Pengertian

Alerson Tetes Mata adalah obat yang digunakan untuk mengobati penyakit mata terutama karena alergi akut dan kronis yang disertai radang. Alerson Tetes Mata mengandung betamethasone Na phosphate, obat yang termasuk golongan kortikosteroid.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Kortikosteroid Mata
  • Kandungan: Betamethasone Na phosphate
  • Bentuk: Tetes Mata
  • Satuan penjualan: Botol tetes
  • Kemasan: Botol tetes 5 mL
  • Farmasi: Global Multi Pharmalab.

Kegunaan

Alerson digunakan untuk Alergi akut dan kronis yang disertai radang (inflamasi). Penyakit Oftalmia simpatis, arteritis temporal, uveitis dan kondisi peradangan mata yang tidak responsif terhadap kortikosteroid topikal.

Dosis & Cara Penggunaan

Dosis awal 1-2 tetes per hari. Selanjutnya obat diberikan pada 1 kali pada pagi hari dan diulangi setiap 2 jam pada sore hari. Ketika gejala membaik, dosis bisa dikurangi hingga 1 tetes setiap 4 jam, dan selanjutnya 1 tetes 3-4 kali sehari sebelum obat dihentikan.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi adalah reaksi hipersensitivitas seperti ruam kulit, kesulitan bernafas, dan reaksi alergi lainnya. Kortikosteroid dosis tinggi, tidak boleh digunakan untuk pengobatan cedera otak traumatis yang berhubungan dengan mata. Penggunaan kortikosteroid dapat menyebabkan katarak subkapsular posterior, glaukoma dengan kemungkinan kerusakan pada saraf optik, dan dapat meningkatkan pembentukan infeksi okular sekunder karena bakteri, jamur, atau virus.

Kategori Kehamilan:
FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan betamethasone kedalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut:

Studi pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita atau studi pada wanita dan hewan tidak tersedia. Obat diberikan hanya jika manfaat yang yang diperoleh lebih besar dari potensi risiko pada janin.