Pengertian

Anelat Kaplet mengandung zat aktif Asam folat. Suplemen ini digunakan pada wanita yang merencanakan kehamilan dan selama 12 minggu pertama kehamilan untuk membantu mencegah cacat tabung saraf lahir seperti spina bifida dan cacat bawaan lain seperti bibir sumbing atau celah bibir pada bayi sejak dalam kandungan, mengatasi defisiensi asam folat, anemia megaloblastik dan pada anemia karena kekurangan suplemen nutrisi, serta mengatasi kondisi lain seperti penyakit hati pada pasien yang mengkonsumsi alkohol berlebih.

Keterangan

  • Golongan: Obat Bebas
  • Kelas Terapi: Vitamin & Suplemen
  • Kandungan: Asam Folat 1000 mcg
  • Bentuk: Tablet
  • Satuan penjualan: Strip
  • Kemasan: Strip @ 10 Tablet
  • Farmasi: Ifars.

Kegunaan

Anelat digunakan untuk untuk mengatasi defisiensi asam folat, suplemen selama masa hamil dan laktasi, kondisi dimana kebutuhan asam folat meningkat, anemia megaloblastik karena defisiensi asam folat

Dosis & Cara Penggunaan

Aturan penggunaan anelat:
Anemia megaloblastik akibat kekurangan asam folat: 5 mg per hari selama 4 bulan hingga 15 mg per hari pada fase malabsorpsi. Pencegahan anemia megaloblastik pada masa kehamilan: 0.2-0.5 mg per hari.
Pencegahan kecacatan tabung syaraf (neural tube defect) pada masa kehamilan: 4 atau 5 mg per hari. Suplemen untuk wanita yang baru memiliki anak pertama (child-bearing): 0.4 mg per hari.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi adalah mual, kehilangan nafsu makan, kembung, rasa pahit atau tidak enak di lidah, gangguan tidur, depresi atau perasaan terlalu gembira dan sensitif

Kontraindikasi:
Sebaiknya tidak digunakan pada pasien anemia pernisiosa yang tidak diobati, defisiensi cobalamin yang tidak diobati atau penyebab defisiensi cobalamin lainnya.

Interaksi Obat:
1. Dapat menurunkan konsentrasi fenitoin.
2. Penurunan penyerapan dengan sulfasalazine dan triamterene.
3. Kloramfenikol, metotreksat, dan kotrimoksazol dapat mengganggu metabolisme folat.
4. Dapat meningkatkan kemanjuran lithium.

Kategori Kehamilan:
Keamanan kehamilan menurut FDA (badan pengawas obat dan makanan amerika serikat) mengkategorikan Anelat ke dalam kategori A dengan penjelasan sebagai berikut :

Studi pada manusia yang memadai dan terkendali dengan baik tidak menunjukkan risiko pada janin pada trimester pertama kehamilan (dan tidak ada bukti risiko pada trimester kemudian). Anelat tidak diserap secara sistemik melalui pemberian secara oral. Untuk bisa memberikan efek terhadap janin, suatu obat harus terserap sistemik untuk melewati plasenta dan mencapai janin.