Disclaimer

 

KEBIJAKAN PRIVASI KLIKDOKTER


Adanya Kebijakan Privasi ini adalah komitmen nyata dari PT Medika Komunika Teknologi (selanjutnya disebut sebagai “KlikDokter”) untuk menghargai dan melindungi setiap data atau informasi pribadi Pengguna situs https://www.klikdokter.com/, termasuk situs-situs turunannya,
serta aplikasi gawai KlikDokter (selanjutnya disebut sebagai “Situs/Aplikasi”), dimana Kebijakan Privasi ini merupakan satu kesatuan dan bagian tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan yang dapat dilihat lebih lanjut DISINI.


Kebijakan Privasi ini (beserta syarat-syarat penggunaan dari Situs/Aplikasi sebagaimana tercantum dalam "Syarat dan Ketentuan" dan informasi lain yang tercantum di Situs/Aplikasi) mengatur tentang perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penampilan, pembukaan, dan/atau segala bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi yang Pengguna berikan kepada KlikDokter atau yang KlikDokter kumpulkan dari Pengguna, termasuk data pribadi Pengguna, baik pada saat Pengguna melakukan pendaftaran di Situs/Aplikasi, mengakses Situs/Aplikasi, maupun mempergunakan layanan-layanan pada Situs/Aplikasi (selanjutnya disebut sebagai “Data”).


Dengan mengakses dan/atau mempergunakan layanan KlikDokter, Pengguna menyatakan bahwa setiap Data merupakan Data yang benar dan sah, serta Pengguna memberikan persetujuan kepada KlikDokter untuk memperoleh, mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan mempergunakan Data tersebut sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi maupun Syarat dan Ketentuan Situs/Aplikasi.


A. Perolehan dan Pengumpulan Data Pengguna


KlikDokter mengumpulkan Data dengan tujuan untuk menyediakan layanan Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada memproses transaksi Pengguna, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Situs/Aplikasi, serta tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun Data yang dikumpulkan adalah sebagai berikut:

 

1. Data yang diserahkan secara mandiri oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada Data yang diserahkan pada saat Pengguna:


a. Membuat atau memperbarui akun KlikDokter, termasuk namun tidak terbatas pada nama, alamat email, nomor telepon atau handphone, password, alamat, foto, dan/atau informasi lainnya;
b. Mengunggah data diri Pengguna sehubungan dengan penyediaan layanan pada Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada foto KTP, jenis kelamin, kondisi kesehatan yang diketahui, pengobatan, alergi, vaksinasi, riwayat medis, target kesehatan, entri jurnal kesehatan, resep, laporan, berkas medis, dan/atau data diri lainnya, yang diunggah oleh Pengguna dari waktu ke waktu di Situs/Aplikasi.
c. Informasi mengenai anggota keluarga, teman, penerima manfaat, pemilik manfaat, kuasa, orang-orang di bawah perwaliamanatan, wali amanat, penjamin, penyedia jaminan lainnya, dan/atau individu lainnya yang diberikan oleh Pengguna;
d. Menghubungi KlikDokter, termasuk namun tidak terbatas melalui Layanan Pengguna;
e. Mengisi survei yang dikirimkan oleh KlikDokter atau atas nama KlikDokter;
f. Mengisi data-data pembayaran pada saat Pengguna melakukan aktivitas pembayaran melalui Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada data kartu kredit, dan/atau e-wallet/dompet elektronik;
g. Menggunakan fitur yang membutuhkan izin akses terhadap perangkat Pengguna; dan/atau
h. Data lain yang diserahkan melalui layanan pihak ketiga sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi.

 

2. Data yang terekam pada saat Pengguna menggunakan Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada:


a. Data lokasi riil atau perkiraannya, termasuk namun tidak terbatas pada alamat IP, lokasi Wi-Fi, geo-location, dan sebagainya;
b. Data berupa waktu dari setiap aktivitas Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada aktivitas pendaftaran, login, penggunaan layanan Situs/Aplikasi, pembayaran, dan lain sebagainya;
c. Data penggunaan atau preferensi Pengguna, diantaranya interaksi Pengguna dalam menggunakan Situs/Aplikasi, pilihan yang disimpan, serta pengaturan yang dipilih. Data tersebut diperoleh menggunakan, termasuk namun tidak terbatas pada cookies, pixel tags, dan teknologi serupa yang menciptakan dan mempertahankan pengenal unik;
d. Data perangkat, diantaranya jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nama file dan versinya, pilihan bahasa, pengenal perangkat unik, pengenal iklan, nomor seri, informasi gerakan perangkat, dan/atau informasi jaringan seluler, serta data tambahan lainnya yang dibutuhkan dengan mengacu ke permintaan akses peramban atau aplikasi pada perangkat
Pengguna;
e. Data catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima Data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban, dan/atau situs atau layanan pihak ketiga yang Pengguna gunakan sebelum berinteraksi dengan Situs/Aplikasi.


3. Data yang diperoleh dari sumber lain, termasuk namun tidak terbatas pada:


a. Mitra Usaha yang turut membantu KlikDokter dalam mengembangkan dan menyajikan layanan-layanan dalam Situs/Aplikasi kepada Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada mitra penyedia Layanan Kesehatan, mitra penyedia layanan pembayaran, mitra penyedia layanan pengiriman, mitra perusahaan telekomunikasi dan/atau mitra-mitra lainnya.
b. Pihak ketiga yang digunakan oleh Pengguna untuk membuat atau mengakses akun KlikDokter, termasuk namun tidak terbatas pada layanan media sosial, atau situs atau aplikasi yang menggunakan API KlikDokter atau yang digunakan KlikDokter;
c. Penyedia layanan pemasaran; dan/atau
d. Sumber yang tersedia secara umum. KlikDokter dapat menggabungkan dan/atau mengolah Data yang diperoleh dari sumber
tersebut dengan Data lain yang dimilikinya.

 

B. Penggunaan Data


KlikDokter dapat menggunakan keseluruhan atau sebagian Data yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam bagian sebelumnya untuk halhal sebagai berikut:


1. Memproses segala bentuk permintaan, pengajuan, aktivitas maupun transaksi yang dilakukan oleh Pengguna melalui Situs/Aplikasi.


2. Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan/atau memperbaiki produk dan layanan, termasuk namun tidak terbatas pada:


a. Menawarkan, memperoleh, menyediakan, atau memfasilitasi layanan KlikDokter, maupun produk-produk lainnya melalui Situs/Aplikasi; dan/atau
b. Melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan layanan pada Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, melakukan analisis Data, pengujian, penelitian, dan/atau untuk memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas dari Pengguna.


3. Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi menggunakan Layanan Pengguna melalui Situs/Aplikasi, diantaranya untuk:


a. Memeriksa dan mengatasi kendala dan/atau permasalahan Pengguna;
b. Mengarahkan pertanyaan Pengguna kepada petugas Layanan Pengguna yang tepat
untuk mengatasi permasalahan; dan/atau
c. Mengawasi dan memperbaiki tanggapan Layanan Pengguna.


4. Menghubungi Pengguna melalui alamat email, surat, telepon, handphone, faksimili, dan/atau jalur komunikasi lainnya, termasuk namun tidak terbatas untuk membantu dan/atau menyelesaikan proses pembayaran maupun proses penyelesaian kendala dan/atau permasalahan yang dialami Pengguna dalam menggunakan Situs/Aplikasi.


5. Menggunakan informasi yang diperoleh dari Pengguna untuk tujuan penelitian, analisis, pengembangan dan/atau pengujian guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan layanan-layanan pada Situs/Aplikasi, serta mengembangkan fitur dan/atau layanan baru.


6. Menginformasikan kepada Pengguna terkait fitur, layanan, promosi, studi, survei, berita, perkembangan terbaru, acara dan/atau hal lainnya, baik melalui Situs/Aplikasi maupun melalui media lainnya. KlikDokter juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk mempromosikan dan memproses promo, memberikan hadiah, serta menyajikan iklan dan konten yang relevan tentang layanan KlikDokter dan/atau Mitra Usahanya.


7. Melakukan pemantauan ataupun investigasi terhadap kegiatan, aktivitas, atau transaksi yang mencurigakan dan/atau yang terindikasi mengandung unsur kecurangan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil pemantauan atau investigasi terhadap kegiatan, aktivitas, atau transaksi tersebut.


8. KlikDokter dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh pihak ketiga dalam rangka meningkatkan layanan dan konten KlikDokter, termasuk namun tidak terbatas pada penyesuaian dan penyajian iklan kepada setiap Pengguna berdasarkan minat atau riwayat kunjungan. Jika Pengguna tidak ingin iklan ditampilkan berdasarkan penyesuaian tersebut, maka Pengguna dapat mengaturnya melalui peramban.


9. KlikDokter dalam keadaan tertentu, jika diperlukan untuk menggunakan ataupun mengungkapkan Data Pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan KlikDokter.


C. Pengungkapan Data Pribadi Pengguna


KlikDokter menjamin tidak ada penjualan, pengalihan, distribusi atau meminjamkan Data kepada pihak manapun, tanpa izin dari Pengguna, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut:


1. Dibutuhkan adanya pengungkapan Data kepada Mitra Usaha atau pihak ketiga lain yang membantu KlikDokter dalam menyajikan layanan pada Situs/Aplikasi dan memproses segala bentuk aktivitas Pengguna dalam Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada memproses Layanan Kesehatan, transaksi, verifikasi pembayaran, dan lain-lain.


2. KlikDokter dapat menyediakan informasi yang relevan kepada Mitra Usaha sesuai dengan persetujuan Pengguna untuk menggunakan layanan Mitra Usaha, termasuk namun tidak terbatas pada aplikasi atau situs lain yang telah saling mengintegrasikan API atau layanannya, atau Mitra Usaha yang mana KlikDokter telah bekerjasama untuk mengantarkan promosi, atau layanan yang dikhususkan.


3. KlikDokter dapat menyediakan informasi yang relevan kepada Mitra Usaha terkait teknologi informasi (TI) seperti layanan infrastruktur, komputasi awan (cloud computing), perangkat lunak, pengembangan analisa “Big Data” dan “Machine Learning”, termasuk didalamnya layanan untuk melakukan “Cleansing Data”, “Data Insight”, “Credit Scoring” dan lain-lain.


4. Dibutuhkan adanya komunikasi antara Mitra Usaha (seperti mitra Layanan Kesehatan, mitra pengiriman, mitra pembayaran, dan lain-lain) dengan Pengguna dalam hal penyelesaian kendala dan/atau permasahan yang dialami oleh Pengguna dalam menggunakan Situs/Aplikasi, maupun hal-hal lainnya.


5. KlikDokter dapat menyediakan informasi yang relevan kepada vendor, konsultan hukum, konsultan keuangan, auditor eksternal, mitra pemasaran, firma riset, penyedia layanan sejenis, dan/atau pihak ketiga lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh pihak ketiga.


6. Pengguna menghubungi KlikDokter melalui media publik seperti blog, media sosial, dan/atau fitur tertentu pada Situs/Aplikasi, dimana komunikasi antara Pengguna dan KlikDokter mungkin dapat dilihat secara publik/umum.


7. KlikDokter dapat membagikan informasi Pengguna kepada anak perusahaan dan/atau afiliasinya untuk membantu memberikan layanan atau melakukan pengolahan Data untuk dan atas nama KlikDokter.


8. KlikDokter mengungkapkan Data Pengguna dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum dan/atau instansi/institusi pemerintah yang berwenang.


D. Cookies


1. Cookies adalah file kecil yang secara otomatis akan mengambil tempat di dalam perangkat Pengguna yang menjalankan fungsi dalam menyimpan preferensi maupun konfigurasi Pengguna selama mengunjungi suatu situs.


2. Pengguna dapat menentukan pilihan untuk menerima, menolak dan/atau menghapus Cookies dalam penggunaan Situs (pilihan ini dapat membatasi layanan optimal pada saat melakukan akses ke Situs).


E. Akses Situs Pihak Ketiga


1. Situs/Aplikasi dapat memuat pranala atau link menuju situs/aplikasi milik pihak ketiga (“Situs/Aplikasi Pihak Ketiga”) dan konten pihak ketiga (“Konten Pihak Ketiga”) yang mungkin menampilkan logo atau merek KlikDokter.


2. KlikDokter tidak memiliki kendali atas Situs/Aplikasi Pihak Ketiga dan/atau Konten Pihak Ketiga, oleh karena itu, penggunaan Pengguna atas pranala atau link menuju Situs/Aplikasi Pihak Ketiga dan/atau Konten Pihak Ketiga tersebut didasarkan atas tanggung jawab Pengguna sendiri.


3. Ketika Pengguna mengakses dan/atau menggunakan pranala atau link menuju Situs/Aplikasi Pihak Ketiga dan/atau Konten Pihak Ketiga, KlikDokter tidak bertanggungjawab untuk melindungi privasi dan informasi apapun yang Pengguna berikan ketika mengunjungi Situs/Aplikasi Pihak Ketiga dan/atau Konten Pihak Ketiga tersebut, serta tidak bertanggungjawab atas setiap informasi yang terdapat pada  Situs/Aplikasi Pihak Ketiga dan/atau Konten Pihak Ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada dampak yang ditimbulkan akibat mengakses Situs/Aplikasi Pihak Ketiga dan/atau Konten Pihak Ketiga.


4. Pengguna disarankan untuk mempelajari dan membaca dengan seksama kebijakan penanganan informasi pribadi yang berlaku di Situs/Aplikasi Pihak Ketiga dan/atau Konten Pihak Ketiga.


5. KlikDokter menyediakan pranala atau link menuju Situs/Aplikasi Pihak Ketiga dan/atau Konten Pihak Ketiga hanya untuk kenyamanan Pengguna semata dan hal tersebut tidak dapat ditafsirkan sebagai dukungan, adopsi, sponsor, afiliasi antara KlikDokter dengan Situs/Aplikasi Pihak Ketiga dan/atau Konten Pihak Ketiga.


F. Pilihan Pengguna dan Transparansi


1. Perangkat seluler pada umumnya (iOS, Android, dan sebagainya) memiliki pengaturan sehingga aplikasi KlikDokter tidak dapat mengakses Data tertentu tanpa persetujuan dari Pengguna. Perangkat seluler akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi KlikDokter pertama kali meminta akses terhadap Data tersebut.


2. Pengguna dapat mengakses dan mengubah informasi berupa alamat email, nomor telepon atau handphone, tanggal lahir, jenis kelamin, daftar alamat, metode pembayaran, dan/atau nomor kartu kredit melalui fitur pengaturan pada Situs/Aplikasi.


3. Sejauh diizinkan oleh ketentuan yang berlaku, Pengguna dapat menghubungi KlikDokter untuk melakukan penarikan persetujuan terhadap perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan penggunaan Data. Apabila terjadi demikian maka Pengguna memahami konsekuensi bahwa Pengguna tidak dapat menggunakan Layanan Kesehatan maupun layanan lainnya yang terdapat pada Situs/Aplikasi.


4. KlikDokter akan menginformasikan kepada Pengguna apabila terjadi kegagalan terhadap perlindungan Data atau informasi rahasia Pengguna dengan cara melakukan pemberitahuan secara tertulis kepada Pengguna dengan menyertai alasan atau penyebab terjadinya kegagalan perlindungan tersebut paling lambat dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari kalender sejak diketahui adanya kegagalan tersebut.


F. Penyimpanan dan Penghapusan Informasi


1. KlikDokter akan menyimpan informasi selama akun Pengguna tetap aktif.


2. KlikDokter akan tetap menyimpan Data sampai dengan dilakukannya permintaan penarikan persetujuan atau penghapusan informasi terhadap perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan penggunaan Data oleh Pengguna melalui Layanan Pengguna.


3. KlikDokter akan melakukan penghapusan informasi akun Pengguna sesuai dengan ketentuan peraturan hukum yang berlaku.


G. Pembaruan Kebijakan Privasi


KlikDokter dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini. KlikDokter menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa halaman Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan pada Situs/Aplikasi maupun layanan
KlikDokter lainnya, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi ini.


H. Lain-Lain


1. Kebijakan Privasi ini dibuat dan diatur dengan tunduk kepada hukum yang berlaku di Republik Indonesia.
2. Judul di dalam Kebijakan Privasi ini dibuat hanya sebagai acuan, dan sama sekali tidak menetapkan, membatasi, menjelaskan atau menjabarkan apa yang termaktub dalam masing-masing bagian tersebut.
3. Kebijakan Privasi ini telah dibuat dalam Bahasa Indonesia, dimana akan mengikat KlikDokter dan Pengguna.

 

SYARAT DAN KETENTUAN KLIKDOKTER


Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT Medika Komunika Teknologi terkait penggunaan situs https://www.klikdokter.com/ dan/atau aplikasi KlikDokter. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.


Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs https://www.klikdokter.com/ dan/atau aplikasi KlikDokter, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyutujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini. Syarat dan Ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara PT Medika Komunika Teknologi dengan Pengguna. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan yang terdapat dalam situs https://www.klikdokter.com/ dan/atau aplikasi KlikDokter.


A. DEFINISI


1. PT Medika Komunika Teknologi (selanjutnya disebut sebagai “KlikDokter”) adalah suatu perseroan terbatas yang yang didirikan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia, dimana memiliki dan mengelola sebuah situs portal atau aplikasi kesehatan, yang menyediakan Layanan Kesehatan bagi Pengguna dengan nama KlikDokter.


2. Situs/Aplikasi adalah situs https://www.klikdokter.com/ dan seluruh Microsite beserta aplikasi berbasis Android dan iOS milik KlikDokter yang dapat diakses melalui perangkat komputer dan/atau perangkat seluler yang secara resmi dimilki dan dikelola oleh KlikDokter.


3. Microsite adalah halaman situs tersendiri atau bagian kecil/turunan dari Situs/Aplikasi yang memiliki tujuan yang berbeda dari Situs/Aplikasi.


4. Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh, berupa telepon pintar (smartphone) dan komputer tablet.


5. iOS adalah sistem operasi yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh, berupa iPhone, iMac, iTouch dan iPad, yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc.


6. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada pihak yang terdaftar maupun tidak terdaftar/sekedar berkunjung ke Situs/Aplikasi.


7. Layanan Kesehatan adalah layanan terkait kesehatan yang disediakan oleh KlikDokter dan/atau Mitra Usaha melalui Situs/Aplikasi.


8. Mitra Usaha adalah pihak ketiga yang telah bekerja sama dengan KlikDokter dan/atau ditunjuk oleh KlikDokter untuk menyediakan layanan pada Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada Layanan Kesehatan, layanan pembayaran, layanan pengiriman, dan/atau agensi riset.


9. Data adalah informasi pribadi Pengguna yang diperoleh, dikumpulkan, diolah, dianalisa, ditampilkan, dibuka dan/atau segala bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi yang Pengguna berikan kepada KlikDokter atau yang KlikDokter kumpulkan dari Pengguna, baik pada saat Pengguna melakukan pendaftaran di Situs/Aplikasi, mengakses  Situs/Aplikasi, maupun mempergunakan layanan-layanan pada Situs/Aplikasi.


10. Produk adalah benda yang berwujud/memiliki fisik dan dapat diantar/memenuhi kriteria pengiriman oleh Mitra Usaha yang menyediakan layanan pengiriman melalui Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada obat-obatan, alat penunjang medis, dan/atau produk lainnya yang dapat dibeli melalui Situs/Aplikasi.


11. Layanan Pengguna, disebut juga sebagai Customer Care adalah fitur yang disediakan oleh KlikDokter untuk memfasilitasi penyelesaian kendala/masalah yang dialami Pengguna dalam menggunakan Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada kendala pembayaran, kendala pengiriman, kendala Layanan Kesehatan dan/atau penghentian penggunaan
Situs/Aplikasi.


12. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi, dan setiap syarat dan ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.


13. Syarat dan Ketentuan adalah syarat dan ketentuan untuk menggunakan Situs/Aplikasi.


B. AKUN, PASSWORD DAN KEAMANAN


1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum. Apabila dikemudian hari ditemukan bahwa Pengguna tidak cakap dan tidak mampu mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian maka Pengguna memahami dan menyetujui untuk bertanggungjawab sepenuhnya atas hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada klaim, gugatan, tuntutan dan/atau upaya hukum lainnya dari KlikDokter, Mitra Usaha, dan/atau pihak manapun, atas pelanggaran ketentuan ini.


2. KlikDokter tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna untuk pembuatan akun pada Situs/Aplikasi.


3. Dalam melakukan pendaftaran pada Situs/Aplikasi maka Pengguna diwajibkan untuk mencantumkan:


a. Nama.
b. Nomor Handphone.
c. Surat Elektronik/Email (jika ada).


4. Pengguna wajib menjamin keaslian dari identitas yang dicantumkan pada saat pendaftaran dan/atau pembuatan akun di Situs/Aplikasi dan melepaskan KlikDokter dari segala klaim, somasi, tuntutan, gugatan dan/atau upaya hukum lainnya sehubungan dengan penyalahgunaan informasi yang dicantumkan tersebut.


5. KlikDokter memiliki kewenangan untuk menutup dan/atau memblokir akun Pengguna, baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap Ketentuan Situs, Syarat dan Ketentuan dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa KlikDokter berhak melakukan tindakan lain yang diperlukan terkait hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada menolak pengajuan pembuatan akun yang baru yang diajukan oleh Pengguna yang telah melakukan tindakan kecurangan dan/atau pelanggaran tersebut.


6. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur  dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) manipulasi data akun; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam bertransaksi, promosi, dsb; dan/atau (iv) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.


7. Pengguna bertanggungjawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi menggunakan dan/atau dalam akun Pengguna.


8. KlikDokter tidak akan meminta informasi terkait akun Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada password maupun kode Short Message Service (SMS) verifikasi atau kode OneTime Password (OTP) yang diterima akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu, KlikDokter menghimbau Pengguna agar tidak memberikan informasi tersebut maupun informasi penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan KlikDokter atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.


9. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu KlikDokter apabila ada penggunaan tanpa izin atas password atau akun Pengguna.


10. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa KlikDokter tidak bertanggungjawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna dan/atau kesalahan pemberian informasi dari KlikDokter yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode OTP, password atau surat elektronik/email kepada pihak lain, kelalaian mencantumkan data kesehatan Pengguna, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.


11. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna akan menggunakan Situs/Aplikasi hanya untuk tujuan yang dimaksud untuk mendapatkan Layanan Kesehatan. Pengguna tidak diperbolehkan untuk menyalahgunakan atau menggunakan Situs/Aplikasi untuk aktivitas
yang bertentangan dengan hukum, termasuk namun tidak terbatas kepada tindak pidana pencucian uang, pencurian, penggelapan, terorisme dan/atau penipuan. Pengguna juga memahami dan menyetujui bahwa Pengguna tidak akan menyebabkan ketidaknyamanan kepada orang lain atau melakukan pemesanan palsu melalui Situs/Aplikasi.


12. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan OTP maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna.


C. LAYANAN KESEHATAN


1. KlikDokter menyediakan Layanan Kesehatan melalui Situs/Aplikasi yang terdiri dari:


a. Artikel Kesehatan, merupakan artikel terkait topik kesehatan yang ditulis oleh KlikDokter dan/atau Mitra Usaha dan dipublikasikan melalui Situs/Aplikasi, serta dapat dibaca oleh Pengguna. Pengguna memahami bahwa seluruh artikel mengenai kesehatan yang ditampilkan hanya bersifat umum dan digunakan semata – mata untuk mengedukasi Pengguna. Bagian mana pun dari artikel yang ditampilkan tidak dapat dianggap dan tidak  dapat digunakan sebagai pengganti dari saran, diagnosis, atau perawatan medis. Walau berbagai upaya telah dilakukan untuk menampilkan data dan/atau informasi seakurat mungkin, KlikDokter dan/atau Mitra Usaha tidak bertanggungjawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan yang berkaitan dengan penggunaan artikel, data/informasi dan waktu penyajian yang disajikan dalam Situs/Aplikasi;


b. Live Chat, merupakan layanan konsultasi kesehatan secara online yang dilakukan secara langsung oleh KlikDokter dan/atau Mitra Usaha yang memiliki pengetahuan di bidang kesehatan/medis melalui Situs/Aplikasi;


c. Direktori Obat, merupakan informasi terkait obat, termasuk namun tidak terbatas pada pengertian, kegunaan, cara pemakaian dan efek samping, yang ditulis oleh KlikDokter dan ditampilkan melalui Situs/Aplikasi, serta dapat dibaca oleh Pengguna. Pengguna memahami bahwa seluruh informasi obat yang ditampilkan hanya bersifat umum dan bersifat untuk informasi semata. KlikDokter tidak bertanggungjawab atas segala kesalahan dan keterlambatan memperbarui data atau informasi, atau segala kerugian yang timbul karena tindakan yang berkaitan dengan data/informasi dan waktu penyajian yang disajikan dalam Situs/Aplikasi;


d. Direktori Penyakit, merupakan informasi kesehatan mengenai penyakit yang ditulis oleh KlikDokter dan/atau Mitra Usaha yang memiliki pengetahuan di bidang kesehatan/medis dan ditampilkan melalui Situs/Aplikasi, serta dapat dibaca oleh Pengguna;


e. Direktori Dokter, merupakan informasi terkait Mitra Usaha yang memiliki pengetahuan di bidang kesehatan/medis dan ditampilkan melalui Situs/Aplikasi, serta dapat dibaca oleh Pengguna;


f. Direktori Rumah Sakit, merupakan informasi terkait Mitra Usaha, termasuk namun tidak terbatas pada layanan, lokasi, nomor telepon, fasilitas kesehatan rumah sakit, jadwal operasional dan/atau jadwal praktek dokter, yang ditampilkan pada Situs/Aplikasi;


g. Direktori Klinik, merupakan informasi terkait Mitra Usaha, termasuk namun tidak terbatas pada layanan, lokasi, nomor telepon, fasilitas kesehatan klinik, jadwal operasional dan/atau jadwal praktek dokter, yang ditampilkan pada Situs/Aplikasi;


h. Buat Janji, merupakan fitur yang disediakan oleh KlikDokter bagi Pengguna untuk melakukan pemesanan atas layanan yang disediakan oleh Mitra Usaha, dalam hal ini termasuk namun tidak terbatas pada Dokter, Tenaga Kesehatan, Rumah Sakit, dan/atau Klinik;


i. Tanya Dokter, merupakan konsultasi kesehatan secara online antara Pengguna dengan Mitra Usaha yang memiliki pengetahuan di bidang kesehatan/medis sesuai dengan Mitra Usaha yang dipilih oleh Pengguna, dimana konsultasi tersebut akan ditampilkan melalui Situs/Aplikasi sehingga dapat dibaca juga oleh Pengguna lainnya;


j. Pembelian Obat, merupakan layanan yang disediakan oleh KlikDokter, berupa pembelian obat oleh KlikDokter berdasarkan rekomendasi dari KlikDokter dan/atau Mitra Usaha atau resep yang dibuat oleh Mitra Usaha melalui Situs/Aplikasi;


k. Video Kesehatan, merupakan layanan edukasi kepada Pengguna dan/atau calon Pengguna dengan menggunakan media berupa video yang dibuat oleh KlikDokter  dan/atau Mitra Usaha yang memiliki pengetahuan di bidang kesehatan/medis; dan


l. Health Tools, merupakan informasi kesehatan yang disediakan melalui Situs/Aplikasi berdasarkan informasi pribadi yang dicantumkan oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada kalendar kehamilan, kalkulator Body Mass Index (BMI), kalendar kesuburan, tumbuh kembang anak, kadar ketergantungan nikotin, kecerdasan majemuk anak, risiko penyakit jantung, dan/atau kalendar imunisasi.


2. KlikDokter tidak berada dalam posisi untuk memberikan saran kepada Pengguna dalam memilih Layanan Kesehatan untuk melayani/memenuhi kebutuhan User yang dapat diakses
melalui Situs/Aplikasi.


3. Koneksi internet diperlukan untuk dapat menggunakan Layanan Kesehatan. Oleh karena itu, segala biaya yang timbul atas koneksi perangkat elektronik Pengguna dengan jaringan internet merupakan tanggung jawab Pengguna sepenuhnya dan Pengguna melepaskan KlikDokter atas biaya yang timbul tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada tanggung jawab, klaim, tuntutan, gugatan, dan/atau upaya hukum lainnya sehubungan dengan timbulnya biaya tersebut.


D. TRANSAKSI PEMBAYARAN


1. KlikDokter bekerjasama dengan Mitra Usaha untuk menyediakan metode pembayaranmmelalui Situs/Aplikasi yang dapat dipilih oleh Pengguna dalam melakukan pembayaran atas penggunaan Layanan Kesehatan, dimana Layanan Kesehatan yang berbayar untuk saat ini terdiri dari Live Chat dan Pembelian Obat.


2. Metode pembayaran yang disediakan melalui Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada:


a. OVO (seluruh pelayanan yang disediakan oleh OVO); dan
b. Cash on Delivery.


3. Apabila terdapat kendala dalam proses pembayaran atas transaksi penggunaan Layanan Kesehatan, maka Pengguna dapat menghubungi Layanan Pengguna agar kendala tersebut dapat diteruskan oleh KlikDokter kepada Mitra Usaha, dimana tidak menutup kemungkinan untuk Pengguna menghubungi langsung Mitra Usaha apabila mengalami kendala dalam proses pembayaran.


4. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna melepaskan KlikDokter dan/atau Mitra Usaha yang menyediakan metode pembayaran melalui Situs/Aplikasi apabila Pengguna mengalami kerugian atas kesalahan dan/atau kelalaian yang dialami sehubungan dengan pembayaran melalui Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada pemberian informasi atas kartu kredit yang digunakan sebagai metode pembayaran dan/atau pemberian kode OTP yang diterima oleh Pengguna dari bank penerbit kepada pihak manapun.


5. Sehubungan dengan penggunaan metode pembayaran pada poin 2 huruf a sampai dengan c diatas, Mitra Usaha akan melakukan pengembalian dana yang telah dibayarkan oleh Pengguna atas Layanan Kesehatan berupa Pembelian Obat apabila obat tidak tersedia pada Mitra Usaha dengan jangka waktu pengembalian sesuai dengan kebijakan dari masingmasing Mitra Usaha.


6. Mitra Usaha memiliki syarat dan ketentuan yang terpisah dari Syarat dan Ketentuan ini sehubungan dengan metode pembayaran, oleh karena itu, Pengguna disarankan untuk membaca syarat dan ketentuan Mitra Usaha dari waktu ke waktu. Dengan tetap menggunakan metode pembayaran, maka Pengguna memahami dan menyetujui syarat dan ketentuan Mitra Usaha terkait metode pembayaran tersebut.


7. KlikDokter tidak berada dalam posisi untuk memberikan saran kepada Pengguna dalam memilih Mitra Usaha dalam melakukan transaksi pembayaran melalui Situs/Aplikasi.


E. PENGEMASAN DAN PENGIRIMAN


1. Pengemasan atas Produk yang dibeli melalui Situs/Aplikasi oleh Pengguna akan dilakukan oleh Mitra Usaha, oleh karena itu, Mitra Usaha bertanggungjawab atas keamanan dan kualitas pengemasan yang disediakan. KlikDokter tidak bertanggungjawab atas keamanan dan kualitas dari pengemasan yang dilakukan oleh Mitra Usaha.


2. KlikDokter menyediakan layanan pengiriman pada Situs/Aplikasi, dimana layanan pengiriman tersebut disediakan oleh Mitra Usaha.


3. Apabila terdapat kendala sehubungan dengan layanan pengiriman, termasuk namun tidak terbatas pada kerusakan Produk dan/atau keterlambatan pengiriman, maka kendala tersebut menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari Mitra Usaha dan KlikDokter dilepaskan dari tanggung jawab, klaim, tuntutan, gugatan, dan/atau upaya hukum lainnya sehubungan dengan kendala layanan pengiriman yang dialami oleh Pengguna.


4. Mitra Usaha memiliki syarat dan ketentuan yang terpisah dari Syarat dan Ketentuan ini sehubungan dengan layanan pengiriman, oleh karena itu, Pengguna disarankan untuk membaca syarat dan ketentuan Mitra Usaha dari waktu ke waktu. Dengan tetap menggunakan layanan pengiriman, maka Pengguna memahami dan menyetujui syarat dan ketentuan Mitra Usaha terkait layanan pengiriman.


5. KlikDokter tidak berada dalam posisi untuk memberikan saran kepada Pengguna dalam memilih Mitra Usaha dalam melakukan pengemasan dan pengiriman melalui Situs/Aplikasi.


F. LAYANAN PENGGUNA


1. Pengguna dapat menggunakan Layanan Pengguna apabila mengalami kendala dan/atau permasalahan dalam penggunaan Layanan Kesehatan dan/atau Situs/Aplikasi atau apabila ingin mengajukan penghentian penggunaan Layanan Kesehatan dan/atau Situs/Aplikasi.


2. Dengan menggunakan Layanan Pengguna, maka Pengguna diharapkan sudah menyiapkan dokumen pendukung terkait dengan kendala dan/atau pemasalahan yang dihadapi dalam penggunaan Layanan Kesehatan dan/atau Situs/Aplikasi.


3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa KlikDokter membutuhkan waktu untuk menyelesaikan kendala dan/atau permasalahan yang dihadapi oleh Pengguna terkait penggunaan Layanan Kesehatan dan/atau Situs/Aplikasi. Oleh karena itu, Pengguna akan melepaskan KlikDokter dari segala klaim, somasi, tuntutan, gugatan, dan/atau upaya hukum lainnya sehubungan dengan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh KlikDokter atas kendala dan/atau permasalahan tersebut.


4. KlikDokter berwenang untuk memberikan keputusan berdasarkan dokumen pendukung yang diberikan Pengguna dan dokumen atau informasi yang dimiliki KlikDokter terkait dengan kendala dan/atau permasalahan yang dialami Pengguna.


5. Dalam menginformasikan keputusan atas kendala dan/atau permasalahan yang dihadapi Pengguna, maka KlikDokter akan menginformasi kepada Pengguna melalui Klikdokter Customer Care 0800-1200-888, melalui WhatsApp dengan nomor 087875130888 (Waktu operasional: hari Senin – Jumat, Pk. 08:00 - 16:30 WIB dan hari Sabtu, Pk. 08:00 - 12:00 WIB), atau surat elektronik/email di cs@klikdokter.com (24 jam). Apabila dalam jangka waktu 3 (tiga) hari kalender sejak pertama kali dihubungi oleh KlikDokter, Pengguna tidak memberikan respon ataupun tanggapan, maka dengan ini Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna dianggap setuju dengan keputusan yang diberikan oleh KlikDokter dan atas hal tersebut, Pengguna melepaskan KlikDokter dari segala klaim, somasi, gugatan, tuntutan, dan/atau upaya hukum lainnya.


G. PROMO


1. KlikDokter sewaktu-waktu dapat memberikan program promo kepada Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada kupon potongan harga untuk transaksi pembelian dengan jumlah nominal tertentu atau potongan harga dalam menggunakan layanan yang disediakan oleh Mitra Usaha. Apabila dalam kondisi tertentu promo tersebut tidak dapat digunakan karena
Produk yang dipesan tidak tersedia, baik sebagian mau pun seluruhnya, atau Layanan Kesehatan tidak tersedia, maka KlikDokter akan memberikan promo pengganti kepada Pengguna yang dapat digunakan pada transaksi berikutnya atau saat menggunakan Layanan Kesehatan di lain waktu.


2. KlikDokter berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, membatalkan penggunaan promo oleh Pengguna jika ditemukan indikasi kecurangan atau pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna atas Ketentuan Situs, Syarat dan Ketentuan dan/atau peraturan perundangundangan yang berlaku. Atas pembatalan tersebut, maka KlikDokter tidak akan memberikan ganti rugi dalam bentuk apa pun dan KlikDokter dilepaskan dari segala klaim, somasi,
tuntutan, gugatan dan/atau upaya hukum lainnya atas pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku tersebut.


H. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL


1. Hak kekayaan intelektual dalam dan terhadap Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada logo, merek, software, dan/atau materi yang tercantum dalam Situs/Aplikasi, merupakan sepenuhnya dimiliki, dilisensi, atau dikontrol oleh KlikDokter atau pemilik sah hak kekayaan intelektual (sesuai yang relevan) (disebut sebagai “Hak Kekayaan Intelektual”).


2. Bagian atau bagian-bagian dari Situs/Aplikasi tidak boleh direproduksi, direkayasa balik (reverse engineer), didekompilasi, diotak-atik, dipisahkan, diubah, didistribusikan, dipublikasikan ulang, ditampilkan, disiarkan, dipranala (hyperlink), disalin (mirror), di-frame (framing), dipindahkan, atau dikirimkan dengan cara atau metode apa pun atau disimpan dalam sistem pemulihan informasi atau dipasang di server, sistem, atau peralatan apa pun
tanpa izin tertulis dari KlikDokter atau pemilik sah Hak Kekayaan Intelektual. Izin penggunaan Hak Kekayaan Intelektual hanya akan diberikan kepada Pengguna untuk mengunduh, mencetak, dan/atau menggunakan Situs/Aplikasi untuk penggunaan pribadi dan nonkomersial, dengan kondisi bahwa Pengguna tidak mengubah Hak Kekayaan Intelektual dan bahwa KlikDokter atau pemilik sah Hak Kekayaan Intelektual tetap memegang dan/atau  sebagai pemilik sah Hak Kekayaan Intelektual.


3. Bagian manapun dari Situs/Aplikasi tidak menyatakan bahwa Hak Kekayaan Intelektual dialihkan kepada pihak manapun, tanpa persetujuan tertulis dari KlikDokter atau pemilik sah Hak Kekayaan Intelektual.


4. Pengguna memberikan KlikDokter lisensi noneksklusif untuk menggunakan materi atau informasi yang Pengguna cantumkan atau kirimkan melalui Situs/Aplikasi dan/atau memberikan kepada KlikDokter melalui sarana lainnya, termasuk tetapi tidak terbatas pada pertanyaan, ulasan, komentar, dan saran. Saat memublikasikan komentar atau ulasan pada Situs/Aplikasi, Pengguna juga memberikan KlikDokter hak untuk menggunakan nama Pengguna sehubungan dengan ulasan, komentar, dan/atau konten lain. Pengguna tidak boleh menggunakan alamat surat elektronik/email palsu, berpura-pura menjadi orang lain selain diri sendiri, atau menyesatkan KlikDokter, Mitra Usaha, atau pihak manapun mengenai informasi apa pun yang Pengguna berikan.


I. PENOLAKAN JAMINAN DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB


1. Situs/Aplikasi adalah portal web yang disediakan oleh KlikDokter untuk menyediakan Layanan Kesehatan kepada Pengguna, termasuk bertransaksi melalui Situs/Aplikasi. Oleh karena itu, setiap Layanan Kesehatan yang disediakan oleh Mitra Usaha menjadi tanggung jawab sepenuhnya Mitra Usaha dan KlikDokter tidak mempekerjakan Partner serta tidak bertanggung jawab atas setiap tindakan dan/atau kelalaian dari Partner sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab KlikDokter secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.


2. KlikDokter selalu berupaya untuk menjaga Situs/Aplikasi aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, namun KlikDokter tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Situs/Aplikasi dapat selalu sempurna. Selain itu, informasi dan/atau data yang terdapat dalam Situs/Aplikasi memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.


3. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna memanfaatkan Situs/Aplikasi atas risiko Pengguna sendiri, dan Situs/Aplikasi diberikan kepada Pengguna dalam keadaan "sebagaimana adanya" dan "sebagaimana tersedia".


4. Sejauh diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku, KlikDokter (termasuk induk perusahaan, afiliasinya, anak perusahaan, direktur, dan/atau karyawan) adalah tidak bertanggungjawab, dan Pengguna memahami dan menyetujui untuk tidak menggunakan upaya hukum, termasuk namun tidak terbatas menuntut, menggugat, dan/atau upaya hukum lainnya, terhadap KlikDokter untuk bertanggungjawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:


a. Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Situs/Aplikasi.
b. Informasi atau petunjuk lain yang tersedia dalam Situs/Aplikasi.
c. Keterlambatan atau gangguan dalam Situs/Aplikasi.
d. Kelalaian dan/atau kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
e. Pengiriman Produk.
f. Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
g. Perselisihan antara Pengguna dan Mitra Usaha.
h. Pencemaran nama baik pihak lain.
i. Setiap penyalahgunaan Produk yang sudah dibeli oleh Pengguna.
j. Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi KlikDokter, yang dengan cara apa pun mengatasnamakan KlikDokter ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
k. Pengiriman untuk perbaikan/penggantian Produk yang bergaransi resmi dari pihak produsen.
l. Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool, hacking tool)
yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke Situs/Aplikasi.
m. Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Situs/Aplikasi.
n. Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan Situs/Aplikasi.
o. Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan
Produk yang ada dalam Situs/Aplikasi yang diduga palsu.
p. Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
q. Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna.


J. PELEPASAN RISIKO


Pengguna memahami dan menyetujui jika Pengguna memiliki perselisihan dengan satu atau lebih Mitra Usaha, maka Pengguna melepaskan KlikDokter (termasuk induk perusahaan, afiliasi, anak perusahaan, direktur, dan karyawan) dari klaim, tuntutan, gugatan dan/atau upaya hukum lainnya
atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari pembelian Produk atau kendala
lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada pengiriman dan/atau pembayaran, yang disediakan oleh Mitra Usaha. Oleh karena itu, Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan perundang-undanga yang lain) yang
akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.


K. PENGGANTIAN KERUGIAN


1. Pengguna memahami dan menyetujui untuk melindungi dan membebaskan KlikDokter serta
memberikan ganti rugi kepada KlikDokter (apabila ada) dari dan terhadap semua klaim, somasi, tuntutan, gugatan, dan/atau upaya hukum lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada biaya, kerusakan, kerugian, tanggung jawab, dan pengeluaran (termasuk biaya pengacara) apa pun yang timbul akibat atau terkait:


a. penggunaan Layanan Kesehatan, transaksi Pengguna dengan Mitra Usaha, penyedia
pihak ketiga, mitra, pengiklan, dan/atau sponsor;
b. pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna atas ketentuan apa pun dalam Ketentuan
Situs, Syarat dan Ketentuan ini atau peraturan perundang-undangan yang berlaku;
c. pelanggaran Pengguna atas hak pihak manapun, termasuk namun tidak terbatas pada
Mitra Usaha yang menyediakan Layanan Kesehatan melalui Situs/Aplikasi; atau
d. penggunaan atau penyalahgunaan Situs/Aplikasi oleh Pengguna.


2. Kewajiban perlindungan dan pemberian ganti rugi ini akan tetap berlaku setelah penggunaan  Layanan Kesehatan dan/atau Situs/Aplikasi oleh Pengguna telah berakhir.


L. PILIHAN HUKUM DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN


1. Syarat dan Ketentuan ini dibuat dan diatur dengan tunduk kepada hukum yang berlaku di Republik Indonesia.


2. Segala perselisihan atau perbedaan pendapat yang timbul atas pelaksanaan dari Syarat dan Ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada pelanggaran terhadap ketentuan dalam
Ketentuan Situs, Syarat dan Ketentuan ini, dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, terlebih dahulu akan dibicarakan dan diselesaikan oleh KlikDokter dan Pengguna secara musyawarah untuk mufakat, dan apabila musyawarah untuk mufakat tetap tidak tercapai, maka KlikDokter dan Pengguna setuju dan sepakat untuk menyelesaikannya melalui pengadilan sesuai dengan yurisdiksi hukum dari KlikDokter.


M. DATA PENGGUNA


1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa memberikan Data dan/atau informasi lainnya melalui Situs/Aplikasi secara sadar dan tanpa paksaan dari KlikDokter maupun pihak manapun.


2. Dengan memberikan memberikan Data dan/atau informasi lainnya melalui Situs/Aplikasi maka Pengguna memahami dan menyetujui Kebijakan Privasi yang berlaku dalam penggunaan Situs/Aplikasi, dimana Kebijakan Privasi dapat dilihat DISINI.


N. PENGHENTIAN LAYANAN


1. Pengguna sewaktu-waktu dapat menghentikan penggunaan Situs/Aplikasi, termasuk meminta akun beserta Data dihapus kepada KlikDokter dengan cara menghubungi KlikDokter melalui Layanan Pengguna.


2. KlikDokter berhak sewaktu-waktu untuk segera menangguhkan, membatasi, dan/atau menghentikan penggunaan Situs/Aplikasi oleh Pengguna apabila berdasarkan penilaian dari KlikDokter bahwa Pengguna telah melanggar ketentuan dalam Ketentuan Situs, Syarat dan Ketentuan ini atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.


3. KlikDokter dan Pengguna memahami dan menyetujui untuk mengesampingkan ketentuan dalam Pasal 1266 dan Pasal 1267 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata sehubungan dengan penghentian penggunaan Situs/Aplikasi.


O. PERUBAHAN SYARAT DAN KETENTUAN


Syarat dan Ketentuan dapat diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu, oleh karena itu, KlikDokter menyarankan Pengguna agar memeriksa dan membaca secara seksama Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan dan/atau pembaharuan tersebut. Dengan tetap mengakses Situs/Aplikasi, maka Pengguna dianggap telah membaca, memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, termasuk perubahan dan/atau pembaharuannya.


P. LAIN-LAIN


1. Judul di dalam Syarat dan Ketentuan ini dibuat hanya sebagai acuan, dan sama sekali tidak menetapkan, membatasi, menjelaskan atau menjabarkan apa yang termaktub dalam masingmasing bagian tersebut.


2. Apabila ketentuan apa pun dalam Syarat dan Ketentuan ini dianggap ilegal, tidak valid, atau tidak dapat dilaksanakan, secara keseluruhan atau sebagian, berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap (inkracht) dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka ketentuan atau bagian dari ketentuan tersebut dianggap bukan merupakan
bagian dari Syarat dan Ketentuan ini, tetapi kelegalan, keabsahan, dan keberlakuan dari ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan ini tetap berlaku dan mengikat KlikDokter dan
Pengguna.


3. Syarat dan Ketentuan ini telah dibuat dalam Bahasa Indonesia yang mengikat KlikDokter dan Pengguna.