Pengertian

Alodan 300 mg Tablet adalah obat yang mengandung Allopurinol yang digunakan untuk membantu mengobati asam urat dan batu ginjal (gumpalan kecil dalam ginjal yang merupakan penumpukan dari mineral dan asam urat). Obat ini juga digunakan untuk mencegah peningkatan kadar asam urat pada pasien yang menerima kemoterapi kanker. Pasien-pasien ini dapat mengalami peningkatan kadar asam urat akibat pelepasan asam urat dari sel-sel kanker mati. Allopurinol bekerja dengan mengurangi jumlah asam urat yang dibuat oleh tubuh sehingga mengurangi kemungkinan batu ginjal. Obat ini tidak bekerja untuk menghilangkan rasa nyeri atau sakit yang sedang terjadi. Untuk lebih memaksimalkan kerja dari Allopurinol, Anda dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan yang kandungan Purin tinggi seperti jeroan hewan (hati, ginjal, jantung), hidangan laut (kerang-kerangan, kepiting, ikan teri, ikan makarel), dan daging merah (sapi, kambing, kerbau).

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras.
  • Kelas Terapi: Obat Hiperurisemia dan Gout.
  • Kandungan: Allopurinol 300 mg.
  • Bentuk: Tablet.
  • Satuan penjualan: Tablet.
  • Kemasan: Strip @ 10 Tablet
  • Farmasi: Kalbe Farma.

Kegunaan

Allopurinol menghambat pembentukan asam urat sehingga dapat meredakan nyeri di persendian akibat banyaknya asam urat di tubuh (Gout), mencegah pengendapan asam urat dan asam oksalat.

Dosis & Cara Penggunaan

Alodan termasuk golongan Obat Keras, sehingga penggunaannya harus dikonsultasikan dahulu kepada Dokter agar dapat disesuaikan dengan berat atau tidaknya penyakit. Dosis awal 100 -300 mg/hari. Kondisi sedang: 300 - 600 mg/hari Kondisi berat: 700 - 900 mg/hari Dosis tunggal maksimum 300 mg.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi adalah Demam, gangguan pencernaan, mual dan muntah, mengantuk, sakit kepala, gatal pada seluruh tubuh.

Kontraindikasi
Sebaiknya tidak digunakan oleh pasien yang memiliki hipersensitifitas dengan allopurinol.

Interaksi Obat
- Menghambat metabolisme azathioprine.
- Dapat meningkatkan efek warfarin.
- Dapat meningkatkan toksisitas bila digunakan dengan diuretik golongan thiazide dan teofilin.

Kategori Kehamilan
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Alodan 100 mg Tablet ke dalam Kategori C dengan penjelasan sebagai berikut:
"Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya resiko yang mungkin timbul pada janin".
Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat seperti Alodan 100 mg Tablet. Selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter.