Pengertian

Aminoral Kaplet adalah obat keras dengan kandungan beragam asam amino (protein) dalam bentuk garam. Aminoral Kaplet diperuntukkan bagi mereka yang ginjalnya lemah dengan asupan kalori harian yang tinggi, tetapi asupan proteinnya rendah (kurang dari 40 gram perhari). Ginjal membutuhkan protein dalam jumlah yang cukup besar (perlu diingat bahwa protein dalam jumlah terlalu besar juga tidak baik untuk kesehatan). Jumlah protein yang optimal untuk konsumsi perharinya adalah 0,8 gram per kg berat badan. Aminoral juga digunakan untuk menyembuhkan pasien yang menderita kesulitan buang air kecil (retensi urine). Obat ini cocok bagi mereka yang memiliki laju filtrasi glomerulus (Glomerular Filtration Rate/GFR; yaitu kecepatan ginjal menyaring urine) antara 5-50 mL/menit (laju filtrasi yang normal untuk ginjal yang sehat adalah lebih dari 90 mL/menit).

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Sistem Kemih dan Genital
  • Kandungan: α-keto isoleucine Ca salt 67 mg, α-ketoleucine Ca salt 101 mg, α-ketophenylalanine Ca salt 68 mg, α-ketovaline Ca salt 86 mg, α-hydroxymethionine Ca salt 59 mg, L-lysine acetate 105 mg, L-threonine 53 mg, L-tryptophan 23 mg, L-histidine 38 mg, L-tyrosine 30 mg, total nitrogen 36 mg, total Ca 50 mg
  • Bentuk: Kaplet
  • Satuan penjualan: Strip
  • Kemasan: Strip @ 10 Kaplet
  • Farmasi: PT Ethica.

Kegunaan

Aminoral Kaplet digunakan untuk terapi insufisiensi ginjal kronik dengan kondisi:
1. Diberikan bersama dengan diet tinggi kalori rendah protein < 40 g/hari.
2. Retensi yang terkompensasi atau dekompensasi.
3. Laju filtrasi glomerulus antara 5-50 ml/menit.

Dosis & Cara Penggunaan

Aturan penggunaan Aminoral Kaplet adalah:
1. Insufisiensi ginjal kronik: Jika tidak diresepkan lain, 4-8 kaplet 3 kali sehari sewaktu makan.
2. Retensi terkompensasi: Jika tidak diresepkan lain, 4-8 kaplet 3 kali sehari, bersama dengan nutrisi rendah protein, tinggi kalori dengan 0,5-0,6 gram protein/kg BB/hari yang mendekati 35-45 gram dan 150-170 KJ (35-10 kcal)/kg BB/hari.
3. Retensi terdekompensasi: Jika tidak diresepkan lain, 4-8 kaplet 3 kali sehari, bersama dengan nutrisi rendah protein, tinggi kalori dengan 0,3-0,4 gram protein/kg BB/hari yang mendekati 20-30 gram dan 150-170 KJ (35-10 kcal)/kg BB/hari.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi pada penggunaan Aminoral Tablet adalah: Dapat terjadi hiperkalsemia, maka kadar kalsium dalam serum harus dipantau secara periodik.

Kontraindikasi:
Hindari penggunaan Aminoral Kaplet pada pasien yang memiliki indikasi:
1. Hiperkalemia (Kadar kalium dalam darah tinggi).
2. Kelainan metabolisme asam amino.

Interaksi Obat:
Aminoral Kaplet memiliki interaksi obat dengan beberapa obat berikut:
1. Obat yang mengandung kalsium
2. Alumunium hidroksida.
3. Tetrasiklin.