Pengertian

Acticoat merupakan pembalut (dressing) luka antimikroba yang mengandung Polyester Core, Polyethylene Mesh, Nanocrystalline Silver dressing. Tersedia dalam 2 ukuran yaitu 10x10 cm dan 10x20 cm. Polyester Core yang terkandung dalam Acticoat berguna dalam menjaga kelembaban dressing, Polyethylene Mesh memudahkan bagian silver menembus dressing dan Nanocrystalline Silver menghantarkan antimikroba bekerja dalam waktu 30 menit lebih cepat dibandingkan dengan silver dressing lainnya.

Keterangan

  • Golongan: Alat Kesehatan.
  • Kelas Terapi: Perban Bedah dan Perawatan Luka.
  • Kandungan: Polyester Core, Polyethylene Mesh, Nanocrystalline Silver dressing.
  • Bentuk: Plester.
  • Satuan penjualan: Pcs.
  • Kemasan: Pcs, ukuran 10 x 20 cm.
  • Farmasi: Smith&Nephew.

Kegunaan

Sebagai pembalut antimikroba pada luka bakar derajat 1 dan 2, Ulkus Dekubitus, Ulkus Vena, dan luka akibat penyakit diabetes (Ulkus Diabetikum).

Dosis & Cara Penggunaan

Basahi Acticoat dengan Aqua steril, tempelkan bagian Acticoat yang berwarna biru gelap pada luka dan tutup dengan plester sekunder. Ganti pembalut minimal setiap 3 hari. Jika Acticoat mengering, dapat dibasahi dengan Aqua steril atau NaCl agar dapat dilepas dari luka.

Efek Samping

Acticoat tidak memiliki efek samping jika digunakan sesuai dengan anjuran Dokter. Namun perlu diperhatikan bahwa Acticoat dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Dan hindari melepas Acticoat dengan tarikan keras karena dapat merusak jaringan baru yang timbul karena proses penyembuhan luka.

Kontraindikasi
Acticoat sebaiknya tidak digunakan untuk kondisi dibawah ini:
- Pasien yang alergi terhadap silver
- Pasien yang akan menjalani pemeriksaan MRI/ Magnetic Resonance Imaging (pemeriksaan yang memanfaatkan medan magnet dan energi gelombang radio untuk menampilkan gambar struktur dan organ dalam tubuh).

Interaksi Obat
-

Kategori Kehamilan
-