Pengertian

Altadis Krim mengandung zat aktif Miconazole. Miconazole merupakan obat anti jamur yang termasuk golongan azol yang bekerja pada membran sel jamur. Altadis Krim akan menghambat bioseintesis egosterol pada membran sel sehingga terjadi kerusakan pada dinding sel jamur. Permeabilitas membran sel jamur akan mengalami peningkatan, dan pada akhirnya menyebabkan sel jamur kehilangan nutrisi selulernya.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Antijamur
  • Kandungan: Miconazole 20 mg/gram
  • Bentuk: Salep
  • Satuan Penjualan: Tube
  • Kemasan: Tube @ 10 gram
  • Farmasi: Prima Medika Laboratories.

Kegunaan

Altadis Krim diindikasi untuk mengobati beragam infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur seperti penyakit kaki atlet (kutu air), panu, kurap, dan infeksi jamur kulit lainnya (kandidiasis).

Dosis & Cara Penggunaan

Altadis termasuk golongan obat keras. Obat ini hanya digunakan pada kulit saja. Sebelum menggunakan kulit harus bersih dan benar-benar kering. Oleskan salep Miconazole dengan secukupnya pada bagian kulit yang terinfeksi sebanyak 2 sampai 3 kali sehari selama 2 sampai 4 minggu.

Efek Samping

Beberapa efek samping yang mungkin saja bisa terjadi setelah menggunakan Altadis adalah:
- Iritasi kulit.
- Rasa terbakar pada kulit.
- Dermatitis kontak.

Kontraindikasi:
Hipersensitif terhadap Miconazole.

Kemanan kehamilan: 
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Altadis Krim ke dalam Kategori C dengan penjelasan sebagai berikut:
''Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya resiko yang mungkin timbul pada janin''
Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat seperti Altadis Krim selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter.