Pengertian

Amnorel 600 digunakan sebagai suplementasi nutrisi pada kasus saluran cerna seperti pada sindrom short-bowel (penyakit usus halus yang berkaitan dengan gangguan saluran cerna dan gangguan penyerapan nutrisi), anoreksia (gangguan makan) dan gangguan saluran cerna berat, pada kasus luka bakar parah, trauma, dan pasca operasi, kasus kritis lain yang memerlukan nutrisi eksogen seperti tumor, infeksi berat, stres berat, dan defisiensi protein.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Nutrisi Parenteral
  • Kandungan: Amino acid 5% (BCAA 16.4%) (L-isoleucine 3.2 gram, L-leucine 2.4 gram, L-lysine, L- maleate 3.83 gram, L-methionine 3 gram, L-phenylalanine 4 gram, L-threonine 2 gram, L-tryptophan 1 gram, L-valine 3.2 gram, L-arginine HCl 7.5 gram, L-histidine 1 gram, L-alanine 6 gram, glycine 14 gram, L-proline 2 gram, L- malic acid 0.56 gram, d-sorbitol 50 gram), sorbitol 5%, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, Na 35 meq, K 25 meq, Mg 10 meq, acetate 35 meq, malate 22 meq, Cl 38 meq. Osmolaritas: 1286 mOsm/L.
  • Bentuk: Infus
  • Satuan Penjualan: Botol
  • Kemasan: Botol 500 mL
  • Farmasi: Sanbe.

Kegunaan

Amnorel 600 digunakan sebagai suplementasi nutrisi pada kasus saluran cerna, anoreksia (gangguan makan), pada kasus luka bakar parah, trauma, dan pasca operasi, kasus kritis lain yang memerlukan nutrisi eksogen seperti tumor, infeksi berat, stres berat, dan defisiensi protein.

Dosis & Cara Penggunaan

Amnorel 600 termasuk ke dalam golongan obat keras. Pembeliannya wajib menggunakan resep Dokter. Konsultasilah terlebih dahulu kepada Dokter sebelum menggunakan obat ini. Sebab, dosis penggunaannya berbeda-beda untuk tiap pasien, tergantung berat ringannya penyakit yang diderita.
Untuk dewasa dengan gangguan internal dari defisiensi protein sebelum operasi dosis yang diberikan umumnya 500 mL secara infus drip intra vena selama 4-6 jam (20-30 tetes/menit) secara simultan atau dilanjutkan dengan infus drip larutan Darrow 1000 mL, selama 4 jam (60-100 tetes/menit) & dilanjutkan dengan infus drip dari larutan gula 10% 500 mL selama 2 jam (60-80 tetes/menit). Gangguan sintesis protein pasca operasi dosis yang diberikan umumnya 500 mL dengan infus drip IV selama 4-6 jam (20-30 tetes/menit) dilanjutkan dengan infus drip larutan Darrow 1000 mL selama 4 jam (60-100 tetes/menit).

Efek Samping

Efek samping yang mungkin ditimbulkan yaitu hiperamonemia (kelebihan amonia dalam darah), asidosis (kadar asam dalam tubuh tinggi).

Kontraindikasi:
Amnorel tidak dapat digunakan untuk penderita gangguan hati, gagal ginjal berat, hipersensitif terhadap asam amino, dan gangguan metabolisme protein.

Kategori Kehamilan:
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Amnorel 600 ke dalam Kategori C dengan penjelasan sebagai berikut:

Studi pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita atau studi pada wanita dan hewan tidak tersedia. Obat diberikan hanya jika manfaat yang yang diperoleh lebih besar dari potensi risiko pada janin.