Pengertian

Zafirlukast merupakan obat yang dikenal dengan beberapa nama dagang, salah satunya adalah Accolate Tablet yang diproduksi oleh AstraZeneca. Zafirlukast digunakan untuk membantu mengobati penyakit asma. Zafirlukast sering digunakan bersamaan dengan steroid berbentuk inhaler. Zafirlukast bekerja dengan melemaskan otot pangkal paru-paru sehingga salurannya melebar dan udara lebih bebas begerak.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Antiasma
  • Kandungan: Zafirlukast 20 mg
  • Bentuk: Tablet
  • Satuan Penjualan: Strip
  • Kemasan: 1 Strip @ 14 Tablet
  • Farmasi: Astra Zeneca.

Kegunaan

Accolate merupakan obat yang digunakan dalam terapi pengobatan asma kronis dan profilaksis pada orang dewasa dan anak-anak usia diatas 12 tahun.

Dosis & Cara Penggunaan

Accolate merupakan obat yang termasuk golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus didasarkan atas petunjuk Dokter. Konsultasikan terlebih dahulu kepada Dokter sebelum penggunaan obat ini karena dosis penggunaannya berbeda-beda untuk setiap pasien.

Aturan Penggunaan Accolate:
1. Dewasa: dosis yang direkomendasikan sebesar 20 mg tablet setiap hari dua kali.
2. Belum ada rekomendasi dosis untuk anak-anak dibawah usia 12 tahun.
3. Atau sesuai petunjuk Dokter.

Accolate diminum sesudah makan. Untuk hasil yang lebih maksimal, Accolate diminum setiap hari dan diusahakan dalam waktu yang sama setiap harinya. Jika tidak sengaja lupa meminum Accolate, disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan mengganti dosis yang terlewat dengan menggandakan dosis pada jadwal berikutnya. Hentikan penggunaan Accolate bila gejala mulai membaik.

Efek Samping

Semua obat pasti memilki efek samping. Namun demikian, tidak semua orang pasti akan merasakan efek samping tersebut. Adapun efek samping yang mungkin dirasakan Selama penggunaan Accolate adalah sebagai berikut peningkatan kadar bilirubin, hepatitis.
Bila efek samping menetap atau bahkan memburuk, segera hentikan penggunaan Accolate, dan segera konsultasikan pada Dokter.

Kontraindikasi:
Pasien dengan gangguan hati termasuk sirosis hati.

Interaksi Obat:

  • Penggunaan secara bersamaan dengan warfarin meningkatkan protrombin
  • Teofilin, terfenadine, eritromisin dan asetosal mengurangi kadar Zafirlukast dalam darah
  • Fluconazole menyebabkan peningkatan kadar zafirlukast dalam darah.

Keamanan Kehamilan:
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Accolate kedalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut: 

Studi pada reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko janin, tetapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil atau studi reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk (selain penurunan kesuburan) yang tidak dikonfirmasi dalam studi terkontrol pada wanita hamil trimester pertama (dan tidak ada bukti risiko pada trimester berikutnya).