Pengertian

Cendo P-Pred Tetes Mata 5 ml adalah obat untuk mengatasi iritasi dan peradangan pada mata. Cendo P-Pred Tetes Mata 5 ml mengandung Prednisolone asetat. Obat ini bekerja dengan menurunkan respon sistem imun tubuh (yang menyebabkan terjadinya reaksi peradangan sebagai upaya untuk mengeluarkan zat asing dari dalam tubuh). Obat ini meredakan gejala peradangan pada mata seperti rasa gatal-gatal, sensasi panas/perih, mata kemerahan, serta pembengkakan.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras.
  • Kelas Terapi: Kortikosteroid Mata.
  • Kandungan: Prednisolone 10 mg/ml.
  • Bentuk: Tetes Mata.
  • Satuan Penjualan: Botol Tetes.
  • Kemasan: Botol Tetes 0,6 mL.
  • Farmasi: PT Cendo Pharmaceutical Industries.

Kegunaan

Cendo P-Pred Tetes Mata 5 mL memiliki kegunaan untuk mengatasi iritasi dan peradangan pada mata.

Dosis & Cara Penggunaan

Penggunaan Cendo P-Pred Tetes Mata harus dikonsultasikan dengan Dokter. Aturan penggunaan Cendo P-Pred Tetes Mata 5 mL adalah 4-5 kali sehari 1-2 tetes pada mata yang sakit, memasang lensa kontak 1-2 tetes di bagian dalam lensa kontak.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi adalah:
1. Atrofi (penyusutan) korteks adrenal.
2. Peningkatan tekanan intraokular, atrofi (penyusutan) mukosa rektum, sarkoma kaposi (kanker yang menyebabkan lesi pada jaringan lunak).
3. Depresi, ketergantungan psikologis, imunosupresi.
4. Katarak, glaukoma, penipisan kornea atau sklera dan gangguan pengelihatan.

Kontraindikasi
Hindari penggunaan Cendo P-Pred Tetes Mata 5 ml pada pasien yang memiliki indikasi:
1. Infeksi sitemik aktif.
2. Infeksi herpes simpleks pada mata.
3. infeksi mikrobakterial.
4. infeksi jamur pada telinga dan gendang telinga.
5. Pemberian bersamaan dengan vaksin hidup (terutama pada pasien dengan gangguan respon imun).

Interaksi Obat
Berikut ini adalah beberapa risiko yang mungkin terjadi jika menggunakan Cendo P-Pred Tetes Mata 5 ml bersamaan dengan obat-obatan tertentu, di antaranya:
1. Dapat menghilangkan efek pemberian vaksin hidup (live attenuated vaccine).
2. Dapat menghilangkan efek somatropin (growth hormone, GH).
3. Dapat meningkatkan efek dari obat glikosida jantung dan obat cyclophosphamide.
4. Pembuangan kalium dari dalam tubuh akan meningkat jika digunakan bersamasaluretik atau laksatif. Hipokalemia juga dapat terjadi jika prednison dikonsumsi dengan amphotericin B.
5. Berpotensi menurunkan efek hipoglikemia pada obat antidiabetik, juga mengurangi kadar obat praziquantel dalam darah. Di sisi lain, obat ini dapat meningkatkan kadar obat cisclosporin dalam darah dan meningkatkan efek obat jika digunakan bersama denganhormon estrogen (misalnya kontrasepsi oral).
6. Mengurangi kemampuan penyerapan obat jika dionsumsi bersamaantasid yang mengandung aluminium dan magnesium.
7. Dapat mempengaruhi efek antikoagulan dari coumarin.
8. Meningkatkan risiko perdarahan lambung jika dikonsumsi bersama dengan obat antiinflamasi nonsteroid, dan memperpanjang masa kelumpuhan otot jika dikonsumsi bersama dengan obat pelumpuh otot jenis non-depolarizing.
9. Penggunaan prednison bersama dengan obat-obatan golongan antikolinergik, seperti atropine, dapat meningkatkan tekanan di dalam bola mata (intraokuler).
10. Risiko miopati atau lemah jantung juga dapat terjadi jika digunakan bersama dengan chloroquine, hydroxychloroquine, atau mefloquine.
11. Efek obat-obatan seperti rifampicin, phenytoin, barbiturates, bupropion dan primidone dapat menurun jika dikonsumsi bersama dengan prednison.

Kategori Kehamilan
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Cendo P-Pred Tetes Mata 5 ml ke dalam Kategori C dengan penjelasan sebagai berikut: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya resiko yang mungkin timbul pada janin. Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat seperti Cendo P-Pred Tetes Mata 5 ml selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter.