Pengertian

Emegran merupakan obat yang mengandung Granisetron yang digunakan untuk pengobatan mual dan muntah akibat kemoterapi. Pada saat muntah tubuh akan menstimulasi reseptor 5-HT3, fungsi dari Granisetron yang terkandung dalam Emegran adalah menghambat stimulasi terhadap reseptor 5-HT3 tersebut sehingga rasa mual dan ingin muntah dapat menurun.

Keterangan

  • Golongan: Obat Keras.
  • Kelas Terapi: Antiemetik.
  • Kandungan: Granisetron 1 mg/1 mL; Granisetron 3 mg/3 mL
  • Bentuk: Ampul.
  • Satuan Penjualan: Ampul.
  • Kemasan: Box, 5 Ampul @ 1 mL; Box, 5 Ampul @ 3 mL.
  • Farmasi: PT Kalbe Farma

Kegunaan

Emegran digunakan untuk mual dan muntah akut dan lambat akibat kemoterapi dan radioterapi serta mual dan muntah pasca-operasi.

Dosis & Cara Penggunaan

Obat Keras. Harus dengan Resep Dokter.

  1. Mual dan muntah yang disebabkan oleh kemoterapi
    • Dewasa
      Intravena: Pencegahan: Dosis 1-3 mg (10-40 mcg/kgBB Emegran harus diberikan dengan injeksi IV lambat (selama lebih dari 30 detik) atau dengan infus IV, diencerkan dalam cairan infus 20-50 mL dan diberikan selama 5 menit, 30 menit sebelum mulai kemoterapi.
      Terapi: Dosis 1-3 mg (10-40 mcg/kgBB) Emegran harus diberikan dengan injeksi IV lambat (selama lebih dari 30 detik) atau dengan infus IV, diencerkan dalam cairan infus 20-50 mL dan diberikan selama 5 menit. Jika diperlukan, dosis terapi Emegran selanjutnya dapat diberikan minimal dengan jeda 10 menit.
      Dosis maksimum Emegran yang diberikan selama 24 jam tidak boleh lebih dari 9 mg.
      Intramuskuler: Pencegahan dan terapi: Dosis 3 mg Emegranharus diberikan dengan rute IM, 15 menit sebelum mulai kemoterapi. Jika diperlukan, dua dosis 3 mg selanjutnya dapat diberikan dalam periode 24 jam.
    • Pediatrik
      Intravena: Dosis 10-40 mcg/kgBB (hingga 3 mg) harus diberikan dengan infus IV, diencerkan dalam cairan infus 10-30 mL dan diberikan selama 5 menit sebelum mulai kemoterapi. Jika diperlukan, satu dosis tambahan dapat diberikan dalam periode 24 jam. Dosis tambahan ini jangan diberikan hingga minimal 10 menit setelah infus awal.
      Intramuskuler:Tidak cukup data yang tersedia saat ini untuk merekomendasikan penggunaan granisetron dengan rute IM pada anak.
  2. Mual dan muntah yang disebabkan oleh radioterapi
    Intravena: Pencegahan: Dosis 1-3 mg (10-40 mcg/kgBB) Emegran harus diberikan dengan injeksi IV lambat (selama lebih dari 30 detik) atau dengan infus IV, diencerkan dalam 20-50 mL cairan infus dan diberikan selama 5 menit sebelum mulai radioterapi.
  3. Mual dan muntah pasca-operasi
    Intravena: Pencegahan: Dosis 1 mg (10 mcg/kgBB) Emegran harus diberikan dengan injeksi IV lambat (selama lebih dari 30 detik) sebelum induksi anestesi. Terapi: Dosis 1 mg (10 mcg/kgBB) Emegran harus diberikan dengan injeksi IV lambat (selama lebih dari 30 detik). Dosis maksimum untuk pasien yang menjalani anestesi untuk pembedahan adalah dosis total 3 mg Emegran dalam satu hari.

 

Efek Samping

Efek samping yang mungkin terjadi adalah sakit kepala dan konstipasi. Kasus reaksi hipersensitivitas meliputi ruam dan anafilaksis pernah dilaporkan meskipun jarang.

Kontraindikasi:
Emegran dikontraindikasikan untuk pasien dengan hipersensitivitas terhadap granisetron atau bahan-bahan pembawanya.

Interaksi Obat:
Interaksi obat Emegran antara lain
1. Amiodarone
2. Dofetilide
3. Pimozide
4. Procainamide
5. Quinidine
6. Sotalol
7. Macrolide antibiotics (seperti erythromycin)

Keamanan Kehamilan:
Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengkategorikan Emegran ke dalam Kategori B:
Studi pada reproduksi hewan tidak menunjukkan risiko janin, tetapi tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil atau studi reproduksi hewan telah menunjukkan efek buruk (selain penurunan kesuburan) yang tidak dikonfirmasi dalam studi terkontrol pada wanita hamil trimester pertama (dan tidak ada bukti risiko pada trimester berikutnya).