Pengertian

Amosterra merupakan obat yang mengandung Amoxicillin Trihydrate 500 mg. Amosterra Kaplet diindikasikan untuk perawatan infeksi bakteri, radang amandel, infeksi bakteri dari gusi dan kondisi lainnya. Penggunaan obat Amosterra yang tidak tepat tujuan dan dosis dapat menyebabkan bakteri menjadi resisten (kebal) terhadap obat ini dan dapat menyebabkan penurunan efektifitas obat ini.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Antibiotik Penisilin
  • Kandungan: Amoxicillin Trihidrat 500 mg
  • Bentuk: Kaplet
  • Satuan Penjualan: Strip
  • Kemasan: Strip @ 10 Kaplet
  • Farmasi: PT Sejahtera Lestari Farma.

Kegunaan

Amosterra Kaplet digunakan untuk perawatan infeksi bakteri, radang amandel, infeksi bakteri dari gusi dan kondisi lainnya.

Dosis & Cara Penggunaan

Amosterra merupakan obat yang termasuk ke dalam Golongan Obat Keras sehingga pada setiap pembeliannya harus menggunakan resep Dokter. Selain itu, dosis penggunaan Amobiotic juga harus dikonsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaannya berbeda-beda setiap individunya tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita.
- Untuk usis dewasa dan anak-anak dengan berat badan > 20 kg, dosis yang diberikan 50 - 500 mg tiap 8 jam.
- Untuk usia anak-anak dengan berat badan < 20 kg, dosis yang diberikan 20 - 40 mg/kg berat badan sehari dalam dosis bagi tiap 8 jam.
- Untuk penderita dengan gangguan ginjal, perlu dilakukan pengurangan dosis.
- Pada penderita yang menerima dianalisa peritoneal, dosis maksimum yang dianjurkan 500 mg/hari.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin ditimbulkan dalam penggunaan obat ini adalah diare, mual, muntah, Pseudomembranous Colitis (radang usus besar), mual, muntah, ruam kulit, urtikaria (kelainan kulit akibat alergi), vaginitis (radang vagina), anafilaksis (reaksi alergi berat), dan sindrom Stevens-Johnson (kelainan serius pada kulit).

Kontraindikasi:
Amosterra tidak dapat diberikan untuk penderita hipersensitif terhadap penisilin, memiliki riwayat hipersensitif terhadap sefalosporin, karbapenem, atau monobaktam, riwayat penyakit kuning atau disfungsi hati.

Interaksi Obat:
Dapat meningkatkan konsentrasi amoksisilin jika digunakan bersama probenecid, dapat meningkatkan reaksi alergi atau hipersensitivitas jika menggunakan amoksisilin bersama allopurinol, menurunkan efektifitas kontrasepsi estrogen atau progesteron oral.

Kategori Kehamilan:
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Amosterra ke dalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut:

Studi pada reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko janin, tetapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil atau studi reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk (selain penurunan kesuburan) yang tidak dikonfirmasi dalam studi terkontrol pada wanita hamil trimester pertama (dan tidak ada bukti risiko pada trimester berikutnya).