Tak Mau Jadi Jompo? Kamu Harus Lakukan Ini Sejak Muda
searchtext customer service

Tak Mau Jadi Jompo? Kamu Harus Lakukan Ini Sejak Muda

Semakin bertambah usia, semakin rentan alami gangguan kesehatan. Supaya tidak makin jompo, yuk, lakukan tips sehat berikut ini.
Tak Mau Jadi Jompo? Kamu Harus Lakukan Ini Sejak Muda

Klikdokter.com, Jakarta Semua orang pasti ingin tetap awet muda. Tidak hanya penampilan yang terlihat dari luar saja, kondisi tubuh yang “awet muda” secara keseluruhan pun kini menjadi perhatian banyak orang.

Keinginan untuk hidup panjang umur mendorong banyak orang untuk memulai hidup sehat sejak usia muda. Hal tersebut penting dilakukan mengingat pada dasarnya seiring berjalannya usia tubuh akan mengalami penurunan regenerasi sel organ tubuh atau istilah nya organ kita sudah aus alias jompo. 

Selain menerapkan gaya hidup sehat, langkah yang bisa kamu terapkan untuk mencegah penurunan fungsi tubuh adalah dengan mengonsumsi suplemen harian dan lengkap, yang berasal dari alam terbaik.

Yuk, pelajari perubahan tubuh seiring menuanya usia dan manfaat suplemen harian bagi tubuh!

1 dari 4

Semakin Tua, Tubuh Mengalami Degenerasi

loading

Tubuh yang terdiri dari sel, jaringan, dan organ memiliki fungsi yang kompleks. Normal bila tubuh mengalami berbagai perubahan dari waktu ke waktu. Di masa muda, perubahan tersebut kemungkinan besar tidak menjadi masalah karena tubuh dapat dengan cepat memperbaiki diri. 

Namun, kemampuan untuk menangani kerusakan ini semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Selain karena faktor usia, studi pada jurnal Nature Medicine menyebutkan bahwa peradangan kronis juga jadi penyebab berbagai perubahan yang bisa menurunkan fungsi tubuh.

Beberapa perubahan pada tubuh terkait bertambahnya usia yang akan kamu alami, di antaranya: 

  • Penebalan otot jantung
  • Arteri menjadi kurang fleksibel
  • Kapasitas paru-paru berkurang
  • Fungsi penyaringan pada ginjal yang kurang optimal
  • Penurunan fungsi sel-sel otak, kulit, otot, dan jaringan ikat

Awalnya, sel, organ, dan jaringan memang mengalami penurunan fungsi. Lambat laun, penurunan fungsi tersebut bisa berujung dengan berkembangnya penyakit pada sistem kardiovaskular, ekskresi (ginjal), respirasi, integumen (kulit), muskuloskeletal (tulang), dan saraf. 

Artikel lainnya: Pengaruh Penuaan pada Sistem Saraf

2 dari 4

Penyebab Degenerasi pada Tubuh Seiring Usia

loading

Degenerasi atau penuaan adalah proses kompleks yang bervariasi tiap orang serta mempengaruhi organ yang berbeda juga. Tidak ada yang tahu bagaimana dan mengapa tubuh berubah seiring bertambahnya usia. 

Beberapa teori mengklaim bahwa penuaan pada sel-sel tubuh ini dipengaruhi oleh banyak faktor seperti genetik, paparan sinar UV, radikal bebas, menurunnya fungsi organ, gaya hidup yang kurang sehat, dan produk sampingan dari metabolisme. 

Kemampuan produksi sel-sel tubuh (proses regenerasi) seiring bertambahnya usia pun semakin berkurang. Akibatnya, sering kamu jumpai orang tua yang “jompo” atau sakit-sakitan yang lebih sulit sembuh dari suatu penyakit dibandingkan orang yang masih muda. Proses penurunan fungsi tubuh ini mulai terjadi di usia 30 tahun.

Artikel lainnya: Masalah Kesehatan Usia 30-an yang Perlu Anda Waspadai

3 dari 4

Lakukan Ini untuk Mencegah Jompo Saat Tua

loading

Kamu yang masih remaja atau sudah berusia dewasa, tentu tidak ingin cepat jompo, bukan? Oleh karena itu, kamu harus melakukan tindakan pencegahan untuk memperlambat proses penuaan ini. Ingat, bukan menghentikan, tapi memperlambat karena sebenarnya proses ini pasti dialami oleh semua orang.

Nah, langkah-langkah berikut bisa membantu kamu dan keluarga di rumah untuk memperlambat proses penuaan fungsi tubuh.

1. Antioksidan untuk Menangkal Radiasi

Radikal bebas dapat mempercepat degenerasi tubuh. Ini meliputi asap rokok,  polusi udara, radiasi UV, sinar-X, serta pestisida. Semuanya perlu kamu minimalkan paparannya di lingkungan. 

Selain itu, mengonsumsi antioksidan untuk melawan radikal bebas.  Antioksidan bisa berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari, misalnya buah dan sayur. Bisa juga dengan konsumsi suplemen yang mengandung antioksidan. 

Tidak hanya penting untuk organ-organ tubuh, konsumsi antioksidan juga baik untuk kesehatan kulit sehingga kamu akan tampak lebih awet muda. Kamu bisa memilih H2 Health and Happiness Skin Series, seperti H2 Pure Skin, H2 Fair Skin, dan H2 Cherished Skin.

H2 Pure Skin mengandung astaxanthin, zinc, vitamin E, vitamin C, vitamin A, horsetail, dan oligomeric proanthocyanidin complex (OPC) grape seed. Bahan aktif tersebut dapat membantu mengatasi jerawat yang meradang.

Sementara jika kamu memiliki masalah hiperpigmentasi seperti noda hitam bekas jerawat maupun flek di wajah, kamu bisa menggunakan H2 Fair Skin. Produk H2 Fair Skin mengandung kolagen, elastin, ekstrak alami buah zaitun, vitamin C, dan L Cystein. Kombinasinya dapat membantu atasi bercak hitam di wajah.

Produk H2 Cherished Skin juga bisa jadi pilihanmu untuk mencegah penuaan dini.  H2 Cherished Skin mengandung kolagen, elastin, astaxanthin, vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, dan dilengkapi dengan isoflavon. Semua bahan aktifnya bisa membantu kulit lebih kenyal dan mencegah kulit keriput.  

Artikel lainnya: Awas, Polusi Udara Picu Penuaan Dini dan Kerutan di Wajah

2. Konsumsi Vitamin untuk Daya Tahan Tubuh

Salah satu upaya agar tidak cepat jompo, kamu juga harus menjaga daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang baik, kamu akan terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin dapat membuat fungsi organ dan sel-sel tubuh menjadi terganggu di kemudian hari. 

Vitamin terbaik yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh meliputi, vitamin C, vitamin D, serta zink. Selain dari makanan, kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin tersebut secara lengkap dengan menambahkan suplemen H2 Health and Happiness Daily Supplement Series, seperti H2 Pureway C+ dan H2 Cordyceps Militaris.

Pada suplemen H2 Pureway C+, terdapat kandungan pureway C, zinc, Vitamin E, selenium, dan vitamin D3. Gabungan bahan aktifnya membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal infeksi. 

H2 Pureway C+ merupakan vitamin C generasi terbaru yg dilengkapi teknologi time release, juga dapat dikonsumsi penderita gangguan lambung karena bersifat non-acidic.

Dengan manfaat yang sama, kamu juga bisa memilih H2 Cordyceps Militaris mengandung ekstrak Cordyceps militaris mycelium 500 mg. Jamur Cordyceps militaris mycelium adalah bahan alami yang bersifat imunomodulator. 

Artinya, ekstrak alami tersebut dapat membantu mempertahankan sistem imun tubuh terutama kesehatan organ pernapasan dan meningkatkan stamina untuk beraktivitas.

3. Berjemur

Berjemur secara rutin mampu meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan penyerapan kalsium, membantu menyeimbangkan hormon. Terkena sinar matahari langsung dapat membantu penuhi kebutuhan vitamin D harianmu.

Namun, bagi kamu yang lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan atau tidak dapat terkena sinar matahari langsung, kamu bisa mengonsumsi H2 Vitamin D3 1000 IU yang berasal dari bahan alami Lanolin. H2 Vit D3-1000 IU ini tersertifikasi Non-GMO yang artinya bahan yang digunakan alami dan tidak melalui rekayasa genetika. 

Kamu yang sedang hamil, menyusui, berusia lanjut, biasanya membutuhkan vitamin D lebih banyak. Nah, H2 Vitamin D3 1000 IU bisa membantu mencukupi asupan vitamin D harian dengan cepat.

Artikel lainnya: Manfaat Sinar Matahari untuk Kesehatan Jantung

4. Menerapkan Pola Makanan Sehat dan Rendah Lemak Jahat

Pencegahan degenerasi tubuh juga perlu kamu lakukan dengan memperhatikan pola makan. Hindari makanan junk food, makanan olahan tinggi garam, makanan berpengawet, makanan tinggi lemak, makanan yang dibakar, atau makanan yang digoreng. 

Konsumsilah makanan yang lebih sehat misalnya dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis. Kemudian pilihlah bahan makanan yang mengandung lemak sehat. 

Untuk kamu yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit jantung,  jaga kesehatan jantung lebih dini. Kamu bisa mengonsumsi suplemen khusus untuk kesehatan jantung, seperti H2 Superba Krill Oil dan H2 Curcella.

H2 Superba Krill Oil berbahan utama ekstrak krill yang berasal dari Antartika yang merupakan perairan terbersih di dunia serta mengandung asam lemak omega 3 fosfolipid yang lebih mudah diserap oleh tubuh dibanding minyak ikan.  Pada tubuh, bahan aktif ini dapat mengurangi kadar lemak darah (kolesterol).

Kamu juga bisa mengonsumsi H2 Curcella yang dapat bantu melancarkan sirkulasi darah. Kandungan ekstrak pegagan dan kunyit terbukti menurunkan risiko pembentukan plak dan penyumbatan di pembuluh darah.

5. Olahraga Teratur

Orang yang gemar berolahraga sejak muda, umumnya tampak lebih awet muda. Hal ini berkaitan dengan manfaat olahraga yang sangat baik bagi kesehatan, salah satunya memperlambat penuaan tubuh.

Rajin olahraga membuat kamu jadi lebih jarang sakit namun perlu disesuaikan dengan kondisi tubuhmu. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu pilih, misalnya bersepeda. Nah, kamu bisa menunjang hobi bersepeda ini dengan menambah asupan suplemen.

Namun ingat, jangan sampai menggunakan sendi terlalu ekstrem dan malah menyebabkan nyeri sendi di kemudian hari. Konsumsi suplemen H2 Green Lipped Mussel yang dapat membantu meredakan nyeri sendi.

Manfaat dari suplemen ini didapat dari kandungan utama ekstrak green lipped mussel. Kandungan alami dari green lipped mussel ini dikenal dengan glikosaminoglikan yang berperan untuk melumasi sendi serta mengurangi rasa nyeri pada sendi. 

Potensi suplemen dalam membantu menjaga kesehatan tubuh ini akan optimal, jika kamu mengonsumsinya secara rutin. Agar lebih aman, jangan ragu untuk konsultasi lebih lanjut dengan dokter.

Baca Juga

Memang, proses penuaan atau degenerasi ini tidak dapat kamu cegah. Setiap orang pasti akan menjadi jompo pada waktunya. Namun, berbagai upaya di atas dapat dilakukan untuk memperlambat proses tersebut. Yuk, mulai dari sekarang hidup sehat karena Happy Life Starts with Healthy You.

Bila kamu ingin lebih tahu lebih dalam mengenai degenerasi tubuh di aplikasi KlikDokter. Kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat 24 Jam

Suplemen H2 Health and Happiness bisa kamu dapatkan di tokopedia dan shopee H2 Health and Happiness, atau apotek terdekat.

Yuk #HidupHealthyHappy dengan #InovasiKalbe yang memanfaatkan #KebaikanAlam.

(APR/NM)

Referensi:

  • WebMD. Diakses 2022. What’s Normal Aging?
  • MSD Manual. Diakses 2022. Overview of Aging.
  • National Library of Medicine. Diakses 2022. Aging Changes in Organs, Tissue and Cells.
  • Molecular Biology of the Cell. Diakses 2022. The Cell of Aging.
  • The Western Journal of Medicine. Diakses 2022. The Cellular Basis of Aging.
  • Nature Medicine. Diakses 2022. Chronic inflammation in the etiology of disease across the life span.
  • Institute for Quality and Efficiency in Health Care. Diakses pada 2022. What happens when you age?

ARTIKEL TERKAIT

Mau Pakai Menstrual Cup? Ini Tips Aman dari Dokter

Info Sehat
07 Jul

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat