Pengertian

Cendo Hervis Salep Mata 3.5 Gram mengandung acyclovir/asiklovir yang digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh virus seperti varisela zoster (penyebab herpes zoster atau cacar api) dan herpes simpleks (penyebab herpes genital dan cold sore atau luka melepuh di sekitar bibir).

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Antiinfeksi dan Antiseptik Mata.
  • Kandungan: Acyclovir.
  • Bentuk: Salep Mata
  • Satuan Penjualan: Tube
  • Kemasan: Tube @ 3.5 Gram
  • Farmasi: Cendo Pharmaceutical Industries

Kegunaan

Cendo Hervis Salep Mata digunakan untuk mengobati infeksi virus.

Dosis & Cara Penggunaan

Penggunaan Cendo Hervis Salep Mata harus dikonsultasikan dengan Dokter. Aturan Pakai Cendo Hervis Salep Mata 3.5 Gram: Oleskan tipis pada kulit daerah mata yang sakit, sesuai petunjuk Dokter.

Efek Samping

Setiap obat pasti memiliki efek samping. Akan tetapi, efek samping yang dirasakan setiap orang bisa saja berbeda-beda. Adapun efek samping yang mungkin anda rasakan selama menggunakan Cendo Hervis Salep Mata adalah:
- Kesadaran menurun
- Kesulitan bernafas atau menelan
- Pusing atau pingsan,
- Detak jantung cepat
- Mata merah atau teriritasi
- Rasa gelisah atau gelisah
- Pembengkakan kelopak mata, wajah, kaki, tangan, kaki atau bibir bagian bawah

Kontraindikasi
Tidak boleh diberikan pada pasien dengan riwayat hipersensitivitas (reaksi berlebihan, tidak diinginkan karena terlalu sensitifnya respon imun).

Interaksi Obat
Waktu paruh rata-rata ditingkatkan oleh probenesid.

Kategori Kehamilan
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Cendo Hervis Salep Mata 3.5 Gram ke dalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut: “Studi pada sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap janin, tetapi studi terkontrol terhadap wanita hamil belum pernah dilakukan. Atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping obat (selain penurunan fertilitas) yang tidak diperlihatkan pada studi terkontrol pada wanita hamil trimester I (dan tidak ada bukti mengenai resiko pada trimester berikutnya).” Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat yang mengandung Cendo Hervis Salep Mata 3.5 Gram selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter.