Pengertian

Covetor merupakan obat penurun kadar kolesterol berbentuk kaplet yang di produksi oleh Pertiwi Agung. Obat ini mengandung Atorvastatin yang diindikasikan untuk menurunkan kadar kolesterol LDL, dan mencegah penyakit cardiovascular. Atorvastatin merupakan golongan obat HMG CoA reductase inhibitors yang bekerja dengan secara selektif dan kompetitif menghambat HMG-CoA, enzim yang memproduksi kolesterol dalam tubuh. Pengurangan produksi mevalonate menghasilkan peningkatan kompensasi dalam ekspresi reseptor LDL dan stimulasi katabolisme LDL, akibatnya menurunkan kadar kolesterol LDL.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kategori: Agen Dislipidemik
  • Kandungan: Atorvastatin 20 mg
  • Bentuk: Kaplet Salut Selaput
  • Satuan Penjualan: Strip
  • Kemasan: Strip @ 10 Kaplet Salut Selaput
  • Farmasi: Pertiwi Agung

Kegunaan

Covetor diindikasikan sebagai terapi tambahan untuk mengurangi kadar kolesterol total tinggi, kolesterol LDL, apolipoprotein B, dan trigliserida pada pasien dengan hiperkolesterolemia primer, hiperlipidemia kombinasi, campuran (campuran), hiperkolesterolemia familia heterozigot, dan homozigot. Pasien dengan hipertensi (pada pasien usia ≥40 tahun), dan dislipidemia dengan setidaknya 3 faktor risiko untuk kejadian cardiovascular di masa depan misalnya: penebalan sisi kiri dinding otot jantung, kelainan EKG, diabetes melitus tipe 2, penyakit pembuluh darah perifer, pasca riwayat kejadian serebrovaskular misalnya, serangan iskemik transien ≥ 3 bulan, mikroalbuminuria / proteinuria, merokok, rasio TC / HDL-C ≥6 , dan riwayat kejadian CAD pada keluarga derajat 1 sebelum usia 55 (pria) atau 60 (wanita). Mengurangi risiko penyakit jantung koroner fatal, dan infark miokard non fatal, stroke, dan angina pektoris.
Anak-anak usia 10-17 tahun sebagai terapi tambahan untuk mengurangi kadar kolesterol total, LDL-kolesterol, apolipoprotein-B pada anak laki-laki dan perempuan postmenarkal dengan hiperkolesterolemia familia heterozigot jika kolesterol LDL ≥190 mg / dL atau ≥160 mg / dL, dan riwayat keluarga dengan penyakit cardovascular dini atau ≥2 faktor risiko penyakit cardovascular lainnya.

Dosis & Cara Penggunaan

Obat Keras. Harus dengan Resep Dokter.

10-80 mg 1 x sehari.

Efek Samping

Efek Samping:
Insomnia, sakit kepala, mual, diare, sakit perut, sembelit, nyeri otot, kelainan otot, gatal biduran, kram otot, badan lemas, hipoglikemia (kadar gula darah kurang dari normal), hiperglikemia (kadar gula darah lebih tinggi dari normal), gangguan makan, hepatitis, badan lemas, angina.

Kontraindikasi:
Tidak boleh diberikan pada pasien yang hipersensitif, tidak boleh diberikan pada penderita penyakit hati aktif atau peningkatan transaminase serum persisten yang tidak dapat dijelaskan> 3 x ULN, tidak boleh diberikan pada wanita hamil dan menyusui.

Interaksi Obat:
Meningkatkan risiko miopati jika diberikan bersamaan dengan siklosporin, turunan asam fibrat, niacin atau inhibitor CYP450 3A4 (misalnya: Eritromisin, antijamur azole). Konsentrasi plasma menurun jika diberikan bersamaan dengan antasid yg mengandung Mg dan Al hidroksida dan colestipol.

Kategori Kehamilan:
Menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Covetor dalam kategori X dengan penjelasan sebagai berikut

Penelitian pada hewan atau manusia telah menunjukkan kelainan janin atau ada bukti risiko janin berdasarkan pengalaman manusia atau keduanya, dan risiko penggunaan obat pada wanita hamil jelas melebihi manfaat yang mungkin ada. Obat ini dikontraindikasikan pada wanita yang sedang atau mungkin hamil.