Pengertian

Avamys Nasal Spray adalah obat semprot hidung yang mengandung Fluticasone furoate. Yang digunakan untuk pencegahan rhinitis (radang selaput hidung) dan alergi. Karena termasuk golongan kortikosteroid jadi dapat mengurangi pembengkakan atau peradangan pada selaput hidung. Peradangan hidung terjadi saat saluran hidung terpapar partikel asing (alergen), misalnya serbuk sari, tungau debu atau bulu hewan peliharaan. Alergen menyebabkan sel-sel di hidung mengeluarkan bahan kimia yang membantu menghasilkan respons kekebalan dan alergi. Hal ini menyebabkan radang di bagian hidung dan gejala alergi. Bila diberikan ke dalam hidung, fluticasone diserap ke dalam sel-sel dari nasal. Ini bekerja dengan mencegah sel-sel ini melepaskan bahan kimia yang memicu respons alergi. Ini menghentikan reaksi alergi yang terjadi, sehingga radang hidung berkurang dan gejalanya lega. Hal ini juga mengurangi gejala mata seperti gatal, mata berair atau merah. Untuk manfaat maksimal, semprotan harus digunakan secara teratur untuk menjaga peradangan di bawah hidung.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Nasal Decongestans
  • Kandungan: Fluticasone Furoate 27.5 mcg
  • Bentuk: Botol
  • Satuan Penjualan: Botol
  • Kemasan: Botol 120 mL
  • Farmasi: Glaxo Smith Kline Indonesia.

Kegunaan

Avamys Nasal Spray digunakan untuk rhinitis alergi.

Dosis & Cara Penggunaan

Obat ini hanya untuk disemprot dan tidak untuk diminum. Sebelum digunakan sebaiknya kocok perlahan terlebih dahulu lalu semprotkan pada lubang hidung. Tutup lubang hidung yang sebelah kiri jika lubang hidung sebelah kanan akan disemprot, begitu juga sebaliknya. Setelah di semprot hirup dalam-dalam. Gunakan 2-3 minggu berturut-turut. Penggunaan yang teratur dapat mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk pemakaian pertama kali semprotkan Avamys Nasal Spray ke udara sampai semprotan halus dihasilkan. Hindari penyemprotan pada mata.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan Avamys Nasal Spray antara lain:
- Mimisan
- Rasa tidak nyaman pada hidung
- Iritasi pada hidung
- Pembengkakan bibir
Bila efek samping menetap bahkan memburuk, segera hentikan penggunaan Avamys Nasal Spray dan konsultasikan ke Dokter.

Kontraindikasi:
Avamys Nasal sebaiknya tidak digunakan pada pasien alergi dengan Fluticasone furoate.

Interaksi Obat:
Pemberian bersama dengan ritonavir dan ketoconazole tidak dianjurkan karena risiko peningkatan paparan sistemik dari fluticasone furoate.

Kategori Kehamilan:
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Avamys Nasal ke dalam Kategori C dengan penjelasan sebagai berikut:

Studi pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita atau studi pada wanita dan hewan tidak tersedia. Obat diberikan hanya jika manfaat yang yang diperoleh lebih besar dari potensi risiko pada janin.