Pengertian

Adant Dispo adalah obat yang digunakan untuk mengobati nyeri lutut pada penderita osteoartritis bila terapi non-farmokologik dan analgesik sederhana tidak memberikan hasil yang optimal. Adant Dispo mengandung Sodium hyaluronate, yang merupakan garam natrium dari Hyaluronic acid, suatu senyawa glikosaminoglikan.Berikut ini adalah informasi lengkap obat Adant Dispo yang disertai tautan merk-merk obat lain dengan nama generik yang sama

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Obat Lain yang Bekerja pada Sistem Muskuloskeletal
  • Kandungan: Na Hyaluronate 25 mg
  • Bentuk: Injeksi
  • Satuan Penjualan: Syringe
  • Kemasan: Syringe 2.5 mL
  • Farmasi: Meiji.

Kegunaan

Adant Dispo digunakan untuk nyeri pada lutut penderita OA yang gagal diatasi dengan terapi non-farmakologik konservatif & analgesik sederhana

Dosis & Cara Penggunaan

Adant Dispo termasuk golongan obat keras sehingga penggunaannya harus berdsarkan resep Dokter. Umumnya injeksi intra-artikular dilakukan sekali seminggu sebanyak 2 ml / injeksi selama 5 minggu berturut-turut. Penggunaan harus dilakukan pada ruang intra artikular sendi lutut. Frekuensi penyuntikan dapat disesuaikan dengan kondisi penyakit. Adant dispo harus diinjeksikan pada ruang intra-artikular sendi lutut dengan prosedur yang aseptis. Tidak boleh digunakan pada pasien yang mempunyai hipersensitif terhadap kandungan obat ini, injeksi intra-artikular diindikasikan pada kasus infeksi atau penyakit kulit yang terdapat pada area tempat penyuntikan

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi adalah:

  • Efek samping obat ini relatif jarang bila digunakan untuk mengobati persendian. Efek samping yang umum misalnya adalah nyeri dan pembengkakan pada tempat injeksi, edema, ruam, sensasi panas dan nyeri lokal.
  • Gejala syok jarang terjadi, namun bila ada kelainan yang dikenali setelah pengamatan yang memadai, pengobatan harus dihentikan dan pasien diberi perawatan yang tepat.
  • Efek samping lainnya seperti reaksi hipersensitivitas: Erupsi misalnya, urtikaria dan gatal jarang terjadi, namun jika gejala tersebut terjadi, pengobatan harus dihentikan dan pasien harus diberi pengobatan yang tepat.

Kontraindikasi:
1. Pasien dengan riwayat hipersensitif terhadap salah satu bahan Adant Dispo.
2. Infeksi atau penyakit kulit di tempat suntikan.

Interaksi Obat:
1. Keamanan dan efektivitas penggunaan natrium hyaluronate bersamaan dengan injeksi intra-artikular lainnya belum ditetapkan.
2. Karena natrium hialuronat diendapkan oleh bakteri atau desinfektan amina kuaterner misalnya, benzalkonium klorida dan klorheksidin.
3. Perhatian yang memadai harus diberikan.