Pengertian

Broadced adalah sediaan injeksi yang mengandung Ceftriaxone disodium. Broadced termasuk dalam golongan antibiotik cephalosporin yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Ceftriaxone bekerja dengan cara berikatan dengan 1 atau lebih dari protein pengikat penisilin (PBP) yang menghambat sintesis peptidoglikan pada dinding sel bakteri, sehingga menghambat biosintesis dan dinding sel yang mengakibatkan kematian sel bakteri. Dalam satu kemasan terdiri dari 1 vial Broadced 1 gram dan 1 ampul Water for Injection 10 mL. Tersedia pula dalam kemasan Hospital pack yang terdiri dari 1 vial Broadced 1 gram, 1 minibag berisi NaCl 0,9% 50 mL sebagai pelarut dan 1 alat rekonstitusi sistem tertutup untuk menghubungkan vial dengan minibag.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Antibiotik Cephalosporin
  • Kandungan: Ceftriaxone 1 gram
  • Bentuk: Vial
  • Satuan Penjualan: Vial
  • Kemasan: 1 Vial @ 1 Gram + 1 Ampul Pelarut 9.6 mL; 1 Vial @ 1 Gram + 1 Flexy Bag Fima Ns 50 mL
  • Farmasi: Kalbe Farma.

Kegunaan

Broadced digunakan untuk infeksi saluran pernapasan bawah, saluran kemih, tulang dan sendi, intra-abdominal, kulit, gonore, septikemia bakteri, jika ada kemungkinan komplikasi infeksi yang parah.

Dosis & Cara Penggunaan

Broadced termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus dengan anjuran dan resep Dokter.

Aturan penggunaan: dewasa dan anak 12 tahun ke atas: 1-2 gram, 1 x sehari. Anak usia di bawah 12 tahun: 50-75 mg/kgBB/hari 1 x sehari.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi adalah mual, muntah, diare, sakit kepala, ruam kulit, urtikaria (gatal), hipersensitivitas, perubahan nilai laboratorium.

Kontraindikasi:
Hindari penggunaan Broadced pada pasien yang memiliki indikasi:
- Pasien yang sensitif terdahap Ceftriaxone
- Bayi baru lahir yang mengalami ikterus (kuning).

Kategori Kehamilan:
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengategorikan Broadced ke dalam Kategori B:
Studi pada reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko janin, tetapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil atau studi reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk (selain penurunan kesuburan) yang tidak dikonfirmasi dalam studi terkontrol pada wanita hamil trimester pertama (dan tidak ada bukti risiko pada trimester berikutnya).