Pengertian

Biogen merupakan sediaan krim antibiotik yang diproduksi oleh Bio Kusuma. Obat ini mengandung Gentamicin sulfat yang diindikasikan untuk mengatasi infeksi pada kulit. Gentamicin termasuk antibiotik golongan aminoglikosida yang digunakan untuk mengobati infeksi-infeksi yang disebabkan terutama oleh bakteri gram negatif. Mekanisme kerja obat ini adalah dengan mengganggu sintesis protein bakteri dengan mengikat subunit ribosom 30S dan 50S yang menghasilkan membran sel bakteri yang rusak.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Antibiotik Topikal
  • Kandungan: Gentamicin Sulfate 1 mg/gram
  • Bentuk: Krim
  • Satuan Penjualan: Tube
  • Kemasan: Dus, Tube @ 5 gram
  • Farmasi: Bio Kusuma.

Kegunaan

Biogen diindikasikan untuk mencegah dan mengobat infeksi pada kulit yang di sebabkan oleh bakteri yang peka terhadap gentamicin.

Dosis & Cara Penggunaan

Obat Keras. Harus dengan Resep Dokter.

Bersihkan area yang terinfeksi, kemudian oleskan krim pada bagian yang terinfeksi 3-4 x sehari.

Efek Samping

Efek Samping yang mungkin akan timbul adalah kemerahan, ruam, gatal, respon abnormal terhadap cahaya matahari.

Kontraindikasi:
Tidak boleh diberikan pada pasien yang hipersensitif terhadap gentamisin dan aminoglikosida lain. Tidak boleh di oleskan topikal ke dalam telinga untuk pasien yang diketahui atau diduga perforasi gendang telinga.

Interaksi Obat:
Efek aditif jika digunakan bersamaan dengan obat neurotoksik dan / atau nefrotoksik lainnya termasuk sefalosporin, metisilin, amfoterisin B, siklosporin, cisplatin, diuretik poten (misalnya: Asam etakrilat, furosemid) dan agen penghambat neuromuskuler (misalnya: Suksinilkolin, tubokur). Dapat mempotensiasi efek antikoagulan (misalnya: Warfarin, fenindione). Dapat melawan efek neostigmin dan piridostigmin. Meningkatkan risiko hipokalsemia jika digunakan bersamaan dengan bisfosfonat. Meningkatkan risiko blokade neuromuskuler jika digunakan bersamaan dengan toksin botulinum. Indometasin dapat meningkatkan konsentrasi plasma gentamisin pada neonatus.