Pengertian

Alumy mengandung Aluminium hidroksida gel kering 200 mg, Magnesium trisilikat 5H2O 300 mg, dan simethicone 20 mg. Alumunium hidroksida merupakan senyawa anorganik yang termasuk golongan antasida, begitupun dengan magnesium trisilikat. Sedangkan kandungan simethicone yang ada di Alumy akan membantu untuk menghilangkan rasa kembung di perut. Alumy diindikasi untuk membantu meringankan rasa tidak nyaman di lambung karena asam lambung yang berlebihan seperti gastritis atau refluks esofagitis.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Antasida
  • Kandungan: Aluminium hidroksida gel kering 200 mg, Magnesium trisilikat 5H2O 300 mg, dan simethicone 20 mg
  • Bentuk: Sirup
  • Satuan Penjualan: Botol
  • Kemasan: Botol 100 mL
  • Farmasi: PT Coronet Crown.

Kegunaan

Alumy digunakan untuk membantu meringankan rasa tidak nyaman di lambung karena asam lambung yang berlebihan seperti gastritis atau refluks esofagitis.

Dosis & Cara Penggunaan

Dosis penggunaan Alumy Sirup adalah:
Dewasa: 4 kali sehari 1-2 sendok takar suspensi.
Anak-anak: 4 kali sehari 1/2-1 sendok takar suspensi.

Efek Samping

Efek samping yang paling umum terjadi selama menggunakan Alumy Sirup adalah konstipasi. Jika dibiarkan, konstipasi dapat mengakibatkan hemoroid dan gangguan pada usus. Segera hubungi Dokter jika Anda mengalami efek samping serius yang berupa:
- Kesulitan menelan.
- Sakit perut yang parah.
- Tinja berwarna hitam atau bercampur darah.
- Muntah darah.
- Merasa lemas atau lelah.
- Tidak nafsu makan.
- Sangat mengantuk.

Interaksi Obat: 
Penyerapan Alumy oleh tubuh akan meningkat jika dikonsumsi bersama dengan Vitamin C dan Asam sitrat.
Alumy Sirup dapat mengganggu penyerapan penicillin, tetracycline, indometacin, phenylbutazone, quinidine, digoxin, suplemen zat besi, naproxen, sejumlah vitamin, dan sulfonamide. Oleh karena itu, pasien sebaiknya menunggu 2 jam sebelum atau sesudah menggunakan antasida ini jika ingin mengonsumsi obat lain.