Pengertian

Allohex sirup adalah obat antialergi yang mengandung Loratadine. Allohex digunakan untuk pengobatan rinitis alergi, urtikaria kronik (gatal/biduran), dan penyakit alergi lainnya. Allohex tersedia dalam kemasan botol 60 mL, tiap 5 mL mengandung 5 mg Loratadine.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras.
  • Kelas Terapi: Antihistamin dan Antialergi.
  • Kandungan: Loratadine 5 mg/5 mL.
  • Bentuk: Sirup.
  • Satuan Penjualan: Botol.
  • Kemasan: Botol 60 mL.
  • Farmasi: Kalbe Farma.

Kegunaan

Digunakan untuk Rinitis alergi (bersin-bersin, pilek), urtikaria kronik (gatal-gatal, biduran), dan penyakit alergi lainnya.

Dosis & Cara Penggunaan

Allohex termasuk ke dalam kategori Obat Keras, sehingga penggunaannya harus dikonsultasikan dahulu dengan Dokter. Anak-anak 12 tahun atau lebih : 10 mL, satu kali sehari. Anak-anak usia 2 – 12 tahun BB > 30 kg : 10 mL, satu kali sehari ; BB kurang dari 30 kg : 5 mL, satu kali sehari. Sebaiknya diminum sebelum makan.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi adalah Sakit kepala, mulut kering, gangguan pencernaan, dan rasa lelah.

Kontraindikasi
-

Interaksi Obat
Dapat meningkatkan konsentrasi plasma bila digunakan bersamaan dengan ketoconazole, fluconazole, erythromycin, clarithromycin, cimetidine.

Kategori Kehamilan
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Allohex Sirup ke dalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut:
“Studi pada sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap janin, tetapi studi terkontrol terhadap wanita hamil belum pernah dilakukan. Atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping obat (selain penurunan fertilitas) yang tidak diperlihatkan pada studi terkontrol pada wanita hamil trimester I (dan tidak ada bukti mengenai resiko pada trimester berikutnya).”
Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat yang mengandung Loratadine selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter.