Pengertian

Aminosteril N-Hepa merupakan salah satu larutan steril berisi nutrisi parenteral (diberikan bukan melalui mulut tetapi melewati pembuluh darah) yaitu Asam amino yang digunakan untuk pada pasien penyakit hati kronis dengan gangguan ensefalopati hepatik. Gangguan tersebut adalah kondisi yang merujuk pada perubahan kepribadian, keadaan mental, sistem saraf yang mempengaruhi tingkat kesadaran pada pasien dengan kegagalan hati. Aminosteril N-Hepa mengandung Asam amino sebesar 8 % yang berfungsi sebagai nutrisi untuk mengembalikan kodisi-kondisi di atas agar kembali normal. Penggunaan larutan nutrisi steril ini sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam guna mendapatkan prosedur pengobatan yang sesuai. Pasien dengan gangguan ini juga harus menghindari alkohol, fastfood (cepat saji), seafood, jeroan, santan, susu, keju dan menghindari makanan dengan kadar garam tinggi.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Nutrisi Parenteral
  • Kandungan: Tiap 500 mL mengandung Asam amino 8 %
  • Bentuk: Infus
  • Satuan penjualan: Botol
  • Kemasan: Botol 500 mL
  • Farmasi: PT Fresenius Combiphar.

Kegunaan

Aminosteril N-Hepa digunakan untuk mencukupi kebutuhan asam amino sebagai pencegahan penyakit hati yang parah dengan atau tanpa ensefalopati hati yang digunakan ketika nutrisi oral atau enteral tidak mungkin atau tidak cukup atau tidak dapat diberikan.

Dosis & Cara Penggunaan

Penggunaan Aminosteril N-Hepa harus dikonsultasikan dahulu dengan Dokter. Aturan penggunaan Aminosteril N-Hepa sebagai berikut:
1. Dosis yang dianjurkan adalah 1.0 sampai 1.25 mL / kg berat badan / jam = 0.08-0.1 gram asam amino / kg berat badan dan jam.
2. Dosis harian maksimum 1.5 g asam amino / kg berat badan sesuai dengan 18.75 mL / kg berat badan sesuai dengan 1.300 mL pada berat badan 70 kg.

Efek Samping

Semua obat pasti memiliki efek samping, namun tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Adapun efek samping yang terjadi selama pemberian Aminosteril N-Hepa adalah :
1. Mual, muntah.
2. Menggigil, sakit kepala.
3. Kemerahan pada kulit atau reaksi hipersensitif yang lain jarang dilaporkan dan pemberian harus dihentikan bila ditemukan tanda-tanda seperti diatas.
4. Pemberian dosis besar dan cepat : Asidosis (penumpukan asam darah) bisa terjadi setelah pemberian Aminosteril N-Hepa 8 % 500 mL Infus dalam dosis besar dan cepat.

Interaksi Obat:
Dalam beberapa kasus biasanya apabila menggunakan jenis obat obat tertentu bersamaan dengan produk obat lain, vitamin dan pemakaian produk herbal serta kondisi kesehatan tertentu dalam menyebabkan kekebalan terhadap peggunaan obat atau bisa saja obat tersebut tidak berfungsi dengan baik, untuk itu sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan obat aminosteril serta berikan informasi megenai jenis obat - obatan dan kondisi kesehatan pasien pada saat melakukan konsultasi, berikut beberapa jenis obat yang berinteraksi langsung penggunaannya apabila diberikan bersamaan dengan Aminosteril N-Hepa:
1. Active carbon
2. Actived charcoal
3. Anticdose aqua advance
4. Anticoagulants
5. Actidose aqua
6. Actidose plus sorbitol.

Kategori Kehamilan:
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Aminosteril N-Hepa ke dalam Kategori C dengan penjelasan sebagai berikut: Studi pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita atau studi pada wanita dan hewan tidak tersedia. Obat diberikan hanya jika manfaat yang yang diperoleh lebih besar dari potensi risiko pada janin.