Pengertian

Clopedin merupakan obat yang mengandun pethidine atau meperidin hidroklorida adalah anti nyeri yang termasuk dalam golongan narkotika. Obat ini biasanya diaplikasikan untuk menghilangkan nyeri yang bersifat sedang sampai berat terutama pada saat selesai operasi atau pada saat proses kelahiran.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras.
  • Kelas Terapi: Analgesik (Opioid).
  • Kandungan: Pethidine 50 mg/mL.
  • Bentuk: Ampul.
  • Satuan Penjualan: Ampul.
  • Kemasan: Box, 10 ampul @ 2 mL.
  • Farmasi: Kimia Farma

Kegunaan

Clopedin Ampul digunakan untuk menghilangkan nyeri yang bersifat sedang sampai berat terutama pada saat selesai operasi atau pada saat proses kelahiran.

Dosis & Cara Penggunaan

Penggunaan Clopedin 50 mg/mL Ampul harus dikonsultasikan dengan Dokter. Dosis Intravena/ Intramuskular nyeri akut sedang sampai berat 25-100 mg. Injeksi atau 25-50 mg dengan injeksi intravena lambat diulang setelah 4 jam. Intramuskular Analgesia kebidanan 50-100 mg segera setelah kontraksi terjadi secara berkala, ulangi setelah 1-3 jam jika perlu.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi:
1. Konstipasi / sembelit
2. Merasa pusing
3. Mulut kering
4. Hipotensi / tekanan darah rendah
5. Mual
6. Merasa gugup
7. Mengantuk

Kontraindikasi:-

Interaksi Obat:
Berikut adalah beberapa Interaksi obat yang umumnya terjadi saat penggunaan Clopedin:
1. Fenitoin, barbiturat dapat mengurangi efek analgesik.
2. Sedatif dan efek depresi pernapasan dengan alkohol, barbiturat, benzodiazepin, fenotiazin, TCA, depresan SSP lainnya.

Keamanan Kehamilan:
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan ClopedinTablet ke dalam Kategori C dengan penjelasan sebagai berikut:

Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya resiko yang mungkin timbul pada janin. Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil.

Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat seperti Clopedine Tablet selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter.