Pengertian

Allevyn Non-Adhesive merupakan pembalut (dressing) luka yang mengandung Hydrocellular Foam Dressing. Allevyn Non-Adhesive memiliki tiga lapisan yang berfungsi untuk memfasilitasi migrasi cairan luka, membuat lingkungan luka tetap optimal dan mempercepat penyembuhan dengan meminimalkan resiko maserasi (istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan kondisi kulit yang rusak, diawali dengan kulit yang melepuh, mengelupas sehingga kemudian terlepas). Lapisan paling belakang membantu mencegah kebocoran cairan dan kontaminasi bakteri. Tidak adanya perekat pada Allevyn Non-Adhesive membuat pembalut luka ini cocok untuk penggunaan pada kulit yang rapuh.

Keterangan

  • Golongan: Alat Kesehatan
  • Kelas Terapi: Perawatan Luka
  • Kandungan: Hydrocellular Foam Dressing
  • Bentuk: Plester
  • Satuan Penjualan: Satuan
  • Kemasan: Satuan, ukuran 10 x 10 cm; Satuan, ukuran 20 x 10 cm
  • Farmasi: Smith & Nephew / Kalbe Farma.

Kegunaan

Allevyn Non-Adhesive digunakan sebagai pembalut luka akut dan kronik, luka dengan cairan/nanah sedang sampai berat seperti luka bedah, luka bakar derajat 1 dan 2, luka akibat penyakit diabetes (ulkus diabetikum), luka kanker. Dapat digunakan pada luka infeksi, namun harus mengikuti protokol klinis.

Dosis & Cara Penggunaan

Pada tahapan awal manajemen luka diperiksa sesuai dengan protokol klinis. Jika Allevyn Non-Adhesive digunakan pada luka terinfeksi, infeksi harus diperiksa dan dirawat sesuai dengan protokol klinis.
Allevyn Non-Adhesive dapat dibiarkan pada luka sampai dengan 7 hari, atau hingga eksudat (nanah/cairan luka) terlihat dan mendekati 1.5 cm (5/8 in) dari tepi pembalut. Jika Allevyn Non-Adhesive ditempel di area sakrum (bagian tulang punggung yang terdiri atas lima ruas tulang yang menyatu), maka dapat dibiarkan hingga 5 hari, namun karena adanya peningkatan potensi kontaminasi dan infeksi pada area luka, diperlukan peningkatan pengawasan terhadap kondisi pembalut sesuai protokol klinis.
Waktu penggantian pembalut tergantung pada penilaian klinis.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi adalah kemerahan atau sensitivitas. Jika mengalami hal tersebut, hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan tenaga kesehatan profesional.

Kontraindikasi:
Hipersensitif dengan kandungan dalam Allevyn Non-Adhesive.

Interaksi Obat:
Jangan gunakan Allevyn Non-Adhesive bersama dengan zat pengoksidasi seperti larutan hipoklorit (misalnya, Eusol) atau hidrogen peroksida, karena zat tersebut dapat merusak komponen absorben polyurethane pada Allevyn Non-Adhesive.