Pengertian

Donacept merupakan Sediaan Tablet yang mengandung Donepezil HCl, obat ini diproduksi oleh Novell Pharmaceuticals. Donacept Tablet diindikasikan sebagai Demensia ringan sampai sedang pada penyakit Alzheimer. Demensia adalah gejala-gejala yang mengakibatkan perubahan dalam cara berpikir dan berinteraksi dengan orang lain, penurunan memori jangka pendek, pikiran, kemampuan berbicara dan kemampuan motorik. Donacept Tablet bekerja dengan cara menghambat asetilkolinesterase yang bertanggung jawab untuk memutuskan ikatan asetilkolin sehingga terjadi peningkatan asetilkolin dalam sistem saraf pusat.

Keterangan

  • Golongan : Obat Keras.
  • Kelas Terapi : Obat Alzheimer.
  • Kandungan : Donepenzil 5 mg.
  • Bentuk : Tablet.
  • Satuan Penjualan : Strip
  • Kemasan : Strip @ 10 Tablet.
  • Farmasi : Novell Pharmaceuticals.

Kegunaan

Donacept Tablet digunakan untuk Demensia ringan sampai sedang pada penyakit Alzheimer.

Dosis & Cara Penggunaan

Donacept 5 mg tablet termasuk ke dalam Golongan Obat Keras sehingga pada setiap pembelian nya harus menggunakan resep Dokter. Selain itu, dosis penggunaan Donacept 5 mg tablet juga harus dikonsultasikan dengan Dokter terlebih dahulu sebelum digunakan, karena dosis penggunaan nya berbeda-beda setiap individu nya tergantung berat tidaknya penyakit yang diderita.

Dewasa: Dosis awal 5 mg sekali sehari sebelum tidur, dapat meningkat menjadi 10 mg sekali sehari setelah 1 bulan, jika diperlukan. Dapat dikonsumsi dengan atau tanpa makanan.

Efek Samping

Efek Samping:
Efek samping yang mungkin terjadi selama pengunaan Donacept Tablet, yaitu:
1. Diare.
2. Kram otot.
3. Kelelahan.
4. Mual, muntah.
5. Sakit kepala.
6. Susah tidur.
7. Anoreksia atau gangguan nafsu makan.
8. Pusing.
9. Halusinasi.
10. Gangguan pencernaan: Ulkus duodenum, perdarahan gastrointestinal, perdarahan.
Berpotensi Fatal: Jarang, sindrom ganas neuroleptik.

Kontraindikasi:-

Interaksi Obat:
Berikut adalah beberapa Interaksi obat yang umumnya terjadi saat penggunaan Donacept Tablet:
1. Peningkatan risiko sindrom neuroleptik ganas dengan antipsikotik.
2. Efek sinergis dengan suksinilkolin, agen penghambat neuromuskuler yang serupa, atau agonis kolinergik (misal. Bethanechol).
3. Dapat mengganggu aktivitas obat antikolinergik.
4. Peningkatan konsentrasi plasma saat digunakan dengan inhibitor CYP3A4 (Ketokonazol, eritromisin) dan inhibitor CYP 2D6 (Fluoxetine, quinidine).
5. Konsentrasi plasma menurun dg penginduksi enzim (Rifampisin, fenitoin).

Kategori Kehamilan:
Menurut FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan Donacept Tablet ke dalam kategori C dengan penjelasan sebagai berikut:

Studi pada hewan percobaan menunjukana danya efek samping pada janin namun belum ada studi kontrol pada wanita hamil, obat dapat diberikan apabila efek terapinya lebih besar dari resiko pada janin.