Pengertian

Alergine merupakan obat yang digunakan untuk membantu mengobati gejala alergi seperi gatal-gatal, ruam kemerahan pada kulit mata kemerahan/berair dan bersin-bersin. Obat ini bekerja dengan menghalangi zat kimia tertentu didalam tubuh (histamine) yang menjadi penyebab gejala alergi.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Antihistamin
  • Kandungan: Cetirizine HCl 10 mg
  • Bentuk: Tablet
  • Satuan penjualan: Strip 
  • Kemasan: Strip @ 10 Tablet
  • Farmasi: Kimia Farma.

Kegunaan

Alergine Tablet merupakan obat yang digunakan untuk mengobati gejala alergi.

Dosis & Cara Penggunaan

Alergine termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus dikonsultasikan dengan Dokter. Dosis penggunaaan Alergine Tablet pada orang dewasa diminum 100 mg sekali sehari atau 5 mg 2 kali sehari. Pada anak-anak 6-23 bulan diminum 2.5 mg sekali sehari dan dapat ditingkatkan maksimal 2.5 mg 2 kali sehari. Pada anak-anak 2-5 tahun diminum 5 mg sekali sehari atau terbagi dalam 2 dosis terbagi. Pada anak-anak diatas 6 tahun diminum 10 mg sekali sehari atau dibagi dalam 2 dosis terbagi. Pada manula dosis awal diminum 5 mg sekali sehari. Atau sesuai anjuran Dokter.

Efek Samping

Semua Obat pasti memiliki efek samping, namun tidak semua orang akan mengalami efek samping tersebut. Alergine Tablet merupakan obat yang memiliki efek samping sebagai berikut : Mengantuk, insomnia/kesulitan tidur, kelelahan, pusing, sakit kepala, faringitis/sakit tenggorokan, sakit perut, batuk, diare, epistaksis/mimisan, bronkospasme (penyempitan saluran pernafasan), mual, muntah, mulut kering. Bila efek samping menetap bahkan memburuk, segera hentikan penggunaan Alergine Tablet dan konsultasikan ke Dokter.

Kontraindikasi:
Sebaiknya tidak digunakan pada pasien yang untuk kondisi di bawah ini
1. Hipersensitif (reaksi berlebihan)
2. Laktasi (menyusui).

Interaksi Obat: 
Interaksi obat ini yaitu : Aditif depresi susunan saraf pusat bila diberikan bersamaan dengan obat depresan susunan saraf pusat lainnya (misalnya obat penenang, tranquilisers).

Kategori Kehamilan: 
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Alergine Tablet ke dalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut:

Studi pada reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko janin, tetapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil atau studi reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk (selain penurunan kesuburan) yang tidak dikonfirmasi dalam studi terkontrol pada wanita hamil trimester pertama (dan tidak ada bukti risiko pada trimester berikutnya).