Pengertian

Desomex merupakan krim yang diproduksi oleh PT. Konimex. Desomex mengandung Desoximetasone yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis kondisi kulit (contoh eksim, dermatitis, alergi, ruam). Desoximetasone mengurangi pembengkakan, gatal-gatal dan kemerahan yang dapat terjadi pada jenis kondisi ini. Obat ini termasuk kortikosteroid yang kuat. Desoximetasone bekerja dengan cara menginduksi protein penghambat fosfolipase A2 (lipokortin) dan secara berurutan menghambat pelepasan asam arakidonat sehingga menekan pembentukan, pelepasan, dan aktivitas mediator kimia endogen seperti kinin, histamin, enzim liposom, dan prostaglandin.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Topikal Kortekosteroid
  • Kandungan: Desoximetasone 2.5 mg
  • Bentuk: Krim
  • Satuan Penjualan: Tube
  • Kemasan: Tube @ 10 gram
  • Farmasi: PT. Konimex

Kegunaan

Desomex mengandung Desoximetasone yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis kondisi kulit (contoh eksim, dermatitis, alergi, ruam)

Dosis & Cara Penggunaan

Dosis dan Cara Penggunaan Desomex, harus dengan Anjuran dan Resep Dokter:

Oleskan tipis-tipis pada kulit yang sakit 1- 2 kali sehari.

Efek Samping

Efek Samping :
Efek samping yang mungkin terjadi selama pengunaan Desomex Salep, yaitu:
Kulit memerah, perasaan terbakar, dan gatal.

Kontraindikasi :
Pasien yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap salah satu komposisi dari desomex

Interaksi Obat : -

Kategori Kehamilan :
Menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Desomex dalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut

Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya dapat diberikan jika manfaat yang diperoleh melebihi besarnya resiko yang mungkin timbul pada janin.