Pengertian

Arimidex merupakan obat yang mengandung Anastrozole yang masuk ke dalam golongan penghambat (inhibitor) enzim yang digunakan dalam terapi endokrin (terapi hormonal).

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Preparat Hormon
  • Kandungan: Anastrozole 1 mg
  • Bentuk: Tablet
  • Satuan Penjualan: Tablet
  • Kemasan: 1 Strip@ 10 Tablet
  • Farmasi: Astra Zeneca

Kegunaan

Arimidex digunakan sebagai:

  • Pengobatan kanker payudara stadium lanjut pada wanita pasca menopause dengan reseptor estrogen positif dan atau reseptor progesteron positif.
  • Terapi tambahan untuk wanita pasca menopause dengan kanker payudara invasif dini dengan reseptor hormon positif.
  • Terapi tambahan untuk kanker payudara stadium dini pada wanita pasca menopause dengan reseptor hormon positif yang sudah mendapat terapi tambahan tamoksifen selama 2-3 tahun.

Dosis & Cara Penggunaan

Dosis penggunaan Arimidex harus dikonsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaannya berbeda-beda setiap individu tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita. Aturan penggunaan Arimidex adalah sebagai berikut:

Dewasa termasuk usia lanjut, diminum 1 x sehari 1 mg. Dapat diberikan bersama atau tanpa makanan: telan utuh, jangan dikunyah/dihancurkan.

Efek Samping

Semua obat pasti memiliki efek samping, namun tidak semua orang akan mengalami efek samping tersebut. Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan Arimidex antara lain rasa panas dan kemerahan pada kulit wajah, astenia, nyeri atau kekakuan sendi, artritis, kekeringan vagina, perdarahan per vaginal, penipisan rambut, ruam, mual, diare, muntah, sakit kepala, peningkatan ALP, ALT, dan AST, anoreksia, hiperkolesterolemia, somnolen, nyeri tulang, mialgia, carpal tunnel syndrome.

Kontraindikasi:
- Hipersensitif
- Gagal ginjal berat
- Penyakit hati sedang atau berat
- Wanita Pramenopause
- Pasien dengan intoleransi galaktosa
- Kehamilan dan menyusui
- Pemberian bersama dengan Tamoxifen dan terapi yang mengandung estrogen.

Interaksi Obat:
Terapi yang mengandung estrogen dan tamoksifen dapat mengurangi kerja Arimidex Tablet.

Keamanan Kehamilan:
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Arimidex ke dalam Kategori X: "Studi pada binatang percobaan atau manusia telah memperlihatkan adanya abnormalitas janin dan besarnya resiko obat ini pada wanita hamil jelas-jelas melebihi manfaatnya. Dikontraindikasikan bagi wanita hamil atau wanita usia subur." Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat seperti Arimidex Tablet selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter.