Pengertian

Anhisen Tablet merupakan obat yang digunakan untuk membantu mengatasi gejala yang terjadi akibat alergi. Salah satu penyebab alergi adalah debu, bulu hewan, serbuk sari dan makanan. Saat alergi terjadi, produksi histamin dalam tubuh meningkat secara berlebihan sehingga memunculkan suatu gejala yang disebut reaksi alergi. Reaksi alergi ini bisa bermacam-macam bentuknya, contohnya seperti bersin-bersin, hidung tersumbat atau sebaliknya, gatal dan ruam pada kulit, mata berair, dan pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Anhisen Tablet bekerja dengan menghambat efek dari histamin. Untuk mencegah terjadi nya alergi, Anda sebaiknya menghindari makanan tertentu yang membuat Anda alergi dan menjaga kebersihan dan menggunakan masker selama berpergian.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Antihistamin
  • Kandungan: Loratadine 10 mg
  • Bentuk: Tablet
  • Satuan penjualan: Tablet
  • Kemasan: Strip @ 10 Tablet
  • Farmasi: Sunthi Sepuri.

Kegunaan

Anhisen Tablet digunakan untuk mengatasi gejala alergi seperti: bersin, pilek, mata gatal, merah dan berair. Hidung gatal dan tersumbat, sesak nafas, bengkak atau kulit kemerahan pada bagian tertentu.

Dosis & Cara Penggunaan

Anhisen termasuk dalam golongan obat keras sehingga penggunaannya harus dikonsultasikan dengan Dokter. Aturan penggunaan Anhisen Tablet yaitu: Dewasa dan anak lebih dari 12 tahun 1 tablet sekali sehari.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi adalah faringitis (peradangan pada bagian belakang tenggorokan), mulut kering, mialgia (nyeri pada otot), mengantuk, sakit kepala, pusing, insomnia atau kesulitan tidur, dismenorea (nyeri haid), mual, dispepsia (nyeri atau sakit pada bagian perut atas), diare, muntah, nafsu makan meningkat, demam. Bila efek samping menetap bahkan memburuk, segera hentikan penggunaan Anhisen Tablet dan konsultasikan ke Dokter.

Interaksi Obat:
Interaksi obat Anhisen Tablet antara lain : Dapat meningkatkan konsentrasi plasma dengan inhibitor CYP3A4 (misalnya ritonavir, indinavir, nelfinavir, saquinavir) dan atau CYP2D6 (misalnya simetidin, eritromisin, ketoconazole, klaritromisin, quinidine, flukonazol, fluoxetine).

Kategori Kehamilan:
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Anhisen Tablet ke dalam Kategori C dengan penjelasan sebagai berikut:

Studi pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita atau studi pada wanita dan hewan tidak tersedia. Obat diberikan hanya jika manfaat yang yang diperoleh lebih besar dari potensi risiko pada janin.