Pengertian

Aclasta Infus mengandung Zoledronic acid atau sering juga disebut sebagai asam zoledronat. Aclasta Infus merupakan obat yang sering digunakan untuk membantu mengobati kerusakan pada tulang. Asam zoledronat bekerja dengan memperlambat pengikisan kalsium dari tulang saat terluka sehingga masa pemulihan tulang menjadi lebih cepat. Dalam kasus osteoporosis, obat ini menghambat resorpsi osteoklas-dimediasi, sehingga mengurangi kerusakan tulang.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Metabolisme Tulang
  • Kandungan: Asam zoledronat 5 mg/100 mL
  • Bentuk: Larutan Infus
  • Satuan Penjualan: Botol
  • Kemasan: Botol 100 mL
  • Farmasi: Novartis Indonesia.

Kegunaan

Aclasta Infus merupakan obat yang digunakan dalam terapi pengobatan osteoporosis pada pria dan wanita (terutama pasca menopause) yang beresiko mengalami patah tulang.

Dosis & Cara Penggunaan

Aclasta Infus merupakan obat yang termasuk golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus didasarkan atas petunjuk Dokter. Konsultasikan terlebih dahulu kepada Dokter sebelum penggunaan obat ini karena dosis penggunaannya berbeda-beda untuk setiap pasien.

Aturan Penggunaan Aclasta Infus :

  • Untuk pengobatan osteoporosis pria dan wanita pasca menopause; serta pencegahan osteoporosis, dosis yang direkomendasikan adalah 5 mg dalam sekali infus diberikan melalui IV (intra vena) selama 15 menit.
  • Untuk pasien yang mengalami retakan ringan pada tulang, direkomendasikan pemberian vitamin D terlebih dahulu sebelum penginfusan.
    Obat diberikan melalui infus secara Intra Vena (IV). Sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli dengan pengawasan.

Efek Samping

Semua obat pasti memilki efek samping. Namun demikian, tidak semua orang pasti akan merasakan efek samping tersebut. Adapun efek samping yang mungkin dirasakan Selama penggunaan Aclasta adalah sebagai berikut:
- Demam.
- Nyeri pada otot dan sendi.
- Sakit kepala.
- Rasa capek dan lemas.
Bila efek samping menetap atau bahkan memburuk, segera hentikan penggunaan Aclasta, dan segera konsultasikan pada Dokter.

Kontraindikasi:
- Hiperkalemia
- Hamil dan menyusui.

Interaksi Obat: 

  • Penggunaan dengan obat-obat aminoglikosida harus mendapatkan perhatian serius karena menyebabkan efek aditif , menurunkan kadar kalsium serum untuk waktu yang lama.
  • Perhatian juga harus dilakukan ketika Aclasta infusion (Zoledronic acid) dikombinasikan dengan loop diuretik karena peningkatan risiko hipokalsemia.
  • Perhatian juga diperlukan jika digunakan bersama obat yang berpotensi nefrotoksik lainnya seperti obat anti-inflamasi non-steroid/NSAID seperti asam mefenamat, ibuprofen.
  • Pada pasien dengan gangguan ginjal, penggunaan obat bersamaan dengan obat yang terutama diekskresi melalui ginjal (misalnya, digoxin) dapat menyebabkan peningkatan eksposur obat.

Kategori Kehamilan:
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Aclasta kedalam Kategori D :
"Terbukti menimbulkan resiko terhadap janin manusia, tetapi besarnya manfaat yang diperoleh jika digunakan pada wanita hamil dapat dipertimbangkan (misalnya jika obat diperlukan untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa atau penyakit serius dimana obat yang lebih aman tidak efektif atau tidak dapat diberikan)."