Pengertian

Avil merupakan obat antialergi yang diproduksi oleh PT. Aventis. Avil mengandung Pheniramine maleate yang merupakan antihistamin generasi pertama di kelas alkilamin, mirip dengan brompheniramine dan chlorpheniramine. Avil banyak digunakan pada terapi alergi dan resep batuk pilek. Penggunaan Pheniramine sebagai obat anti-alergi sebagian besar telah digantikan oleh antihistamin generasi kedua seperti cetirazine dan loratidine.

Keterangan

  • Golongan: Obat Bebas Terbatas
  • Kelas Terapi: Antialergi
  • Kandungan: Pheniramine maleate 25 mg
  • Bentuk: Tablet
  • Satuan Penjualan: Strip
  • Kemasan: Strip @ 10 Tablet
  • Farmasi: Aventis.

Kegunaan

Pheniramine maleate digunakan untuk mengatasi reaksi alergi.

Dosis & Cara Penggunaan

Dosis dan Cara Penggunaan Atropin sesuai petunjuk dengan Anjuran Dokter.

Dewasa & anak berusia lebih dari 12 tahun: 1/2 tablet 2-3 kali sehari, jika perlu ditingkatkan menjadi 1 tablet 3 kali sehari.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi Mengantuk, pusing, sakit kepala, sembelit, sakit perut, penglihatan kabur, penurunan koordinasi, atau mulut kering atau hidung atau tenggorokan dapat terjadi. Efek ini dapat menurunkan sebagai tubuh Anda menyesuaikan obat. Jika salah satu dari efek-efek ini menetap atau memburuk, hubungi Dokter atau apoteker segera.

Kontraindikasi:
Hipertrofi prostat simtomatik, neonatus dan bayi prematur.

Interaksi obat:
Potensiasi depresi SSP oleh alkohol, sedatif, opioid, barbiturat, hipnotik, narkoleptik. Dapat meningkatkan efek antimuskarinik MAOI, atropin, dan TCA.

Kategori kehamilan:
Menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Avil dalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut

Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, namun belum ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.