Pengertian

Artritin adalah obat yang berfungsi untuk mengatasi nyeri akibat radang tulang dan sendi (osteoarthritis). Osteoarthritis adalah penyakit persendian yang disebabkan oleh kerusakan pada tulang rawan yang melekat pada sendi. Biasanya diawali dengan rasa sakit yang terjadi hanya setelah melakukan aktivitas berat, tetapi jika didiamkan bisa menjadi konstan (nyeri dirasakan secara terus-menerus). Osteoarthritis biasanya disebabkan oleh cedera, faktor genetik, memiliki kemungkinan yang lebih besar terjadi pada orang yang obesitas (kelebihan berat badan), memeiliki hanya satu kaki atau panjang kakinya berbeda, serta memiliki profesi yang mengakibatkan tekanan berlebih pada sendi.
Artritin mengandung Glukosamin HCl, Chondroitin sulfat, serta Methylsulfonylmethane (MSM). Glucosamine adalah gula protein yang penting untuk pemeliharan fungsi persendian dan mencegah nyeri pada sendi. Chondroitin sulphate bekerja dengan menghambat pembentukan enzim yang membentuk oksida nitrat, zat yang dapat merusak sendi. MSM bekerja dengan menghambat pembentukan enzim yang membentuk oksida nitrat, zat yang dapat merusak sendi.
Perlu diketahui bahwa Artritin adalah produk suplemen yang berfungsi untuk mencegah radang dan nyeri pada sendi dan tulang (osteoarthritis), bukan untuk menyembuhkannya. Selain itu, untuk mencegah osteoarthritis, olahraga dan pola makan yang teratur sangat direkomendasikan. Olahraga yang baik untuk memelihara tulang dan persendian adalah olahraga yang melibatkan gerakan di berbagai titik di tubuh tetapi tidak melibatkan beban yang berat seperti jogging. Adapun diet yang baik untuk perawatan tulang dan sendi adalah diet yang kaya akan protein dan mineral

Keterangan

  • Golongan: Obat Bebas
  • Kelas Terapi: Obat Lain yang Bekerja pada Sistem Muskuloskeletal
  • Kandungan: Glucosamine 100 mg, Chondroitin sulfate 75 mg, MSM 300 mg
  • Bentuk: Tablet
  • Satuan penjualan: Botol
  • Kemasan: Botol @ 60 tablet
  • Farmasi: Teguhsindo Lestaritama.

Kegunaan

Artritin digunakan untuk mengatasi nyeri sendi akibat radang sendi, mencegah dan memperbaiki kerusakan tulang rawan dan menambah pelumas pada persendian,serta menjaga kesehatan sendi.

Dosis & Cara Penggunaan

Aturan penggunaan obat ini yaitu 1 tablet 3 kali sehari Artritin dapat diberikan sebelum atau sesudah makan.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi adalah nyeri pada ulu hati, nyeri pada lambung, diare, mual, kembung dan muntah, kesulitan buang air besar, jantung berdebar, rasa ngantuk, iritasi kulit, sakit kepala. Apabila anda mengalami efek yang tidak seharusnya efek samping yang anda rasakan tidak kunjung membaik atau kondisi justru memburuk, segera hentikan penggunaan obat ini dan konsultasikan pada Dokter.

Kontraindikasi:
Sebaiknya tidak digunakan pada pasien yang hipersensitif terhadap salah satu komponen Artritin.

Interaksi Obat:
Penggunaan bersamaan dengan warfarin bisa meningkatkan international normalized ratio (INR).