Pengertian

Durolane merupakan obat yang mengandung hyaluronic acid. Durolane digunakan untuk membantu mengobati osteoarthritis lutut (kaku serta nyeri pada lutut) dan nyeri panggul ringan hingga sedang. Hyaluronic acid merupakan bagian alami cairan sendi dan berfungsi untuk mengurangi gesekan antara tulang rawan dan ligamen. Gejala osteoarthritis umumnya berkembang secara perlahan-lahan dan semakin parah seiring waktu. Tingkat keparahan gejala penyakit ini bisa berbeda-beda pada tiap penderita serta lokasi sendi yang diserang. Rasa sakit dan kaku pada sendi merupakan gejala utama osteoarthritis.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras
  • Kelas Terapi: Obat-obatan Lain yang Bertindak pada Sistem Musculo-Skeletal
  • Kandungan: Hyaluronic Acid 20 mg
  • Bentuk: Syringe
  • Satuan Penjualan: Syringe
  • Kemasan: Box @ 1 Syringe 3 mL
  • Farmasi: PT Kalbe Farma.

Kegunaan

Durolane merupakan obat yang digunakan untuk membantu mengobati nyeri serta kaku pada sendi lutut serta pinggang.

Dosis & Cara Penggunaan

Durolane merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga pada setiap pembeliannya harus menggunakan resep dokter. Selain itu, dosis penggunaan Durolane juga harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum digunakan. Penggunaan durolane injeksi harus dibantu oleh tenaga ahli medis.

Diinjeksikan (disuntikkan) ke lutut yang sakit dengan memperhatikan tindakan aseptik dan dilakukan oleh tenaga kesehatan yang terlatih. Dosis tunggal tiap 3-6 bulan, 3 mL (satu syringe) tiap sendi lutut atau panggul. Ukuran jarum 18-22 G.

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi yaitu nyeri sementara, bengkak dan kaku sementara.

Kontraindikasi:
Hindari penggunaan Durolane pada pasien yang memiliki infeksi sendi atau mengalami peradangan berat atau jika ada penyakit kulit yang aktif atau ada infeksi pada tempat suntikan. Durolane tidak boleh disuntikan intravaskular atau ekstra-artikular atau di dalam jaringan atau kapsul sendi.