Pengertian

CTM merupakan obat yang mengandung Klorfeniramin maleat. CTM merupakan obat golongan antihistamin yang digunakan untuk membantu meredakan gejala alergi, demam dan flu biasa. Gejala ini termasuk ruam, mata berair, mata gatal atau hidung atau tenggorokan atau kulit, batuk, pilek, dan bersin. Klorfeniramin maleat bekerja dengan cara memblokir zat alami tertentu (histamin) bahwa tubuh, sehingga membuat reaksi alergi berkurang. Dengan memblokir bahan alami lain yang dibuat oleh tubuh Anda (asetilkolin) maka dapat membantu mengeringkan beberapa cairan tubuh untuk meredakan gejala seperti mata berair dan hidung berair. CTM belum terbukti aman atau efektif pada anak-anak muda dari 6 tahun. Oleh karena itu, jangan gunakan produk ini untuk mengobati gejala flu pada anak-anak muda dari 6 tahun kecuali secara khusus diarahkan oleh Dokter. 

Keterangan

  • Golongan: Obat Bebas Terbatas
  • Kelas terapi: Antihistamin
  • Kandungan: Chlorpheniramine maleat 4 mg
  • Bentuk: Tablet
  • Satuan Penjualan: Strip dan Botol
  • Kemasan: Strip @ 10 Tablet; Botol @ 100 Tablet.
  • Farmasi: PIM Pharmaceutical.

Kegunaan

CTM merupakan obat yang digunakan untuk membantu meredakan gejala alergi seperti batuk, pilek, gatal pada hidung dan tenggorokan, gatal pada mata serta ruam.

Dosis & Cara Penggunaan

Aturan penggunaan CTM:
- Dewasa 3-4 kali sehari 1/2 - 1 tablet
- Anak 3-4 kali sehari 1/4 - 1/2 tablet
Berikan sesudah makan.

Efek Samping

Efek samping CTM yang mungkin terjadi Mengantuk, pusing, sakit kepala, sembelit, sakit perut, penglihatan kabur, penurunan koordinasi atau mulut kering atau hidung atau tenggorokan dapat terjadi.

Kontraindikasi:
Anak dibawah 2 tahun, neonatus, bayi prematur, dan penderita serangan asma akut.

Interaksi Obat:
Alkohol, depresan SSP, anti kolinergik, penghambat MAO.