Pengertian

Budenofalk mengandung zat aktif Budesonide yang digunakan untuk meringankan rasa nyeri dan diare yang diakibatkan oleh penyakit Crohn (radang usus kronis di seluruh lapisan dinding sistem pencernaan) dan kolitis ulseratifa (radang di usus besar dan rektum). Budesonide adalah obat antiinflamasi jenis kortikosteroid yang bekerja dengan mengendalikan laju sintesis protein, mengembalikan permeabilitas kapiler dan menstabilkan lisosom sel untuk mencegah dan mengendalikan peradangan.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras.
  • Kelas Terapi: Regulator GIT, Antiflatulen dan Antiinflamasi
  • Kandungan: Budesonide 3 mg
  • Bentuk: Kapsul
  • Satuan penjualan: Strip
  • Kemasan: Strip @ 10 kapsul
  • Farmasi: Darya Varia Laboratoria.

Kegunaan

Budenofalk digunakan untuk merangsang terjadinya remisi pada pasien penyakit crohn ringan sampai dengan sedang yang melibatkan ileum dan atau kolon desenden.

Dosis & Cara Penggunaan

Penggunaan Budenofalk Kapsul harus dikonsultasikan dengan Dokter. Aturan penggunaan Budenofalk Kapsul yaitu 3 kali 1 kapsul sehari 30 menit sebelum makan.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi adalah Eksantema alergi, striae merah, petekie, ekimosis, akne steroid, penyembuhan luka lambat, dermatitis kontak, kelemahan otot, osteoporosis, nekrosis aseptik tulang, glaukoma, katarak, depresi, iritabilitas, euforia, gangguan GI, ulkus duodenum, pankreatitis, sindrom Cushing, hipertensi, peningkatan risiko trombosis & vaskulitis, melambatnya respons imun

Interaksi Obat:
1. Sebaiknya tidak digunakan pada pasien infeksi lokal pada usus,
2. Bayi dan anak kecil,
3. Gangguan fungsi hati yang parah.

Kategori Kehamilan:
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Budenofalk Kapsul ke dalam Kategori C dengan penjelasan sebagai berikut:
Studi pada hewan telah menunjukkan efek buruk pada janin (teratogenik atau embriosidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita atau studi pada wanita dan hewan tidak tersedia. Obat diberikan hanya jika manfaat yang yang diperoleh lebih besar dari potensi risiko pada janin.