Pengertian

Crom-Opthal merupan tetes mata yang mengandung natrium kromolin yang berfungsi sebagai mengurangi kemerahan pada mata, mengobati peradangan pada konjungtiva. Natrium kromolin bekerja dengan cara menstabilkan sel mast yang melepaskan histamin dan mediator alergi yang lain.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Obat Dekongestan, Anestesi, dan Antiinflamasi mata.
  • Kandungan: Natrium kromolin 20 mg/mL
  • Bentuk: Tetes Mata
  • Satuan Penjualan: Botol Tetes
  • Kemasan: Box @ 1 Botol 5mL
  • Farmasi: Sanbe Farma

Kegunaan

Crom-Opthal digunakan untuk mengurangi kemerahan pada mata akut dan kronik dan mengobati peradangan pada konjungtiva.

Dosis & Cara Penggunaan

Crom-Opthal merupakan obat yang termasuk ke dalam Golongan Obat Keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep Dokter. Selain itu, dosis penggunaan Crom-Ophtal Tetes Mata juga harus dikonsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaan nya berbeda-beda setiap individu nya tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita.
Aturan penggunaan Crom-Ophtal Tetes Mata adalah:
1-2 tetes pada mata yang sakit 4 kali sehari.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi selama penggunaan crom-opthal tetes mata adalah mata terasa perih, gatal, rasa tidak nyaman pada mata, dan mata kering

Kontraindikasi
Pasien yang memiliki hipersensitifitas pada natrium kromolin.

Interaksi Obat
-

Keamanan Kehamilan
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Crom-Opthal ke dalam kategori B dengan penjelasan sebagai berikut:

Pada studi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko pada sistem reproduksi. Studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping (selain penurunan fertilitas) yang tidak didapati pada studi terkontrol pada wanita hamil trisemester pertama.