan nitrogen cair untuk membekukan dan membunuh sel kanker.

Cryoablation bermanfaat menghilangkan carcinoma in situ dan kanker penis verrucous carcinoma. Kanker penis verrucous carcinoma adalah jenis karsinoma sel skuamosa yang menyerang batang penis, utamanya pada orang yang gemar mengunyah maupun menghirup tembakau.

4 dari 6

4. Terapi Radiasi

loading

Terapi radiasi alias radioterapi adalah prosedur medis untuk membunuh sel-sel kanker dengan menggunakan energi radioaktif. Radioterapi digunakan untuk mengatasi kanker penis berukuran kecil, misalnya carcinoma in situ dan beberapa jenis kanker penis stadium awal.

Terapi radiasi direkomendasikan ketika dokter merasa sel kanker penis stadium awal dapat dilenyapkan tanpa operasi bedah.

5 dari 6

5. Kemoterapi

Pakai Krim untuk Atasi Infeksi Jamur Kulit, Ini Tipsnya
loading

Kemoterapi adalah prosedur pengobatan kanker menggunakan obat-obatan yang berperan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Untuk kanker penis tahap awal, pengobatan yang diterapkan adalah kemoterapi topikal.

Kemoterapi topikal adalah jenis kemoterapi yang dilakukan dengan mengoleskan obat pembunuh kanker pada bagian kulit penis.

Salah satu obat kemoterapi topikal yang paling sering digunakan adalah 5-fluorouracil (5-FU). Obat ini bermanfaat membunuh sel kanker di lapisan atas kulit penis.

Obat 5-FU tidak dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker yang telah menyebar ke jaringan kulit penis bagian dalam ataupun organ tubuh lainnya.

Karenanya, 5-FU banyak digunakan untuk mengatasi kanker penis stadium awal, seperti carcinoma in situ.

Baca Juga

Itu dia rekomendasi pengobatan kanker penis. Bila Anda atau anggota keluarga sedang mengidap kanker di penis, jangan ragu untuk membicarakan rencana pengobatan kepada dokter, ya.

Konsultasi dengan dokter bisa lebih mudah dan cepat lewat LiveChat. Kalau Anda butuh info lainnya seputar cara mengobati kanker, download aplikasi KlikDokter.

(FR/NM)

Referensi:

American Cancer Society. Diakses 2022. Treating Penile Cancer.

American Cancer Society. Diakses 2022. Surgery for Penile Cancer.

American Cancer Society. Diakses 2022. Chemotherapy for Penile Cancer.

American Cancer Society. Diakses 2022. Radiation Therapy for Penile Cancer

American Cancer Society. Diakses 2022. Local Treatments (Other than Surgery) for Penile Cancer.

Ditinjau oleh dr. Devia Irine Putri

ARTIKEL TERKAIT

Jenis Sindrom Bawaan yang Meningkatkan Risiko Kanker Ginjal

Info Sehat
13 Mei

Pilihan Makanan Sehat untuk Pasien Kemoterapi

Info Sehat
08 Mei

Kenapa Chordoma Bisa Diwariskan Secara Genetik?

Info Sehat
06 Mei

Mengenal Jenis Chordoma, Kanker Langka di Tulang Belakang

Info Sehat
27 Apr

Kenali Efek Samping Pengobatan Kanker pada Anak

Info Sehat
07 Apr

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat