Pengertian

Danasone Tablet adalah obat yang memiliki kandungan Dexamethasone yang masuk ke dalam golongan hormon kortikosteroid (glukokortikoid). Obat ini membantu mengurangi respon defensif (pertahanan) alami tubuh Anda dan mengurangi gejala seperti reaksi pembengkakan dan alergi. Danasone Tablet digunakan untuk mengobati kondisi seperti artritis, gangguan sistem darah/ hormon/ kekebalan tubuh, reaksi alergi, kondisi kulit dan mata tertentu, masalah pernapasan, gangguan usus tertentu, dan kanker tertentu.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras.
  • Kelas Terapi: Kortikosteroid.
  • Kandungan: Dexamethasone 0,5 mg.
  • Bentuk: Tablet.
  • Satuan Penjualan: Strip.
  • Kemasan: Strip @ 10 Tablet.
  • Farmasi: PT Hexpharm Jaya.

Kegunaan

Danasone Tablet memberikan efek antiinflamasi ( meredakan nyeri dan mengurangi peradangan) pada berbagai kondisi seperti pada penyakit reumatik, antialergi, terapi insufisensi adrenal, dan terapi pendamping untuk asma.

Dosis & Cara Penggunaan

Cara Penggunaan Danasone Tablet : Dosis dewasa 0.5-9 mg dalam dosis terbagi. Anak 6-12 tahun 0.25-2 mg, 1-5 tahun 0.25-1 mg, ≤ 1 tahun 0.1-0.25 mg. Diberikan 2 kali sehari bersama dengan makanan.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi adalah gangguan saluran cerna, edema, diabetes melitus laten, tekanan darah tinggi, supresi sistem imun, nafsu makan meningkat, osteonekrosis.

Kontraindikasi
Hindari penggunaan Danasone Tablet terhadap pasien yang memiliki hipersensitivitas, infeksi aktif yang tidak diobati, penggunaan oftalmik (daerah mata) untuk penyakit virus dan jamur pada mata.

Interaksi Obat
Peningkatan risiko hipokalemia (kadar kalium rendah) bila digunakan bersamaan dengan obat potassium-depleting seperti amfoterisin B dan diuretik loop. Mengurangi khasiat isoniazid, salisilat, vaksin dan toxoid. Peningkatan aktivitas deksametason dan siklosporin bila digunakan bersama-sama. Penggunaan bersamaan dengan aspirin atau etanol dapat menyebabkan peningkatan efek samping gangguan sistem pencernaan. Berpotensi Fatal: Mengurangi khasiat dalam kombinasi dengan efedrin, cholestyramine, fenitoin, fenobarbital dan rifampisin.

Kategori Kehamilan
Keamanan kehamilan menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Danasone Tablet ke dalam Kategori C dengan penjelasan sebagai berikut: Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya resiko yang mungkin timbul pada janin. Penelitian pada hewan tidak selalu bisa dijadikan dasar keamanan pemakaian obat terhadap wanita hamil. Belum adanya penelitian klinis yang memadai dan terkendali dengan baik pada ibu hamil membuat pemakaian obat-obat seperti Danasone Tablet selama kehamilan tetap harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.