Pengertian

Collerin Expectorant Sirup merupakan salah satu jenis obat batuk produktif (batuk berdahak) disertai flu atau pilek yang disebabkan karena alergi. Collerin Expectorant Sirup mengandung komponen obat diphenhydramine hidrocloride, glyceryl guaiacolate, natrium sitrat, fenilpropanolamin hidrocloride.

Kandungan diphenhydramine hidrocloride berfungsi sebagai anti alergi yang dapat digunakan untuk mengatasi gejala alergi atau gatal saat hidung mampet atau pilek, bersin, mata berair. Glyceryl guaiacolate berfungsi mengeluarkan dahak dari saluran pernafasan terutama pada infeksi saluran pernafasan akut. Selanjutnya, Natrium sitrat berfungsi sebagai pengatur keasaman atau pH pada obat. Terakhir, Phenylpropanolamine hidrocloride sebagai nasal dekongestan yang membuka jalan nafas saat hidung tersumbat.

Dari fungsi dan cara kerja di atas, maka Collerin Expectorant Sirup dapat mengobati batuk berdahak yang disertai flu. Dianjurkan untuk menghindari alkohol dan merokok, agar tidak menyebabkan terjadi efek yang tidak diinginkan.

Keterangan

  • Golongan: Obat Bebas Terbatas.
  • Kelas Terapi: Obat Batuk dan Pilek.
  • Kandungan: Diphenhydramine Hidrocloride 12.5 mg, Glyceryl Guaiacolate 50 mg, Natrium Sitrat 180 mg, Fenilpropanolamin Hidrocloride 7.5 mg.
  • Bentuk: Sirup.
  • Satuan Penjualan: Botol.
  • Kemasan: Botol 60 mL.
  • Farmasi: Coronet Crown.

Kegunaan

Collerin Expectorant Sirup digunakan untuk mengurangi batuk produktif, alergi dan batuk lain yang terkait dengan pilek.

Dosis & Cara Penggunaan

Collerin Expectorant Sirup tergolong dalam obat bebas terbatas, yang artinya obat dapat dibeli dengan bebas tanpa resep Dokter, dengan catatan apabila sakit berlanjut segera hubungi Dokter kecuali jika sembuh, maka pengonsumsian obat harus dihentikan agar tidak terjadi efek samping yang berbahaya.

Aturan pakai Collerin Expectorant Sirup adalah:
- Dewasa: 2 sendok teh.
- Anak usia: 6-12 tahun 1 sendok teh yang diminum 3 kali sehari.
Obat ini dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

Efek Samping

Semua obat pasti memiliki efek samping, namun tidak semua orang mengalami efek samping tersebut. Adapun efek samping yang terjadi dari pengonsumsian Collerin Expectorant Sirup adalah:
- Mengantuk, pusing.
- Retensi urin.
- Mulut kering.
- Gangguan pencernaan.
- Sedasi (gelisah, tidak nyaman).
- Insomnia (sulit tidur).
Bila efek samping menetap, bahkan memburuk. Segera hentikan pengonsumsian dan konsultasikan ke Dokter.

Kontraindikasi
- Bayi baru lahir atau prematur
- Menyusui

Interaksi Obat
- Hindari mengkonsumsi obat penekan refleks batuk bersamaan dengan Collerin Expectorant karena dapat menyebabkan interaksi kedua obat tersebut diketahui dapat memperparah kondisi penyakit batuk pengguna.
- Tidak mengonsumsi obat antibiotik seperti obat doksisiklin pada saat sedang mengkonsumsi obat Collerin Expectorant ini, karena interaksi kedua jenis obat-obatan tersebut dapat mengakibatkan meningkatnya jumlah kadar antibiotik di paru-paru.

Kategori Kehamilan
-