Ragam Cara Mengatasi Pegal Saat Kembali WFO
searchtext customer service

Sering Pegal Sejak Kembali WFO? Ini Cara Mengatasinya

Setelah berbulan-bulan menjalani WFH akibat pandemi, sekarang ini beberapa karyawan sudah mulai kembali bekerja di kantor. Sayangnya, banyak yang mengeluhkan badan pegal saat WFO. Kenapa bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?
Sering Pegal Sejak Kembali WFO? Ini Cara Mengatasinya

Klikdokter.com, Jakarta Kasus COVID-19 yang saat ini cukup terkendali membuat sebagian besar perusahaan mulai memberlakukan WFO alias work from office beberapa kali dalam seminggu.

Perubahan siklus kerja kembali ke kantor ini, tentunya berdampak pada tubuh yang sebelumnya sekitar dua tahun bekerja dari rumah. Salah satu keluhannya ketika kembali WFO adalah badan terasa pegal.

1 dari 3

Kembali WFO, Kok Badan Jadi Sering Pegal?

loading

Macet di jalan menuju kantor dan duduk berlama-lama di depan komputer membuat tubuh terasa pegal serta letih. Hal ini sangat wajar terjadi, apalagi jika kamu sebelumnya menjalani WFH (work from home) dalam jangka waktu yang lama.

Itu sebabnya, keluhan badan pegal yang kamu rasakan belum tentu menandakan adanya suatu penyakit. Berikut ini adalah berbagai faktor pemicu badan pegal yang salah satunya ada kaitan dengan perubahan siklus kerja selama pandemi.

1. Kurang Aktivitas Fisik 

Pandemi yang sudah berlangsung selama 2 tahun, membuat sebagian besar orang, termasuk kamu, melakukan pekerjaannya di rumah. Walaupun dapat mencegah penularan COVID-19, hal ini ternyata membuka peluang penerapan kegiatan sedentari yang cenderung tidak aktif dan lebih sedikit membakar kalori.

Kamu jadi lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dengan menonton televisi, tidur seharian, atau duduk dalam waktu lama bermain ponsel. Jika sudah menjadi kebiasaan, dan kamu perlu kembali aktif bergerak untuk WFO, tentu badan pegal-pegal bisa terjadi.

Artikel lainnya: Badan Sering Pegal, Apa Penyebabnya?

2. Posisi Duduk yang Lama dan Salah 

Selama WFH, kamu sangat mungkin menghabiskan waktu dengan duduk selama 8 - 10 jam tanpa ada jeda untuk relaksasi. Kondisi ini dapat menimbulkan masalah kesehatan. Paling sering menyebabkan otot-otot tubuh menjadi kaku dan memicu masalah pada tulang belakang. 

Masalah kesehatan tersebut juga bisa bertambah parah jika posisi duduk yang kamu terapkan tidak benar, misalnya duduk dengan posisi membungkuk ke depan.

3. Kurang Darah 

Seseorang yang mengalami kekurangan darah atau anemia ditandai dengan kurangnya kadar hemoglobin di dalam darah. Apabila kadar hemoglobin kurang di dalam darah, peredaran oksigen di dalam tubuh juga akan berkurang. Kondisi ini dapat membuat tubuh lebih mudah lelah, pegal, dan mudah mengantuk. 

Artikel lainnya: Cara Mudah Atasi Pegal di Telapak Kaki

2 dari 3

Cara Mengatasi Badan Pegal Saat WFO 

loading

Walaupun bukan masalah kesehatan yang serius, badan pegal bisa mengganggu aktivitas. Jangan khawatir, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi badan pegal-pegal saat WFO:

1. Olahraga Rutin

Lakukan olahraga rutin, dengan durasi minimal 30 menit per hari. Hal ini dapat meningkatkan aliran darah dan nutrisi ke seluruh tubuh sehingga mencegah terjadinya pegal dan nyeri otot. 

2. Lakukan Posisi Duduk yang Benar

Duduk terlalu lama di depan komputer selama 8 jam dapat membuat otot kaku. Untuk menghindari masalah pada kesehatan ini, sebaiknya duduk dengan benar saat di kantor. Berikut beberapa posisi badan yang benar saat duduk.

  • Duduk tegak dengan punggung lurus dan bahu ke belakang 
  • Pusatkan beban tubuh pada satu titik agar seimbang
  • Tekuk lutut sejajar dengan pinggul ketika duduk 
  • Istirahat setiap 45 menit dengan berdiri, peregangan, atau berjalan- jalan di sekitar ruangan kantor 
  • Posisikan tangan senyaman mungkin di atas meja 
  • Posisi layar komputer tidak boleh lebih dari 2 inci ketinggian mata 
  • Posisi keyboard terletak 10 - 15 cm di antara tepi keyboard dengan meja 

Artikel lainnya: Posisi Duduk yang Benar saat Bekerja

3. Pakai Krim Pereda Nyeri Otot dan Sendi

Gunakan krim pereda nyeri otot, contohnya Mediflex Plus untuk mengurangi keluhan otot pegal-pegal saat WFO. Krim ini memiliki kandungan metil salisilat, camphor, dan glukosamin.

Metil salisilat bersifat antinyeri, antiradang, antiseptik, dan bisa menghangatkan bagian tubuh yang diolesi. Bahan aktif camphor selain untuk mengatasi nyeri juga dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan, sedangkan glukosamin dapat mengurangi nyeri sendi

Seperti semboyan Mediflex Plus, yakni #Makeflexible dapat membantu kamu terbebas dari badan pegal dan bergerak aktif menjalani aktivitas.

Baca Juga

Trik antipegal di kantor yang sudah dijelaskan sebelumnya, umumnya cukup efektif. Jika tidak kunjung membaik, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang optimal. Kamu bisa menanyakan lebih dalam mengenai keluhan ini menggunakan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

Yuk #JagaSehatmu selama WFO di masa pandemi ini dari badan pegal dan mudah lelah dengan tips di atas!

(APR/NM)

Referensi :

  • Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses 2022. Apa Itu Kegiatan Sedentari.
  • Uptodate. Diakses 2022. Approach to The Patient with Myalgia
  • Mayo Clinic. Diakses 2022. Back Pain At Work: Preventing Pain and Injury. 

ARTIKEL TERKAIT

Jangan Asal Pilih Salep Nyeri dan Pegal, Perhatikan Ini!

Info Sehat
05 Agt

Tak Mau Jadi Jompo? Kamu Harus Lakukan Ini Sejak Muda

Info Sehat
05 Agt

Mau Pakai Menstrual Cup? Ini Tips Aman dari Dokter

Info Sehat
07 Jul

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat