Pengertian

Acdat krim adalah sediaan topikal antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi kulit dan jaringan lunak yang ringan sampai sedang, misalnya impetigo contagiosa (infeksi kulit yang menyebabkan terbentuknya lepuhan-lepuhan kecil berisi nanah), folicullitis superfisial (peradangan yang terjadi pada folikel rambut atau tempat rambut tumbuh yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri), erythrasma (infeksi permukaan kulit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium minutissimum), furunkulosis (infeksi bakteri pada kulit yang membentuk benjolan bernanah dan terasa nyeri), abses (penumpukan nanah pada satu daerah tubuh), paronychia (infeksi yang terjadi pada kulit di sekitar kuku jari-jari tangan dan kaki), sycosis barbae (folikulitis kronis yang menyerang bagian wajah yang ditumbuhi jenggot), hidradenitis axillaris, dan luka traumatis yang terinfeksi. Obat Acdat krim mengandung zat aktif Fusidic acid, suatu antibiotik yang efektif untuk mengobati infeksi yang disebabkan terutama oleh bakteri gram positif seperti Staphylococcus, Streptococcus, Corynebacterium, dan sebagian besar Clostridium.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Antibiotik Topikal
  • Kandungan: Fusidic Acid 2 %
  • Bentuk: Krim
  • Satuan Penjualan: Tube
  • Kemasan: 1 Tube @ 5 Gram
  • Farmasi: PT Ifars

Kegunaan

Kegunaan Acdat krim (Fusidic acid) adalah untuk mengobati infeksi yang disebabkan terutama oleh bakteri gram positif seperti Staphylococcus, Streptococcus, Corynebacterium, dan sebagian besar Clostridium. Antibiotik ini bisa digunakan dalam berbagai infeksi kulit dan jaringan lunak yang ringan sampai sedang, misalnya impetigo contagiosa, folicullitis superfisial, erythrasma, furunkulosis, abses, paronychia, sycosis barbae, hidradenitis axillaris, dan luka traumatis yang terinfeksi.

Dosis & Cara Penggunaan

Penggunaan Acdat krim (Fusidic acid) harus dikonsultasikan dengan Dokter. Dosis Acdat krim secara umum:

Untuk infeksi kulit:
Dewasa: oleskan 3-4 kali sehari sampai sembuh. Jika menggunakan kasa ganti, frekuensi dapat dikurangi menjadi 1-2 kali.
Anak: oleskan 3-4 kali sehari sampai sembuh. Jika menggunakan kasa ganti, frekuensi dapat dikurangi menjadi 1-2 kali.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan Acdat Krim adalah ruam kulit, urtikaria, iritasi. Hindari kontak dengan mata. Dapat meningkatkan risiko sensitisasi & resistensi bakteri.

Kontraindikasi:
Hipersensitif. Infeksi akibat organisme yang tidak peka terhadap asam fusidic terutama Pseudomonas aeruginosa.

Kategori Kehamilan:
Bila memungkinkan, hindari penggunaannya selama bulan terakhir masa kehamilan. Dapat menyebabkan kernikterus (kerusakan otak) pada bayi selama 1 bulan pertama usianya.