Memutihkan Gigi Menggunakan Kulit Jeruk, Ini Caranya
searchtext customer service

Memutihkan Gigi Menggunakan Kulit Jeruk, Ini Caranya

Kulit jeruk memiliki kandungan yang bisa bantu memutihkan gigi, lho! Yuk, ketahui cara memutihkan gigi menggunakan kulit jeruk berikut ini.
Memutihkan Gigi Menggunakan Kulit Jeruk, Ini Caranya

Klikdokter.com, Jakarta Gigi dewasa cenderung lebih kuning dibandingkan gigi susu. Ini karena lapisan email lebih banyak ketimbang lapisan dentin.

Lapisan dentin pada gigi memiliki warna yang lebih putih. Sementara itu, lapisan email cenderung memiliki warna kekuningan.

Meski merupakan kondisi alami, tidak sedikit orang yang mengeluhkan masalah tersebut. Oleh karena itu, sejumlah perawatan gigi pun dijalani, seperti bleaching atau veneer.

Selain itu, penggunaan bahan alami seperti kulit jeruk nipis dinilai mampu mengembalikan warna gigi menjadi lebih putih.

Apakah efektif penggunaan kulit jeruk untuk memutihkan gigi? Simak cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis dalam artikel berikut. 

Manfaat Kulit Jeruk untuk Memutihkan Gigi

Manfaat Kulit Jeruk untuk Memutihkan Gigi

Bleaching dan veneer merupakan dua perawatan yang dapat dilakukan untuk membuat gigi menjadi lebih putih.

Veneer merupakan perawatan mengubah warna gigi. Dokter akan mengurangi permukaan gigi yang terlihat lebih kuning. Setelahnya, lapisan yang menggantikannya akan dibuat sesuai dengan warna dan bentuk yang dikehendaki.

Kelebihan perawatan gigi ini adalah kamu dapat menentukan sendiri warna apa yang akan digunakan.

Artikel Lainnya: Bisakah Gigi Kembali Putih Hanya dengan Menyikat Gigi?

Di sisi lain, bleaching tidak membutuhkan pembuangan jaringan sehat gigi. Bleaching gigi dilakukan dengan mengaplikasikan suatu bahan yang memicu perubahan warna menjadi lebih putih.

Perubahan warna pada perawatan bleaching tidak seekstrem veneer karena kondisi gigi sendiri yang akan menentukan.

Akan tetapi, beberapa orang lebih memilih bleaching karena warna putih yang dihasilkan lebih alami dibandingkan dengan veneer.

Sementara itu, untuk cara alami memutihkan gigi, kulit jeruk dianggap mampu memberikan manfaat yang diharapkan. Namun, apakah kulit jeruk memang bermanfaat untuk memutihkan gigi? 

Jeruk mengandung pelarut alami yang dikenal sebagai d-limonene. Kandungan ini juga bertanggung jawab atas rasa jeruk kamu makan.

Banyak perusahaan memasukkan kandungan tersebut ke dalam produk mereka, termasuk ke dalam pemutih gigi dan pasta gigi.

Faktanya, sebuah penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam American Journal of Dentistry menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung d-limonene efektif mengurangi noda nikotin dari gigi.

Artikel Lainnya: Waspada, Ada Bahaya di Balik Produk Pemutih Gigi

Cara Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis

Cara Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis

Agar mendapatkan manfaat kulit jeruk untuk memutihkan gigi, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Mencampurkan dengan Air Garam

Garam memiliki kandungan antiseptik sehingga sering digunakan sebagai penanganan pertama jika ada suatu luka atau peradangan pada rongga mulut.

Sebenarnya garam tidak memiliki kandungan untuk memutihkan gigi. Namun, fungsinya untuk memutihkan gigi bisa kamu peroleh jika digabungkan dengan jeruk.

2. Campuran Baking Soda dengan Jeruk

Cara memutihkan gigi menggunakan kulit jeruk selanjutnya adalah dengan mencampurkannya dengan baking soda.

Menurut penelitian, baking soda dapat digunakan untuk mengurangi stain alias noda pada gigi, atau ketika terdapat lapisan yang menutupi permukaan gigi sehingga terlihat kekuningan.

Baking soda dapat dicampurkan dengan jeruk untuk menghasilkan konsistensi seperti pasta gigi. Kamu tinggal mengoleskan pasta gigi tersebut di permukaan gigi, lalu tunggulah selama sekitar 3 menit.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, 12 dari 30 orang partisipan mengalami perubahan warna gigi menjadi lebih putih.

3. Menggunakan Ekstraksi

Penggunaan ekstrak jeruk nipis untuk memutihkan gigi telah banyak diteliti. Khasiat ini diduga berasal dari kandungan asam sitrat di dalamnya yang mampu memutihkan gigi.

Ekstrak tersebut dapat dikombinasikan dengan pasta gigi untuk memudahkan penggunaannya.

Artikel Lainnya: Memutihkan Gigi dengan Pasta Gigi Pemutih, Efektifkah?

4. Perendaman

Selain ekstraksi, perendaman ekstrak jeruk juga menjadi cara yang paling banyak dilakukan oleh sejumlah penelitian guna mengetahui khasiat kulit jeruk untuk memutihkan gigi.

Rendaman ini berupa perasan jeruk atau bisa juga dalam bentuk jus. Waktu yang dibutuhkan untuk merendam kurang lebih selama 30 menit.

Sebelum diaplikasikan pada gigi, cari referensi yang tepercaya terlebih dahulu atau konsultasikan dengan dokter.

5. Campuran Tomat

Hidrogen peroksida merupakan salah satu bahan utama dalam memutihkan gigi. Tomat ternyata memiliki kandungan ini. 

Jadi, apabila digabungkan dengan jeruk nipis yang mengandung asam sitrat, manfaatnya untuk memutihkan gigi akan lebih maksimal.

Penelitian dilakukan melalui proses perendaman. Gigi sampel direndam dengan batasan waktu tertentu. Hasilnya ditemukan terdapat perubahan warna gigi menjadi lebih putih.

Baca Juga

Manfaat buah dan kulit jeruk untuk memutihkan gigi memang sudah banyak yang membuktikan. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba cara alami ini untuk mengatasi gigi kuning.

Kendati demikian, sebaiknya konsultasikan kepada dokter gigi terlebih dahulu sehingga dampak buruknya bisa diminimalkan. Kamu bisa menggunakan layanan Live Chat KlikDokter untuk konsultasi dengan dokter gigi lebih mudah.

[WA]

Referensi

Pacific Ave Dental. Diakses 2022. Can Orange Peels Give You a Whiter Smile?

Ariana, T. R., Wibisono, G., & Praptiningsih, R. S. (2015). Pengaruh perasan buah lemon terhadap peningkatan warna gigi. Media Dental Intelektual J, 2(1), 74–78.

Bazzi, J. Z., Bindo, M. J. F., Rached, R. N., Mazur, R. F., Vieira, S., & de Souza, E. M. (2012). The effect of at-home bleaching and toothbrushing on removal of coffee and cigarette smoke stains and color stability of enamel. J of the American Dental Association, 143(5), e1–e7.

Mala, H. F., Arti, D. W. K., & Aprillia, Z. (2017). Efektivitas asam askorbat dalam ekstrak buah tomat (Lycopersicon esculentum Mill.) terhadap pemutihan gigi dengan konsentrasi 30%, 70%, dan 100%. Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 172–176.

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

drg. Tika Prana Pramita, Sp. KG

Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Max Johnson, Sp. BM

Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut
wallet
Rp. 50.000
avatar

drg. Robin, Sp. Perio

Dokter Gigi Spesialis Periodonsia
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Gigi Patah, Berbahayakah Bila Dibiarkan?

Info Sehat
18 Jun

Penyebab Impaksi Gigi yang Harus Kamu Waspadai

Info Sehat
17 Jun

Pakai Behel Lepas Pasang, Waspadai Bahaya Ini

Info Sehat
17 Jun

Mengenal Bahaya di Balik Kista Gigi

Info Sehat
08 Jun

Keuntungan Menggunakan Sikat Gigi Berbulu Halus dan Tipis

Info Sehat
04 Jun

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat