Pengertian

Alanox merupakan salah satu suplemen dengan nama dagang dari obat Asam Alfa Lipoat (ALA), antioksidan alamiah yang sesuai untuk penderita diabetes melitus. Alanox digunakan untuk meringankan kerusakan saraf yang ditandai sensasi terbakar, sakit, nyeri, lemah otot, kesemutan dan mati rasa di tangan serta kaki akibat penyakit diabetes (neuropati diabetik). ALA sendiri adalah asam lemak atau antioksidan yang sebenarnya ditemukan di dalam setiap sel tubuh yang berperan penting dalam mengubah glukosa menjadi energi. Obat ini bekerja dengan cara mencegah kerusakan sel saraf sehingga konduksi dan fungsi sel saraf pada pasien diabetes meningkat dan terlindungi. Alanox juga dapat berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah dan mengurangi komplikasi akibat neuropati diabetik.

Keterangan

  • Golongan: Bebas
  • Kelas Terapi: Vitamin dan Suplemen
  • Kandungan: Asam α-lipoat 200 mg
  • Bentuk: Tablet
  • Satuan Penjualan: Strip
  • Kemasan: Strip @ 10 Tablet
  • Farmasi: PT Darya-Varia.

Kegunaan

Alanox digunakan sebagai suplemen makanan untuk diabetes melitus.

Dosis & Cara Penggunaan

Alanox merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan bebas sehingga pada setiap pembeliannya tidak perlu menggunakan resep Dokter dan digunakan sesuai dengan indikasi serta aturan pakai yang tercantum di dalam kemasan.

Aturan penggunaan Alanox sebagai berikut:
3 kali sehari 1 tablet.

Alanox harus diminum saat perut kosong atau 30 menit sebelum makan. Untuk hasil yang lebih maksimal, Alanox diminum utuh setiap hari, tidak boleh dikunyah dan diusahakan dalam waktu yang sama setiap harinya. Jika tidak sengaja lupa meminum Alanox, disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan mengganti dosis yang terlewat dengan menggandakan dosis pada jadwal berikutnya.

Efek Samping

Semua obat pasti memiliki efek samping, namun tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Adapun efek samping yang terjadi dari pengonsumsian Alanox adalah:
1. Mengurangi nafsu makan
2. Mual, diare, gangguan saluran pencernaan lainnya
3. Kelainan kulit.
Bila efek samping menetap bahkan memburuk. Segera hentikan pengonsumsian obat dan konsultasikan ke Dokter.

Interaksi Obat:
Alanox Tablet dapat berinteraksi dengan obat-obatan antidiabetes lainnya.