Pengertian

Brocon merupakan obat yang memiliki khasiat untuk meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin disertai batuk tidak berdahak. Brocon mengandung Paracetamol (obat yang memiliki aktivitas sebagai antipiretik dan analgetik), Phenylephrine (obat yang berfungsi sebagai dekongestan/meredakan hidung terseumbat), Chlorpheniramine maleate (obat alergi golongan antihistamin generasi pertama) dan Dextromethorphan (obat penekan batuk).

Keterangan

  • Golongan: Obat Bebas Terbatas
  • Kelas Terapi: Obat Batuk dan Pilek
  • Kandungan: Paracetamol 500mg, Dextromethorphan HBr 10 mg, Phenylephrine HCL 10mg, Chlorpheniramine maleate 2 mg
  • Bentuk: Kaplet
  • Satuan penjualan: Strip
  • Kemasan: Strip @10 Kaplet
  • Farmasi: Ifars.

Kegunaan

Brocon digunakan untuk mengobati gejala influenza seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin, sekaligus meredakan batuk tidak berdahak, kering dan terasa sakit di tenggorokan.

Dosis & Cara Penggunaan

Aturan penggunaan Brocon adalah
- Dewasa : 3 kali sehari 1 kaplet
- Anak 6-12 tahun : 3 kali sehari setengah kaplet

Efek Samping

Efek Samping yang mungkin terjadi selama penggunaan Brocon adalah mulut kering, pusing, ruam kulit, mual dan muntah, mengantuk, reaksi alergi, kerusakan hati, kerusakan ginjal, epilepsi.

Kontraindikasi:
- Pasien yang hipersensitif terhadap komponen obat ini
- Pasien dengan gangguan fungsi hati berat
- Pasien dengan gangguan jantung dan diabetes mellitus

Interaksi Obat:
Ephedrine, pseudoephedrine, MAO inhibitor (memperpanjang efek obat ini).

Keamanan Kehamilan:
Berdasarkan FDA (Badan pengawas Obat dan Makan Amerika) Brocon termasuk ke dalam obat dengan kategori C dengan makna: Studi pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita atau studi pada wanita dan hewan tidak tersedia. Obat diberikan hanya jika manfaat yang yang diperoleh lebih besar dari potensi risiko pada janin.